25 Manfaat Teh Hijau Sebagai Minuman Kesehatan Herbal

Manfaat Teh Hijau. Teh hijau adalah minuman yang terbuat dari hasil seduh daun tanaman teh segar hasil petikan dari kebun tetapi telah melewati proses pemanasan agar tidak terjadi oksidasi. Teh hijau sangat populer di negara Jepang, masyarakat nya menyebut “teh ocha”, tentu Anda sering mendengar merek tersebut di iklan TV.

Teh hijau semakin diminati karena manfaatnya bagi kesehatan yang sangat banyak. Jika Anda jarang minum 3 - 4 cangkir teh hijau dalam sehari sama saja dengan Anda tidak memperdulikan kondisi kesehatan diri sendiri. 

Manfaat Teh Hijau

manfaat teh hijau
(c) Zibbleinc

Berikut ini manfaat teh hijau yang menjadi alasan kenapa mulai sekarang Anda harus menjadikan teh hijau ini sebagai minuman favorit seperti dilansir laman Thirdage:

1. Mengurangi Risiko Kanker
Teh hijau mempunyai peranan dalam tubuh sebagai antioksidan yang 100 kali lebih kuat daripada vitamin C dan 24 kali lebih efektif dari fungsi vitamin E. Ini akan menyokong tubuh Anda terhindar atau terlindungi dari penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Teh hijau jepang membantu mencegah kerusakan jantung dan penyakit stroke pada seseorang yang mengalami hipertensi. Tentuya dengan cara menurunkan kadar kolesterol tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Di samping itu keistimewaan teh ini adalah memperkecil angka kematian akibat kerusakan jantung dengan mempercepat proses pemulihan sel-sel pada jantung.

3. Menangkal Radikal Bebas
Teh hijau merupakan salah satu rahasia kecantikan wanita jepang, meski usia sudah tua kulit wajah dan tubuh tidak terlihat seperti orang lansia yang berada di negara kita.

Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol dalam teh hijau berfungsi melawan radikal bebas. Sehingga membantu Anda melawan penuaan dan meningkatkan umur panjang.

4. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau akan membantu proses metabolisme alami tubuh dan membantu pembakaran lemak yang menumpuk pada bagian perut, paha, lengan dan bagian yang mudah menampung lemak pada tubuh lainnya.

Rutin konsumsi teh hijau perhari dalam membakar hingga 70 kalori dalam waktu satu hari pula dan membantu menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam satu tahun. Meski sedikit, Anda bisa mengkombinasikan program diet dengan rutin berolahraga serta menghindari makanan berlemak.

5. Mencegah Kanker Kulit
Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan lebih cepat dan merusak kulit serta menjadikan kulit keriput. Untuk mencegah hal tersebut teh hijau berperan menepis radikal bebas serta melawan penyakit kanker kulit.

6. Mengurangi Risiko Rheumatoid Arthiritis 
Rheumatoid Arthritis atau radang sendi adalah penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang diri sendiri sehingga terjadi perdangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini mengincar persendian yang diindikasikan dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi dan atrofi otot serta penipisan tulang.

Teh hijau dapat membantu diri Anda terhindar sekaligus memperkecil risiko terserang penyakit tersebut karena beberapa kandungan di dalamnya yang mampu melindungi tulang rawan terhadap kehancuran dengan cara menghalangi enzim yang menhancurkan tulang rawan (mudah rapuh).

7. Memperkuat Tulang
Selain penyakit pada persendian dan tulang, teh hijau juga dipercaya para ahli sebagai alternatif herbal untuk memperkuat dan mempertahankan kepadatan tulang. Ini karena adanya kandungan flouride yang tinggi dan ditemukan dalam teh hijau yang mana membantu mempertahankan kepadatan tulang setiap hari.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Teh hijau juga membantu menurunkan kadar kolesterol dengan rasio kolesterol jahat lebih banyak diturunkan dan menjaga kadar kolesterol baik yang biasa disebut dalam dunia medis sebagai HDL Cholesterol (High Density Lipoprotein Cholesterol).

9. Mencegah Obesitas
Minuman ocha dapat mencegah terjadinya obesitas atau kebentukan dengan menghentikan gerakan glukosa dalam sel lemak. Jika Anda sedang menjalankan diet sehat dengan konsumsi teh hijau dan membiasakan olahraga tiap pagi dapat membantu mensukseskan program penurunan berat badan Anda.

10. Mencegah Diabetes
Teh hijau merupakan minuman herbal kesehatan yang dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula pada seseorang yang menderita diabetes ataupun tidak. Rutin minum teh herbal dari jepang ini akan menetralkan kadar glukos dalam darah dan menyeimbangkan tingkat metabolisme tubuh.

11. Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dengan efek penderita akan sulit mengingat dan berkurangnya daya konsentrasi. Penyebabnya adalah kerusakan sel-sel pada otak sehingga membuat otak terlihat mengerut dan mengecil, biasanya kelainan ini berkaitan dengan orang tua yang usianya sudah melebihi 65 tahun.

