7 Manfaat Buah Pisang Sesuai Kandungan Nutrisinya

Manfaat Buah Pisang. Pisang adalah tumbuhan buah dari pohon yang berdaun lebar besar serta memanjang serta batang pohon panjang juga besar dengan warna hijau tua maupun muda. Buah pisang pada pohon tersusun menjari, sering disebut sisir ini berasal dari suku Musaceae, dan telah lama berada di Indonesia. Buah pisang yang sudah matang memiliki rasa manis dengan warna daging putih kekuningan, meskipun ada beberapa jenis pisang yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, bahkan mendekati kehitaman.

Keanekaragaman Buah Pisang

Pisang mempunyai banyak ragam nama yang disatukan menjadi berbagai kelompok, tetapi secara keseluruhan berikut julukan turunan dari buah pisang yang mungkin berguna bagi Anda.

Pisang: 
  • Seribu
  • Lilin
  • Mas
  • Susu
  • Bananito
  • Ambon (Putih, Hijau, Gros Michel dan Cavendish)
  • Barangan
  • Raja (asal: Amerika Selatan)
  • Tanduk
  • Kepok
  • Siama
  • Uli
  • Batu
  • Super


Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Banyaknya varian nama dari buah pisang tidak menyurutkan nafsu para masyarakat dalam mengonsumsi buah ini. Dari segi kegunaan, masyarakat ada yang lebih suka memblender, menggiling, dimakan langsung sehabis makan bersama keluarga.

Melimpahnya aneka ragam buah pisang juga setara dengan banyaknya kandungan nutrisi yang tertanam di dalamnya. Berikut ini 7 nutrisi penting dalam buah pisang yang diperlukan oleh tubuh agar terjaga kesehatannya.

Kalium 

Sebuah mineral yang berperan sebagai peminimalisir sekaligus pengontrol tekanan darah manusia (sama seperti daun sirsak untuk hipertensi) dalam tubuh ini berjumlah 467 mg pada satu buah pisang berukuran sedang atau medium.

Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi penting untuk menjaga kepadatan tulang serta mencegahnya dari pengeroposan (osteoporosis). Di dalam buah pisang, kaya akan mineral kalsium, takaran kalsium pada 100 gram buah pisang dapat mengasup kebutuhan kalsium tubuh sebanyak 5 miligram.

Karbohidrat

Pisang sangat cocok dikonsumsi sehabis berolah raga, karena dapat menyumbang energi tambahan sehabis Anda gunakan untuk bergerak banyak. Kandungan karbohidrat yang memberikan manfaat ini berjumlah 22,84 gram pada 100 gram buah pisang. 

Nutrisi penting lain yang menjadikan buah ini semakin menakjubkan adalah gula sebanyak 12,23 gram dan serat sebanyak 2,6 gram pada 100 gram buah pisang. Nutrisi berupa serat tersebut bisa melancarkan sistem pencernaan manusia yang mengalami gangguan kesehatan.

Vitamin C

Terdapat 8,7 miligram vitamin C pada 100 gram buah pisang. Fungsi vitamin ini dalam tubuh adalah sebagi pencegah terjadinya stres oksidatif, dan kandungan antioksidan nya berguna untuk menepis radikal bebas yang rawan atau mungkin terjadi.

Vitamin B6

Fungsi dari piridoksin dalam tubuh adalah membantu proses asimilasi. Hal ini menjadi alasan terpakainya piridoksin sebagai salah satu formulasi pembentuk vitamin B-kompleks. 

Kandungan vitamin B6 pada 225 gram buah pisang adalah 0,8 miligram yang siap ditampung oleh tubuh. Selain pisang, sumber vit. B6 lain adalah kacang hijau, biji bunga matahari, kembang kol, sawi, paprika, dan beberapa jenis ikan laut lain.

Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang
(c) Sunpride Indonesia via Google Gambar
Jika Anda masih ragu akan khasiat buah pisang dikarenakan belum pernah diiklankan melalui media audio visual (Televisi), mungkin rangkuman artikel menarik mengenai khasiat buah pisang untuk kesehatan berikut ini cocok untuk menghilangkan rasa penasaran Anda.

1. Dapat Mengontrol Berat Badan
Pisang menjadi buah yang cocok dikonsumsi saat berdiet ataupun proses penambahan berat badan. Dalam satu buah pisang berukuran sedang hanya tersimpan 110 kalori yang mudah terbakar jika Anda maksimalkan dengan olahraga rutin.

2. Memasok Energi Untuk Tubuh
Setelah sarapan, cobalah konsumsi 2 buah pisang matang berukuran sedang. Hal ini dimasudkan agar energi yang diproduksi oleh tubuh mendapatkan bantuan tambahan dari buah pisang. 

3. Memperlancar Sistem Pencernaan
Karena tinggi serat dan cukup karbohidrat menjadikan buah pisang sebagai obat sembelit (konstipasi). Selain membantu melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam usus, kandungan nutrisi berupa serat ini juga membantu mencegah obesitar, kanker usus besar, diabetes melitus, jantung koroner akibat kelebihan kolesterol.

4. Membantu Pembentukan Sel
Lemak di dalam buah pisang membantu tubuh untuk membentuk struktur jaringan dan sel seperti membran sel,

5. Melancarkan Buang Air Besar
Kombinasi antara lemak dan karbohidrat selain mengatasi sembelit juga memudahkan proses BAB. Di sini lemak akan bertugas dalam usus untuk melancarkan proses pencernaan sehingga zat yang tersisa dapat dikeluarkan dalam bentuk tinja.

6. Mengatur Suhu Tubuh
Jika Anda sedang terjebak dalam cuaca yang dingin, cobalah untuk konsumsi buah pisang agar suhu tubuh terasa lebih hangat.

6. Menjaga Organ Tubuh
Dalam tubuh terdapat banyak organ vital yang harus dijaga baik-baik kesehatannya, jika rusak maka berbagai gangguan kesehatan akan menghantui Anda. Untuk memudahkan proses penjagaan, Anda bisa mengawali dengan rutin makan buah-buahan seperti pisang yang kadar lemaknya tidak terlalu berlebih sehingga baik bagi kesehatan seluruh organ tubuh.

7. Mengencangkan Kulit
Kulit membutuhkan cukup nutrisi seperti Vitamin C agar tetap terjaga kesehatannya. Buah pisang menjadi salah satu buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Hal tersebut membuat banyak ahli memberikan resep perawatan dengan pisang, contohnya dijadikan masker untuk memutihkan kulit wajah serta mengencangkannya.

Manfaat buah pisang lain bisa Anda rasakan sendiri dengan cara membiasakan diri untuk menjadwal waktu makan buah-buahan tiap harinya. Dengan begitu reaksi positif yang diberikan dapat Anda peroleh seiring berjalannya waktu.