-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penyakit yang Memungkinkan Jika Anda Mengalami Buang Air Kecil Berdarah

Post a Comment
Mengalami masalah ketika Anda buang air kecil? Jika Anda mengalami buang air kecil yang tidak normal seperti rasa sakit ketika buang air kecil, atau buang air kecil berdarah tentu hal tersebut perlu segera Anda atasi karena bisa jadi ada kemungkinan penyakit dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengalami masalah buang air kecil berdarah, masalah kesehatan ini dalam istilah medis dikenal dengan sebutan hematuria. Kondisi ini terjadi sebagai salah satu tanda abnormalitas pada tubuh manusia. Hematuria terjadi ditandai dengan adanya bercak darah pada urin sehingga urin tidak lagi berwarna kuning melainkan berwarna cokelat atau merah tua. Tentunya jika Anda mengalami kondisi ini, Anda harus lebih waspada karena kemungkinan besar ada penyakit yang bersarang di tubuh Anda. Lantas apa saja kemungkinan penyakit jika Anda mengalami buang air kecil berdarah?

Penyakit yang Ditandai Buang Air Kecil Berdarah

Masalah dengan prostat

Kemungkinan penyakit yang pertama jika Anda mengalami hematuria adalah Anda mengalami masalah dengan organ prostat. Prostat merupakan suatu kelenjar yang berada diantara penis dan kandung kemih pria. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang sangat penting bagi reproduksi pria dan bisa mengalami masalah karena gaya hidup tak sehat seperti merokok atau mengonsumsi minuman alkohol. Prostat yang mengalami masalah ditandai dengan pembengkakan sehingga menekan saluran uretra. Akhirnya saluran ini terluka dan menyebabkan keluar urin bercampur darah ketika buang air kecil.

Infeksi saluran kemih

Biasanya infeksi pada saluran kemih terjadi karena bakteri atau virus yang menginvasi. Salah satu bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini adalah bakteri E.coli. Infeksi saluran kemih biasanya ditandai dengan rasa nyeri ketika buang air kecil, sering buang air kecil dan juga terkadang pada saat buang air kecil mengalami kondisi bercampur darah. Bahaya dari infeksi saluran kencing adalah karena infeksi ini bisa saja menjadi infeksi ginjal karena bakteri yang berasal dari saluran kemih bisa naik ke atas dan sampai pada ginjal. Gejala yang akan dialami ketika mengalami infeksi saluran kecil yang mengakibatkan buang air kecil bercampur darah diantaranya mual dan muntah, demam tinggi dan terasa nyeri pada punggung bagian samping.

Penyakit ginjal

Ada dua penyakit yang bisa terjadi pada ginjal dan menyebabkan buang air kecil berdarah. Dua penyakit tersebut adalah batu ginjal dan kanker ginjal. Dua penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya sehingga sangat perlu Anda waspadai. Ciri – ciri batu ginjal adalah kencing yang tidak lancar serta pada saat kencing seperti ada sumbatan. Sehingga akan terasa nyeri ketika penderita batu ginjal buang air kecil. Pada kondisi batu ginjal yang parah penderita akan mengalami buang air kecil berdarah. Sementara ketika seseorang mengalami kanker ginjal yang ia alami adalah terjadinya pertumbuhan sel di daerah saluran ginjal sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil. Terkadang juga ditandai dengan buang air kecil yang berdarah.

Jika Anda mengalami masalah buang air kecil berdarah, ada baiknya Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda tersebut kepada dokter karena ada berbagai kemungkinan penyakit serius didalam diri Anda yang harus segera diatasi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter