11 Cara Mengatasi Kulit Keriput Secara Alami

Cara Mengatasi Kulit Keriput Secara Alami Pada Wajah, Tangan, dan Kaki Dengan Perawatan Agar Kulit Mengencang Kembali. Kulit keriput atau kerutan pada kulit menjadi momok menakutkan bagi sejumlah wanita. Perihal kecantikan, hal ini memang menjadi masalah yang harus ditangani dengan baik. Terlebih bagi kaum muda, terdapatnya kerutan di usia dini memang menjadi satu masalah besar.

Sebetulnya, apa yang menjadi penyebab munculnya kerutan?

Produk Kosmetik

Kosmetik memang seketika membuat Anda menjadi cantik dan mempesona. Tetapi bila pemakaiannya terlalu sering, justru bisa membawa malapetaka pada kulit Anda yang segar dan kencang. Kerutan juga bisa timbul tatkala kosmetik yang Anda gunakan ternyata mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit. Bila tidak ada kebutuhan, maka lebih baik lepaskan topen palsu Anda untuk sejenak.

Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari yang menyengat seperti di Indonesia dapat merusak kulit. Dampak dari terkena sinar matahari antara lain kulit menjadi gelap, kering, dan kusam. Tidak sampai di situ, bila kulit tidak diberi perlindungan lebih terhadap sinar matahari, maka bisa memunculkan garis halus yang terlihat di area sekitar mata dan bibir. Untuk itu, penting sekali dalam menggunakan produk tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit Anda saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

Kekurangan Cairan

Tubuh menjadi tidak berdaya bila kekurangan energi dan cairan. Salah satu efek dari kekurangan cairan atau dehidrasi adalah timbulnya keriput pada kulit wajah. Selain itu, tubuh yang mengalami dehidrasi juga bisa membawa masalah terhadap kulit kering dan ketidakmampuan fungsi revitalisasi untuk mengganti sel-sel kulit mati menjadi baru.

Merokok

Merokok memang berbahaya bagi kesehatan, tetapi masih banyak sekali orang yang tidak sadar akan hal itu. Dengan kebiasaan semacam ini, maka tidak heran bila seorang perokok, baik pria maupun wanita, akan dengan mudah memiliki keriput di wajah. Penyebabnya karena merokok membuat pasokan darah di dalam tubuh berkurang.

Diet Ekstrim

Para wanita yang dianugrahi bentuk tubuh gempal memang jarang yang mensyukuri keadaan tersebut. Banyak yang ingin tampil dengan bentuk tubuh ideal sehingga mengambil program diet. Sayangnya, masih ada wanita yang melakukan program diet ketat sehingga hal ini menyebabkan terjadinya penurunan berat badan secara ekstrim sehingga membuat kulit menjadi keriput. Untuk itu, Anda harus menyeimbangkan diet dengan konsumsi mineral dan vitamin.

Usia

Faktor terakhir yang menjadi penyebab timbulnya kerutan pada kulit adalah usia. Semakin bertambahnya umur, maka kulit pun semakin turun produktivitasnya. Kelembaban dan keelastisitasan kulit sudah tidak seperti waktu muda lagi. Semua ini harus Anda terima dengan rasa bahagia karena telah diberi umur panjang oleh Sang Pemberi Kehidupan.

Cara Mengatasi Kulit Keriput Secara Alami

Cara Mengatasi Kulit Keriput Secara Alami

Agar tidak lagi khawatir akan pendapat orang lain mengenai penampilan Anda saat ini, maka sudah seharusnya Anda melakukan perawatan untuk mengendalikan masalah tersebut. Berikut telah dihimpun cara mengatasi kulit keriput agar kencang kembali.

# Program Diet Untuk Mengencangkan Kulit

Kerutan yang tampak dari luar sebetulnya disebabkan oleh ‘mereka’ yang terletak di bagian dalam tubuh Anda. Untuk itu, penting sekali bagi Anda memenuhi kebutuhan kulit agar tetap elastis dikarenakan adanya kolagen yang terus menerus menjaga kulit terlihat lebih kencang. Di sini, Anda akan diajak untuk mengonsumsi sesuatu yang bisa mengurangi kulit keriput.

Minum Banyak Air

Air bukanlah makanan, memang. Tetapi banyak program diet yang menjadikan air sebagai komponen penting dan efektif untuk menggapai keberhasilan. Tujuan dari minum banyak air adalah tidak lain agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik, sehingga dampaknya pun akan terlihat secara bertahap pada kulit.

Kebutuhan air setiap orang berbeda, tergantung intensitas kegiatan yang dijalani oleh masing-masing individu. Bila Anda menghabiskan waktu setengah hari untuk bekerja duduk di kantor, maka penuhi sekitar 8 gelas air setiap harinya. Namun, bila Anda pecinta olahraga, dan mungkin sesekali menguji kemampuan otot dengan melakukan gym, maka ada baiknya Anda minum sekitar 8 hingga 10 gelas air putih dalam sehari.

