11 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Obat Penyakit

Manfaat Pepaya. Pepaya menyandang nama ilmiah Carica papaya, jenis tumbuhan jenis genus yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Serikat bagian utara, penyebaran sudah mencakup seluruh dunia.
manfaat pepaya
© Ilustrasi Sunpride

Buah pepaya bisa dikonsumsi untuk mengganjal perut ataupun pengobatan karena memiliki banyak kandungan yang baik untuk memproteksi tubuh dari berbagai macam penyakit. Daging yang lembut banyak membantu orang melancarkan BAB nya yang sebelumnya macet, karena buah ini memang mudah dicerna.

Kandungan Pepaya

Orang yang rajin makan buah-buahan seperti pepaya banyak membuat hidupnya terasa jauh lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi pada buah pepaya. 

Berikut ini nutrisi yang dapat Anda temukan pada sebongkah buah pepaya ukuran apapun.
  • Vitamin A (Retinol)
  • Vitamin B komplek
  • Vitamin C
  • Niacin
  • Kalsium
  • Riboflavin
  • Kalori
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Lemak, dan
  • Protein


Manfaat Pepaya

Hampir 50% vitamin tersimpan dalam buah pepaya, jadi mustahil betul jika pepaya tidak berperan penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenal manfaat pepaya bagi kesehatan dan obat tradisional dari penjelasan berikut.

1. Kesehatan Kulit
Pepaya mempunyai peran aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk permukaan kulit dalam hal melembabkan ataupun mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya.

2. Membesarkan Alat Vital Pria
Kandungan enzim arginine yang disimpan dalam buah pepaya berkemampuan dalam hal mendongkrak aliran darah pada areal Mr. P. Argarine mendongkrak produksi asam nitrat dalam tubuh untuk merileksasikan otot-otot di sekitar pembuluh darah, alhasil Mr. P akan membesar dalam waktu yang signifikan seiring banyaknya enzim arginine yang masuk ke dalam tubuh.

3. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan
Tadi sudah dijelaskan bahwa pepaya bisa melancarkan sembelit, hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara kandungan antioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan.

4. Meminilasir Risiko Mata Rusak
Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar kaca tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.

5. Menangkal Radikal Bebas
Jika tubuh mengalami radikal bebas, kulit akan menanggung beragam masalah seperti keriput. Untuk itu jika Anda tidak ingin terlihat tua di usia muda, rajin-rajin makan buah pepaya karena kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas.

6. Obat Bekas Gigitan Ular Berbisa
Perlu penanganan sesegera mungkin jika Anda terkena gigitan ular berbisa. Siapkan 5 ruas jari akar pepaya, bersihkan dengan air, halus dengan ditumbuk, balurkan obat ini pada kulit yang tergigit. Setelah itu dibalut menggunakan kain lap, ganti 2 kali sehari

7. Obat Kulit Melepuh
Bisa karena terbakar atau terkena knalpot yang panas, segera obati dengan ramuan ini. Ambil kulit buah pepaya, peras dan tampung getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata, diamkan seharian. Apabila kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.

8. Obat Demam atau Malaria
Ambil selembar daun lelaya, tumbuk hingga memenuhi 1/2 gelas. Tuangkan air sebanyak 3/4 gelas, dan masukkan garam. Peras daun pepaya, saring airnya lalu minum 3 kali sehari. Pengobatan ini bisa Anda lakukan minimal 5 hari berturut-turut dalam seminggu.

9. Obat Untuk Menambah Nafsu Makan
Anda atau si kecil sedang tidak nafsu makan? Coba minum obat untuk merangsang nafsu makan ini. Caranya dengan memetik selembar daun pepaya, cuci dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras daun. Airnya diminum sampai habis.

10. Obat Flu
Petik 2 lembar daun pepaya muda, lumatkan, tuangkan air, setelahnya diperas. Tambahkan garam dan minum air perasan daun pepaya ini sehari 2 kali untuk dosis anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dosis orang dewasa.

11. Obat Sakit Gigi
Cukup dengan meneteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit menggunakan kapas. Lakukan hingga semua bakteri terbunuh dan rasa sakit gigi mereda.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat pepaya untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Perlu Anda ingat bahwa materi yang tertulis disini hanya informasi tambahan, tidak dimaksudkan menjadi acuan utama, penanganan medis ataupun pengganti saran ahli dan medis.