9 Rahasia Kulit Awet Muda Dengan Cara Alami

Rahasia Awet Muda.  Tampak awet muda tentu diimpikan orang-orang, terutama wanita yang sudah menginjak usia kepala tiga. Sebagian memilih melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan agar memperoleh treatment yang tepat untuk mencapai tujuan ini. Namun, tidak jarang yang lebih memilih untuk memiliki wajah yang terlihat awet muda dengan cara alami, seperti menjalankan pola hidup sehat setiap harinya.

Rahasia Awet Muda Dengan Cara Alami

Rahasia Awet Muda

Kulit muda sebetulnya untuk seluruh tubuh, bukan hanya bagian wajah. Namun, kecantikan seseorang diawali dari seberapa menarik wajahnya untuk dipandang. Bersih, kencang, bebas kerutan, terhindar dari bintik dan flek hitam, jerawat, dan berwarna cerah adalah definisi wajah awet muda. 

Sayangnya, agar bisa memenuhi semua keinginan tersebut, Anda harus mengetahui cara agar wajah terlihat awet muda secara alami. Pada praktiknya, semua jalan yang ditempuh adalah dengan menekankan pola hidup sehat dan teratur. Silakan disimak bagaimana cara memperoleh wajah yang terjaga dan tampak awet muda.

Mencuci Wajah Dua Kali Sehari
Rahasia Awet Muda Dengan Cuci Muka

Tidak bisa dipungkiri, beragam aktifitas yang Anda jalani setiap hari harus mengorbankan terjaganya kebersihan wajah. Debu, kotoran, dan asap-asap kendaraan bermotor menjadi polutan dan bencana bagi wajah. Terlebih bila Anda abai terhadap kebersihan wajah, padahal terdapat malapetaka dibalik kegiatan yang Anda lakukan setiap harinya di luar ruangan.

Mencuci wajah harus dijadikan kebiasaan rutin Anda, baik pria maupun wanita. Disarankan agar waktu untuk membersihkan kulit muka ketika Anda bangun tidur dan menjelang tidur. Dua waktu ini sudah sangat efektif menjaga kesehatan dan kebersihan wajah Anda agar selalu tampak awet muda.

Cuci muka dengan krim yang cocok untuk kulit wajah Anda. Bila Anda belum menemukan produk pembersih kotoran pada wajah yang tepat, maka bisa menggunakan sabun bayi batangan. Kandungan pada sabun bayi telah banyak membantu mereka yang bermasalah dengan wajah kusam akibat tumpukan zat kotor yang datang dari luar.

Aturan yang benar dalam proses pencucian wajah:
  • Cuci muka dengan air hangat terlebih dahulu, tujuannya untuk membuka pori-pori kulit wajah.
  • Bersihkan tangan Anda, lalu basahi sabun bayi agar mudah digosokkan.
  • Kemudian, ambil zat sabun dengan cara menggosokkannya (dihimpit) pada kedua telapak tangan. 
  • Lanjutkan dengan mengaplikasikannya pada wajah secara merata, diamkan beberapa saat.
  • Basuh wajah untuk membersihkannya. Gunakan air hangat sebelumnya, baru setelah sabun menghilang gunakanlah air dingin untuk kembali mengecilkan pori-pori wajah.

Makan Dengan Menu Kaya Nutrisi
Rahasia Awet Muda Dengan Makanan Sehat

Kulit memerlukan nutrisi dari dalam agar tetap terjaga kesehatannya. Sel-sel kulit harus diganti bila sudah mati, dan proses perbaikan ini bisa dibantu dengan melakukan diet seimbang, maksudnya memenuhi makanan yang di dalamnya terkandung sejumlah nutrisi penting untuk kulit.

Konsumsilah banyak buah dan sayur dalam makanan sehari-hari Anda, jangan lupakan juga produk susu, kacang-kacangan, dan unggas untuk melengkapinya. Dengan memberi tubuh asupan yang dibutuhkan, maka kulit pun tidak segan untuk menunjukkan keawetmudaannya. Nutrisi yang diperlukan untuk menunjang keseluruhan sistem tubuh antara lain protein, vitamin, lemak esensial, karbohidrat, dan masih banyak lagi. Dengan tubuh sehat, maka kulit ikut kena dampak baiknya.

Jaga Kelembaban Kulit Agar Terus Terhidrasi
Rahasia Awet Muda Dengan Merawat Kulit

Untuk menentukan apakah kulit Anda sehat atau tidak bisa dengan memperhatikan kelembabannya. Kulit yang lembab menjadi satu ciri-ciri kulit awet muda, maka bila Anda tidak memenuhi ciri-ciri ini, bisa dipastikan Anda belum berhasil melakukan rahasia awet muda ini.

Memperoleh kelembaban kulit tidaklah sulit. Hal pertama yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah. Terapkan saja krim pelembab dengan kualitas yang tidak diragukan setiap harinya. Tetapi cara membuat kulit terlihat awet muda ini tidak terlalu efektif tanpa dibantu dengan tindakan internal. Oleh karena itu, menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi harus selalu Anda ingat. Minumlah air dan makanlah buah atau asyuran dengan kandungan air yang banyak untuk memperoleh satu ciri kulit sehat ini.

Sebisa Mungkin Hindari Stress
Rahasia Awet Muda Dengan Menghindari Stress

Masalah dalam hidup terus berdatangan silih berganti. Hal ini tidak jarang membuat Anda stress pastinya. Nah, stress ini menjadi satu pengganggu Anda dalam mensukseskan program ini. Sesibuk apapun Anda, seberat apapun beban pikiran yang Anda pikul, sebisa mungkin hindari yang namanya stress.

Berbagai cara untuk menghilangkan stress bisa Anda tempuh, seperti yang pernah Cakrawala Sehat tuliskan sebelumnya. Banyak solusi untuk menghindari stress, seperti melakukan meditasi setiap pagi sebelum beraktifitas di luar ruangan, mendengarkan alunan musik santai, berpikir posiftif, terapi tertawa selepas mungkin, dan jalan-jalan sebagai bentuk refreshing otak.

Jangan biarkan stress menjadi penghambat Anda untuk maju ke depan. Hadapilah stress dengan banyak cara mengasyikkan. Ada kalanya Anda memerlukan satu waktu untuk melupakan semua beban hidup yang selama ini menjadi belenggu. Nikmatilah hidup yang Anda peroleh, jalani dengan penuh rasa syukur. Dijamin, hidup Anda akan jauh lebih bermanfaat.

Angkat Sel Kulit Mati Dengan Eksfoliasi
Rahasia Awet Muda Dengan Eksfoliasi

Lapisan kulit yang kusam bisa menjadi cerah dengan cara melakukan eksfoliasi lapisan terluar kulit yang kasar dan pecah-pecah. Di bawah terluar ini terdapat kulit yang lembut dan berkilau. Namun, eksistensinya tidak akan muncul dengan sendirinya. Anda memerlukan eksfoliasi untuk membantu mengeluarkan keindahannya.

Ada banyak produk pengelupasan kulit wajah di pasaran yang mudah didapat di apotek dengan harga yang variatif. Bijaklah dalam memilih. Anda tidak sedang melakukan uji coba pada hewan, kulit Anda yang menjadi sasaran percobaan sendiri, untuk itu pilihlah produk dengan kualitas terbaik.

Akan tetapi bila Anda terlalu khawatir menggunakan produk pengelupas kulit, maka cobalah eksfoliasi. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Ikat rambut Anda yang panjang ke belakang dengan ikat rambut agar tidak berada di area wajah. Jika Anda memiliki poni, tarik ke belakang juga agar poni tidak menutup wajah dan tahanlah dengan bando.
  • Celupkan lap bersih ke dalam air panas, lalu letakkan di wajah selama 1 – 2 menit agar pori-pori wajah terbuka.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu pakai produk atau krim kepunyaan Anda, atau bisa gunakan sabun bayi seperti tadi.
  • Buatlah ramuan eksfoliasi dengan mencampur 3 sendok makan gula pasir dengan sesendok makan air. Letakkan di dalam mangkuk.
  • Gunakan tangan untuk membalurkan ramuan pada kulit wajah, gunakan jemari tangan untuk meratakannya pada wajah secara menyeluruh.
  • Gunakan kain lap bersih untuk menggosok pasta pada wajah Anda dengan gerakan memutar. Hal ini bertujuan untuk mengusir sel kulit mati. Lakukan terus hingga seluruh wajah berhasil dieksfoliasi.
  • Bersihkan wajah dengan membilas air hangat, dan diakhiri dengan air dingin.
  • Setelah dipastikan tidak ada sisa pasta pada wajah, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah dengan handuk bersih.

Jaga Kulit Dari Sinar Matahari
Rahasia Awet Muda Dengan Menghindari Sinar Matahari

Sinar matahari bisa merusak kulit dan membuatnya kering serta kusam. Untuk mendapatkan kulit yang setia pada kelembabannya, maka Anda harus ekstra hati-hati terhadap sinar matahari. Sebetulnya sinar matahari tidak seburuk itu, karena dia adalah sumber vitamin D baik untuk kulit. Hanya saja, dirinya dikatakan baik bila masih bertengger di langit sebelum jam 9. Sesudahnya, sinar tersebut mulai berubah menjadi ‘sedikit kejam’ kepada kulit.

Bila Anda orang yang kerap mendapati kegiatan di luar ruangan pada siang hari, menggunakan tabir surya adalah kewajiban. Tabir surya atau sunscreen yang Anda poles pada kulit haruslah yang mengandung minimal SPF15. Penggunaan tabir surya secara rutin, baik pada musim panas ataupun musim dingin, akan menjaga kulit tetap awet muda.

Jangan Merokok
Rahasia Awet Muda Dengan Tidak Merokok

Kebiasaan menghisap rokok tentulah tidak baik untuk kesehatan. Badan peneliti di berbagai negarapun tidak setuju dengan kebiasaan ini. Berbagai penyakit pernapasan bisa dipicu oleh kebiasaan merokok. Tidak hanya itu, kerusakan kulit pun ternyata bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Hindarilah rokok sekarang juga, karena bahaya dari merokok sangatlah banyak. Anda mungkin tidak jarang melihat perokok yang memiliki kulit sehat, putih, dan tidak terjangkit penyakit serius. Hal tersebut bisa saja terjadi karena ada faktor yang tidak Anda pikirkan. Mungkin orang tersebut juga peka terhadap kesehatannya, selalu memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sempurna, meski punya kebiasaan merokok.

Tapi perkiraan tersebut jangan Anda jadikan alasan untuk tetap merokok. Walau bagaimanapun, rokok tetap tidak baik untuk diri Anda sendiri –dan juga orang lain yang berada di sekitar Anda. Bisa jadi Anda malah terkejut jika suatu hari kebiasaan tersebut akan membuat Anda mengalami penuaan dini dan terjangkit penyakit kanker paru-paru atau tenggorokan.

Berani Berinvestasi
Rahasia Awet Muda Dengan Produk Kecantikan

Tidak bisa disanggah memang kalau untuk memperoleh sesuatu, maka kita harus bekerja keras untuk mendapatkannya. Sama halnya dalam menjaga rahasia awet muda yang ingin Anda dapatkan ini. Anda harus berani mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan berbagai produk kecantikan yang memiliki kualitas bagus dan direkomendasikan.

Carilah produk perawatan yang tepat untuk jenis kulit Anda dan pastikan tidak mengandung bahan kimia. Bila ingin menjajal produk herbal, maka lihat terlebih dahulu apakah sudah disertifikasi atau dilabeli aman oleh BPOM. Jangan sampai Anda salah memilih. Lebih baik berkonsultasi pada orang yang tepat agar tidak merugi di kemudian hari.

Bahagiakan Diri Anda
Rahasia Awet Muda Dengan Selalu Bahagia

Orang yang selalu memahat senyum brilian di wajahnya pasti tampak lebih menyegarkan dan sejuk untuk dilihat. Tidak bisa dipungkiri memang kalau salah satu faktor kebahagiaan adalah memiliki banyak sesuatu, seperti uang. Tapi Anda harus tahu, kebahagiaan akan mudah diperoleh bila Anda lapang dada untuk bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini.

Keluarga yang senantiasa ada di saat Anda butuh tepat untuk melepas penat, teman yang selalu menemani Anda tertawa ataupun simpati terhadap sesuatu yang baru saja Anda alami, dan rezeki dari Tuhan yang tidak pernah putus (bernapas, melihat, mendengar, sehat, mampu berjalan, dan banyak lagi). 

Nikmat mana lagi yang Anda dustakan? Tidak ada alasan untuk tidak bahagia. Anda tidak perlu memiliki segalanya, karena Anda adalah segalanya. Lepaskan pikiran Anda dengan keterikatan terhadap sesuatu yang justru membuat Anda terjerat dalam belenggu. Dengan begitu, maka Anda semakin dekat dengan keutuhan. Salam bahagia :)

***

Anda sekarang sudah mengetahui rahasia memiliki kulit wajah dan tubuh agar selalu terlihat atau tampak awet muda dengan berbagai cara dan metode yang alami. Sedikit mungkin harus memangkas biaya, untuk beli produk dan makanan menyehatkan. Tetapi pengorbanan Anda akan tergantikan setelah Anda sadar betapa cantiknya diri Anda.