Makanan Yang Mampu Bertarung Dengan Kerutan

Makanan seperti apakah yang memiliki kemampuan untuk memerangi kerutan pada kulit? Mereka kebanyakan dihadirkan oleh makanan yang mengandung antioksidan, asam lemak omega-3, tembaga, selenium, zat besi, protein tinggi, isoflavon, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan lemak tak jenuh tunggal.

Berikut daftar makanan yang mungkin bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan beberapa puluh persen zat nutrisi tersebut.
  • Buah dan sayur berwarna gelap
  • Kacang almond, walnut, dan lentil
  • Telur
  • Hati
  • Ikan tuna, sarden, hering, dan salmon
  • Biji bunga matahari dan flaxseed
  • Kacang Brazil
  • Beras merah, gandum, dan oats
  • Kerang-kerangan
  • Teh hijau dan teh putih
  • Buah pepaya, alpukat, dan semagka
  • Timun, tomat, jahe, dan bawang putih

Hindari makanan cepat saji atau makanan sampah (junk food) agar diet Anda tidak terganggu.

# Pola Hidup Untuk Mengatasi Kulit Keriput

Merokok adalah termasuk pola hidup yang tidak sehat dan bisa menyebabkan keriput. Jika Anda ingin terbebas dari masalah ini, maka Anda harus berani membawa perubahan pada gaya hidup ke arah yang lebih baik dan sehat. 

Tidur Cukup Dengan Benar

Ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan (HGH) yang menjadi pengontrol pertumbuhan seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit. Bila tubuh kurang tidur, maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol penyebab stres. Ketika stres, maka pertumbuhan jaringan bisa terganggu, dan bahkan rusak.

Kulit memerlukan sel baru untuk mengatasi keriput. Cara paling praktis untuk mendapatkan sel kulit baru adalah dengan tidur cukup. Cara lain yang bisa ditempuh untuk memperoleh sel kulit baru adalah dengan melakukan eksfoliasi. Anda bisa membaca cara melakukan eksfoliasi alami untuk mendapatkan sel kulit baru. 

Selain tidur cukup sangat penting, perkara lain yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana posisi tidur Anda. Menurut American Acedemy of Dermatology (AAD), tidur dengan posisi miring bisa membentuk kerutan pada pipi dan dagu. Sedangkan tidur dengan posisi telungkup bisa membuat alis berkerut dan menekan saluran pernapasan. Posisi tidur terbaik adalah dengan telentang.

Jangan Stres

Tidak semudah mengatakannya memang, “jangan stres!”. Tapi bila Anda bersungguh-sungguh ingin hidup lebih tenang, maka hindarilah stres. Semisal Anda dijumpai banyak masalah, maka kendalikan emosi dan pikiran Anda. Perbanyak do’a kepada YME agar mendapat pertolongan. 

Stres hanya akan membuat kulit Anda menjadi lemah dan tipis sehingga mudah sekali didapati dengan elemen yang menghasilkan kerutan. Ketika stres, biasanya kita sering mengernyitkan dahi atau cemberut. Kebiasaan ini akan menimbulkan garis-garis pada wajah secara permanen bila dilakukan terlalu sering.

Beberapa cara mengatasi stres yang bisa Anda lakukan antara lain sbb.:
  • Berdo’a dan merenung
  • Mendengarkan musik
  • Belajar sesuatu yang baru
  • Kembangkan hobi
  • Meditasi
  • Yoga
  • Berenang
  • Curahkan perasaan Anda pada secarik kertas
  • Mintalah saran dengan berbicara kepada keluarga atau sahabat
  • Ikut kegiatan sosial yang bisa membuat Anda lebih bahagia karena membantu orang
  • Bermain dengan hewan peliharaan (jika punya)
  • Temui anak kecil yang menggemaskan
  • Baca buku yang menginspirasi

Olah stres Anda, jangan sampai itu merusak kebahagiaan Anda.

Berhenti Merokok

Aktivitas merokok dapat menghasilkan radikal bebas pada tubuh. Efek radikal bebas pada tubuh adalah terjadinya ketidakstabilan molekul tubuh yang selanjutnya berproses dalam melemahkan dan membunuh sel-sel tubuh dengan merusak membran sel. Akibatnya, produksi kolagen dalam tubuh terganggu.

Kolagen adalah elemen yang membuat kulit menjadi elastis. Jadi, bila kolagen berkurang atau tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka kulit bisa dengan mudah berkerut. Untuk itu, berhentilah merokok sekarang juga. Minta bantuan dari teman-teman Anda yang tidak meroko. Jauhi dulu sementara teman-teman Anda yang merokok agar tidak tergoda lagi untuk merokok.

# Memberi Perlindungan Terhadap Sumber Pengerut Kulit

Diet dan merubah gaya hidup adalah tindakan yang bekerja di dalam tubuh. Sementara di sisi lain, Anda juga harus memberi perlindungan dari luar. Bagaimana caranya agar Anda yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kulit dari luar?

Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Bila Anda tidak ingin mengalami penuaan dini dan ingin memiliki kulit awet muda, maka memberi perlindungan dari luar adalah suatu kebutuhan. Dalam satu hari, berapa lama kulit Anda terpajan sinar matahari? Sudahkah Anda peduli terhadap keadaan kulit Anda selagi berada di luar ruangan?

