12 Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan. Kenaikan berat badan yang melebihi angka rata-rata jika dilihat berdasarkan kalkulator BMI (Body Mass Index) seringkali membuat seseorang menjadi enggan untuk keluar rumah karena dirinya menganggap bahwa bentuk tubuh yang dimilikinya sudah tidak ideal lagi, sehingga rasa percaya diri pun ikut memudar.

Berbagai upaya untuk menurunkan berat badan telah dilakukan, tetapi masih ada saja yang kurang. Bisa jadi Anda belum mengetahui apa saja penyebab meningkatnya berat badan. Salah satu pemicu berat badan naik adalah doyan makan makanan yang digoreng. Ada lagi yang mempunyai peranan besar dalam meningkatkan bobot tubuh seseorang, yaitu stres sehingga otak dan hati tidak sinkron untuk mengontrol diri.

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal layaknya para model di Miss Universe, alangkah baiknya memulai dari hal-hal yang kecil dulu, namun dilakukan secara rutin dan tingkat upaya yang dilaksanakan dari waktu ke waktu semakin meningkat. Tujuannya tentu untuk mempercepat proses penurunan berat badan atau diet. Berikut ini telah dikumpulkan dari beberapa situs dokter mengenai cara menurunkan berat badan yang efektif.

1. Menambah waktu berolahraga
Padatnya kegiatan di kantor bukan berarti Anda bisa semena-mena dengan kesehatan tubuh. Karena di sini Anda sedang dituntut untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, sudah pasti olahraga adalah hal utama yang wajib Anda kerjakan secara rutin.

Anda bisa mencoba dengan melakukan gerakan yang simpel namun berpusat pada perut dan bagian tubuh penumpuk lemak seperti paha dan lengan atas. Jika Anda mampu, lakukan push up sebanyak 30 kali setiap hari. Untuk membahas masalah ini, beberapa waktu lalu telah ditulis jenis olahraga yang dapat mengecilkan perut.

2. Pasokan cairan tubuh harus stabil
Maksud dari kata stabil di sini adalah bagaimana cara Anda memastikan bahwa tubuh tidak mengalami dehidrasi. Salah satu manfaat minum air putih adalah membantu menurunkan berat badan. Dalam sehari, biasakan Anda minum 8 gelas air putih, satu gelas di pagi hari ketika bangun tidur dan menjelang tidur wajib untuk dilaksanakan.

3. Minum minuman bebas kalori
Kalau Anda bosan harus minum air putih setiap saat, menggantinya dengan minuman non kalori juga tidak ada salahnya. Anda bisa menambahkan perasan jeruk pada air putih yang hendak diminum. Semua jenis minuman yang bebas kalori tidak akan mempengaruhi program diet seseorang.

4. Jangan makan makanan yang digoreng
Tadi sempat dibahas sedikit bahwa salah satu pemicu kenaikan berat badan adalah konsumsi makanan yang digoreng-goreng. Sebetulnya tidak semua membuat perut semakin gendut, tetapi jauh lebih baik bila Anda mengurangi porsi atau bahkan menghentikan kebiasaan ngemil gorengan. Ini juga dimaksudkan agar Anda terhindar dari penyakit kolesterol yang dihadirkan oleh kawanan lemak dalam tubuh.

5. Hindari juga makanan olahan cepat saji
Di supermarket banyak kemasan daging olahan seperti nugget atau jenis fast food lain seperti spaghetti dan burger. Makanan-makanan seperti itu lebih baik Anda hindari juga karena tidak sehat dan banyak mengantongi lemak. Bila Anda tidak bisa menahan diri, lebih baik hentikan program diet Anda sekarang juga.

6. Kurangi porsi makan
Menurut Dr. Florence dalam situsnya, mengurangi porsi makan adalah langkah yang cukup efektif untuk meningkatkan angka keberhasilan program diet seseorang. Perlu diingat bahwa ‘kurangi’ tidak sama dengan ‘tidak makan’. Intinya, mulai sekarang Anda kurangi porsi makan, bisa tiga perempat atau setengah dari biasanya.

7. Minum teh hijau
Pada beberapa bulan lalu, saya telah menuliskan kegunaan teh hijau bagi kesehatan ataupun kecantikan. Tubuh Anda akan terpelihara dengan baik bila setiap hari mendapatkan nutrisi yang cukup, sumbernya bisa dari mana saja, salah satu contohnya adalah teh hijau yang dapat membantu menurunkan berat badan seseorang.