Memang tidak ada obat untuk penyakit ini, tetapi Anda (jika menderita Alzheimer) dapat mencoba untuk teratur konsumsi teh hijau yang diseduh. Para peneliti menemukan adanya proses pengurangan jumlah acetylcholine dalam otak yang memicu terjadinya Alzheimer pada mereka yang sering minum teh hijau atau green tea.

12. Mencegah Parkinson
Selain alzheimer, penyakit otak lain juga dapat dicegah dengan teh hijau, Parkinson misalnya. Antioksidan dalam teh hijau sangat efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan sel pada otak yang mengarah para Parkinson. 

13. Mencegah Kerusakan Hati
Teh hijau akan menggagalkan transplantasi pada penderita gagal hati. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat menghancurkan radikal bebas berbahaya yang mengendap dalam hati berlemak.

14. Mencegah Hipertensi
Minum teh hijau akan membantu menurunkan tekanan darah dan memposisikannya pada angka yang stabil (netral) dengan menekan angiotensin, pemicu meningkatnya tekanan darah.

15. Mengobati Keracunan Makanan
Keracunan makanan disebabkan oleh banyaknya bakteri berbahaya dalam makanan tersebut. Dari hasil penelitian terhadap teh hijau, telah ditemukan adanya senyawa Catechin yang mampu membunuh bakteri yang masuk pada tubuh karena makanan yang tidak sehat dengan kata lain membasmi racun yang memicu keracunan terhadap makanan.

16. Menurunkan Gula Darah
Kandungan polifenol dan polisakarida pada teh hijau berkontribusi dalam menurunkan tingkat gula darah Anda.

17. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid terdapat dalam teh hijau. Flavonoid bekerja sama dengan polifenol dalam hal meningkatkan sistem imun manusia sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi bakteri atau virus penyakit.

18. Mengobati Pilek dan Flu
Penyakit ini paling sering menjangkiti seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Untuk itu tadi disebutkan pula khasiat teh hijau dapat meningkatakan sistem imun yang berarti dapat mengobati penyakit seperti pilek dan flu ringan dengan bantuan tambahan dari vitamin C.

19. Mengobati Asma
Jika Anda menderita asma dan sering kambuh saat situasi yang tidak memungkinkan, cobalah untuk sesegera mungkin minum teh hijau hangat sambil santai. Dengan begitu theophyline dalam teh hijau akan bekerja melemaskan otot-otot yang mendukung saluran bronkial sehingga mengurangi risiko terburuk dari asma.

20. Membersihkan Telinga 
Teh hijau dapat membantu membersihkan telinga yang kotor. Anda bisa rendam kapas yang dibulatkan menyerupai bentuk bola, kemudian bersihkan bagian luar telinga dengan kapas tersebut. Jika ingin membersihkan bagian dalam telinga, gunakan cotton bud yang halus dan gerakkan dengan lembut.

21. Mengobati Herpes
Teh hijau efektif mengobati interferon topikal herper. Langkah pertama dengan kompres kulit yang mengalami herpes dengan teh hijau hangat (menggunakan kain), kemudian biarkan 15 menit dan bersihkan kain. Terus lakukan hingga penyakit kulit ini hilang.

22. Mencegah Kerusakan Gigi
Gigi merupakan bagian yang paling mudah dan utama terserang bakteri atau kuman dari makanan. Jika tidak dibersihkan secara teratur, gigi akan mengalami kerusakan seperti bolong, berkerak dan sakit gigi.

Teh hijau membantu membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan banyak penyakit pada gigi. Selain itu air teh yang digunakan untuk berkumur dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

23. Menghilangkan Stres
Di dalam teh hijau terdapat asam amino bernama L-thanine yang membantu meringankan stres dan kecemasan pada seseorang.

24. Menyembuhkan Alergi
Jika Anda mempunyai alergi terhadap sesuatu, cobalah minum teh hijau untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan olehnya. Penelitian menemukan adanya EGCG dalam teh hijau yang mampu mengurangi atau meringankan rasa gatal akibat alergi serta menyembuhkannya secara berangsur.

25. Menghambat Penyebaran Virus HIV
Para ilmuan di Jepang melakukan penelitian terhadap teh hijau yang menelurkan hasil bahwa kandungan EGCG (epigalocatechin gallate) dalam teh hijau ternyata mampu menghentikan HIV dengan mengikatnya ke sel-sel kekebalan tubuh yang sehat. Tetapi hal ini belum bisa dipastikan secara mutlak kebenarannya.

Itulah 25 manfaat teh hijau sebagai minuman kesehatan herbal. Jika Anda sedang kedinginan di malam hari, seduhlah teh hijau dan beri tambahan sedikit lemon agar tercipta rasa berbeda. Minum teh hijau di malam hari dapat menghangatkan suhu tubuh.