Kulit yang terpapar sinar matahari bisa terbakar, oleh sebab itu dibutuhkan produk tabir surya untuk melindungi kulit terkena sinar matahari langsung. Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya membaca ulasan mengenai cara memilih produk tabir surya yang baik untuk jenis kulit Anda. 

Gunakan Kosmetik Yang Aman

Kosmetik dan produk kecantikan kulit lain ditujukan untuk meningkatkan kualitas kulit. Tetapi tidak jarang yang justru berakhir pada timbulnya masalah, meskipun sedikit. Menyadari adanya bahaya dari kosmetik sejak awal bisa melindungi Anda dari produk kosmetik dengan kandungan berbahaya. 

Untuk itu, sebaiknya Anda lebih teliti dalam memilih kosmetik. Berikut beberapa saran yang bisa Anda lakukan.
  • Hindari produk yang di dalamnya terdapat kandungan alkohol. Alkohol hanya akan membuat kulit Anda menjadi kering dan mengalami dehidrasi. Kurangnya kelembaban pada kulit bisa dengan cepat membentuk keriput. Sebaiknya Anda gunakan kosmetik berbasis air.
  • Hindari penggunaan concealer untuk menyembunyikan keriput.

Cuci Wajah Seperlunya

Menurut University of Maryland Medical Center, mencuci wajah secara berlebihan, apalagi menggunakan air keran bisa membuat kulit terkikis dan minyak alami menjadi hilang sehingga menurunkan kelembaban kulit yang mempermudah timbulnya keriput.

Jangan memakai sabun batangan untuk mencuci wajah, karena bisa membuat kulit wajah kering. Pilih produk yang tidak terlalu kasar kandungannya. Gunakan saja seperlunya, pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Setelah pemakaian, bila perlu gunakan pelembab wajah sebelum beraktivitas.

# Perawatan Alami Untuk Mengatasi Kulit Keriput

Pada bagian ini, Anda akan mengetahui jenis-jenis perawatan rumahan yang bisa dicoba untuk menyingkirkan garis-garis halus dan keriput pada kulit Anda. 

Masker Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak sehat dan baik untuk diet. Satu manfaat kecantikan dari alpukat adalah untuk mengatasi kulit keriput dikarenakan mengandung komponen anti-aging seperti vitamin E yang baik untuk kulit.

Ikuti panduan membuat masker alpukat berikut:
  1. Potong setengah buah alpukat, ambil dagingnya
  2. Siapkan 2 sendok makan losion dan 1 sendok makan madu
  3. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam sebuah mangkok, aduk hingga membentuk pasta.
  4. Usapkan pada wajah atau bagian kulit yang terdapat keriput.
  5. Diamkan selama satu jam.
  6. Bersihkan krim dengan air hangat.
Masker Pepaya dan Pisang

Silakan dibaca terlebih dahulu apa manfaat dari buah pepaya dan juga manfaat dari buah pisang untuk kecantikan kulit. Pepaya memiliki enzim yang mampu mengangkat sel kulit mati. Sedangkan pisang diperkaya dengan nutrisi yang membantu dalam meproduksi sel kulit mati. Perpaduan dua buah ini akan menjadi krim yang efektif mengencangkan kulit kendur.

Berikut panduan membuat masker pepaya dan pisang:
  1. Siapkan buah pepaya dan pisang secukupnya.
  2. Lumatkan kedua daging buah, campur dalam mangkok.
  3. Oleskan krim pada wajah atau bagian lain secara merata.
  4. Diamkan selama 30 menit maksimal.
  5. Terakhir, bilas masker dengan air hangat.

Masker Madu

Cairan manis ini sejak dahulu dikenal sebagai bahan alami yang paling berkhasiat untuk mempercantik kulit. Manfaat dari minyak zaitun sudah dibuktikan oleh para putri keraton. Anda bisa memanfaatkan khasiat madu untuk mengatasi kulit keriput. 

Berikut cara membuat masker madu:
  1. Sediakan 4 sendok makan susu bubuk putih (rasa tawar) .
  2. Ambil 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan air hangat.
  3. Siapkan juga satu handuk kecil yang bersih.
  4. Buatlah pasta dengan mencampurkan susu bubuk, madu, dan air hangat dalam sebuah wadah.
  5. Cuci muka Anda terlebih dahulu dengan air hangat.
  6. Aplikasikan krim sebagai masker ke wajah.
  7. Celupkan handuk kecil ke dalam air hangat, peras airnya dan letakkan handuk itu untuk menutup wajah Anda.
  8. Diamkan masker selama 10 menit.
  9. Gunakan handuk di wajah untuk menghilangkan masker madu yang lengket.
  10. Keringkan dengan cara menepuk-nepuk wajah.

Adapun cara mengatasi kulit keriput secara alami lain dengan melakukan perawatan ini adalah dengan mengonsumsi vitamin E, membuat masker dari putih telur, juga bisa dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang dicampur dengan nanas.