Inilah 8 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut

Olahraga mengecilkan perut. Perut gendut atau buncit adalah masalah serius, karena bisa berujung pada penyakit jantung bahkan stroke. Kelebihan berat badan memang tidak mudah untuk diatasi, namun selagi Anda mau mencoba berbagai cara menurunkan berat badan misalnya dengan rutin melakukan berbagai jenis olahraga, tentunya membuahkan hasil.

Selain olahraga mengecilkan perut, Anda juga perlu yang namanya menerapkan pola hidup sehat. Tetapi hal tersebut tidak akan dibahas pada artikel ini, sebab topik yang akan dibahas kali ini lebih mengarah ke jenis olahraga yang dimaksud. Langsung saja Anda simak ulasan berikut dan apabila sudah paham, jalani sebagai rutinitas harian.

Olahraga Mengecilkan Perut

Olahraga Mengecilkan Perut

1. Berlari atau berjalan
Berjalan santai dan bahkan berlari bisa menjadi pilihan utama Anda. Memang, apabila dilihat secara kasat mata tidak ada hubungan antara gerakan kaki dengan upaya mengecilkan perut. Namun, tidak ada ruginya apabila Anda melakukan olahraga ringan ini. Sebab, apabila terbiasa untuk berjalan atau berlari akan membantu pembakaran kalori lebih banyak. Alhasil semua bagian tubuh akan ramping.

2. Bersepeda
Olahraga yang satu ini sebenarnya juga tidak ada kaitannya dengan usaha mengikis lemak dalam perut, karena bersepeda menitikberatkan tenaga pada kaki untuk mengayuh pedal. Namun, kembali pada konteks awal seperti yang tadi sudah dijelaskan. Bersepeda dapat membakar 250 - 500 kalori per hari apabila Anda melaksanakannya selama 30 menit saja.

3. Chair Leg Raise
Jenis olahraga ini hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran, dan lebih cocok apabila pria yang melakukannya, tetapi tidak ada salahnya apabila dilakukan juga oleh wanita. Anda bisa bertanya detil mengenai tata cara melakukan gerakan ini kepada instruktur yang memang sudah ahli di bidangnya. Berikut ini ada video panduan untuk Anda yang ingin mencoba Chair Leg Raise.


4. Vertical Leg Crunch
Gerakan Vertical Leg Crunch cukup merepotkan dan menguras tenaga, tetapi apabila Anda ingin mendapatkan tubuh langsing dalam kurun waktu cukup singkat, latihan Vertical Leg Crunch sangat cocok untuk diterapkan.

Jadi, gerakan Vertical Leg Crunch hampir mirip dengan sit up, hanya saja sembari mengangkat kedua kaki setinggi mungkin (seperti sikap lilin). Baringkan tubuh Anda diatas matras, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala dan angkat kedua kaki ke atas, usahakan lurus. Proses berikutnya yaitu menarik tubuh ke atas seperti gerakan sit up, tahan sekitar 15 detik, kemudian ulangi.

Berikut ini video gerakan VLC khusus wanita:


5. Elliptical Trainer
Elliptical trainer merupakan olahraga yang hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran, namun apabila Anda punya cukup uang untuk membeli alatnya, itu lebih baik karena bisa sambil menonton TV di rumah.

Elliptical trainer adalah olahraga yang dikhususkan untuk orang-orang yang mudah mengalami nyeri. Metodenya hampir mirip seperti treadmill, tetapi kedua kaki bukan seperti berlari, melainkan berjalan seperti menaiki anak tangga.

Berikut ini video gerakan ET yang dapat Anda ikuti:


6. Bicycle Exercise
Anda tidak punya sepeda untuk berolahraga dengan tujuan mengecilkan perut? Coba saja Bicycle Exercise. Alat utama yang Anda butuhkan hanyalah matras dan kemauan, tanpa keduanya gerakan yang Anda lakukan tidak akan efektif atau berdampak positif terhadap tubuh nantinya.

Pertama, berbaring di atas matras tipis, kemudian ambil posisi seperti sit up. Angkat lutut sebelah kanan, kemudian temukan atau tempelkan dengan sikut sebelah kiri. Lakukan bergantian dengan sisi lain, dan terus lakukan perulangan sampai Anda kira cukup.

Berikut ini video tutorial melakukan Bicycle Exercise:


7. Ball Crunch
Gerakan ball crunch sangat mirip dengan sit up, tetapi Anda melakukan gerakan ini di atas sebuah bola bundar besar. Untuk penjelasan tentang bagaimana cara melakukannya, Anda bisa melihat video berikut dan sesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan utama Anda.


8. Sit Up
Olahraga terakhir yang paling mudah dan cocok dilakukan siapa saja adalah sit up. Jika sebelumnya Anda jarang sit up, jangan paksakan untuk berlebihan dalam melakukannya karena nanti otot perut akan tegang dan sakit. Pastikan bahwa ada orang yang mendampingi Anda melakukan gerakan sit up, entah itu kawan atau menyewa langsung instruktur senam.

Semua olahraga mengecilkan perut tersebut tidak bisa sekaligus Anda lakukan, pilihlah satu atau dua dan jangan lebih dari tiga, karena pada dasarnya semua gerakan olahraga dikhususkan untuk menyusutkan lemak di bagian perut (terutama). Fokus saja pada satu pilihan dan laksanakan kalau bisa setiap hari agar hasil maksimal.