Berdasarkan hasil penelitian, minum teh hijau 2 hingga 3 gelas sehari akan membantu mengoptimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga mengandung beberapa senyawa yang dipercaya dapat mengurangi risiko kanker.

8. Hindari stres
Sebetulnya stres bisa membuat seseorang menjadi kurus dan gemuk, tergantung dari kebiasaan individu yang sering dilakukannya. Namun, melihat data atau survey secara keseluruhan, orang yang mengalami stres tidak bisa terlalu lama memikirkan hal-hal yang baik untuk dirinya ataupun tidak. 

Tidak jarang yang ketika dilanda stres membuat dirinya jadi hobi konsumsi minuman beralkohol dan juga tidak mampu untuk mengontrol porsi makan. Hal ini akan berdampak buruk bagi program diet yang sedang Anda jalani, untuk itu hindari stres sebisa mungkin.

9. Apakah Anda benar-benar lapar?
Mulai sekarang Anda harus bisa mengetahui apakah Anda benar-benar lapar atau itu hanya nafsu hati saja? 

Menurut Michelle May dalam bukunya yang berjudul “Am I Hungry?”, kelaparan adalah cara tubuh Anda memberitahu Anda bahwa Anda butuh bahan bakar, sehingga ketika timbul perasaan ingin makan bukan karena lapar, maka Anda tidak akan pernah merasa puas ketika makan.

Jika Anda benar-benar merasakan lapar, berarti memang Anda diharuskan oleh tubuh untuk makan, namun ingat bahwa Anda sedang berdiet, jadi porsi makan harus dikurangi atau lebih dikontrol. Jangan mentang-mentang lapar, terus Anda makan sesuka hati tanpa batasan.

10. Memberi pijatan
Apakah Anda doyan pijat ketika tubuh sedang lelah-lelahnya?

Sekarang sudah ada pijat untuk mengikis lemak yang berada di bawah lapisan kulit terdalam. Anda bisa berkunjung ke klinik khusus untuk menurunkan berat badan, biasanya di sana terdapat layanan pijat pengempes perut. Apabila Anda yang pria, tidak ada salahnya berkunjung ke panti pijat khusus pria, kemudian minta pada pemijat untuk berpusat pada bagian perut, paha, dan lengan atas.

11. Konsumsi makanan (buah dan sayur) atau minuman berikut
Bila Anda ingin tahu apa-apa saja makanan yang diperbolehkan untuk sering dikonsumsi ketika menjalankan program penurunan berat badan (diet), berikut ini daftarnya sesuai yang dituliskan dalam BlogDokter.
  1. Makanan berserat
    Anda bisa mencoba konsumsi makanan berserat tinggi yang dapat menyukseskan diet Anda. Sumber serat yang baik untuk diet bisa Anda dapatkan dari kacang putih, kacang hitam, kacang merah, jagung, buncis, dan beras merah.
  2. Kafein
    Teh herbal yang mengandung kafein sangat dianjurkan untuk Anda minum beberapa kali dalam seminggu, tujuannya agar proses metabolisme dalam tubuh semakin meningkat. Artinya, kafein yang Anda konsumsi bisa digunakan oleh tubuh sebagai alat pembakar kalori dan lemak yang bersarang di dalam tubuh.
  3. Pisang
    Buah pisang mengandung banyak karbohidrat yang biasa dikonsumsi oleh para atlet ketika latihan atau berkompetisi. Buah ini bisa menjadi energi tambahan di waktu-waktu yang tidak memungkinkan.
  4. Jeruk
    Bukan karena kandungan Vit. C nya yang terkenal yang membuat jeruk menjadi salah satu buah penunjang rasa lapar. Ini karena kandungan kalori dalam jeruk yang tinggi lah yang membantu diet Anda.
  5. Cokelat batangan
    Jangan Anda kira cokelat batangan ini adalah cokelat manis bermerek seperti Silver Queen atau CadBurry. Cokelat di sini adalah cokelat murni yang memang diproduksi khusus untuk membantu orang berdiet.

Sampai lupa, cara menurunkan berat badan yang terakhir adalah dengan menghindari minuman bersoda. Seperti yang Anda ketahui selama ini bahwa minuman bersoda hanya menciptakan gas di dalam perut yang lama kelamaan bisa berujung pada obesitas dan diabetes (kelebihan gula).