Lengkap! 27 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah. Dengan memiliki pori-pori maka Anda menyediakan banyak minyak alami yang penting untuk kulit yang terkadang bisa  terhidrasi serta bertekstur halus atau memberikan oksigen agar kulit bisa bernapas.

Pori - pori bertugas melakukan beberapa fungsi dan bertanggung jawab untuk menghilangkan racun (detoksifikasi) dari tubuh. Namun, ketika pori- pori ini menjadi lebar maka akan sulit ditutupi dan membuat riasan wajah rentan luntur. Yang cukup membahayakan adalah terjadi deposit kotoran atau racun karena pori-pori ikut tersumbat, sehingga wajah Anda tidak bisa mengelurkan racun dari dalam tubuh. 

Biasanya, orang-orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki pori - pori yang lebih terbuka daripada orang-orang yang memiliki kulit kering. Pori- pori ini  terutama terlihat di sekitar hidung di mana terdapat kelenjar minyak yang lebih.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit yang mulus dan sehat, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan langkah mencegah pembukaan pori-pori dengan cara menjaga keseimbangan kulit, dan gunakan pembersih, toning serta tak luput dari peran pelembab untuk membuat wajah Anda kinclong. 

Penyebab Pori-pori Membesar Pada Wajah

Sementara itu penyebab ataupun alasan memiliki pori- pori yang terbuka lebar, diantaranya adalah karena stres, gen, penuaan, pengaplikasian pelembab yang berlebihan termasuk make-up, dan penggunaan produk kulit inferior. Perubahan hormonal selama kehamilan, pubertas, dan menopause juga menjadi penyebab pori-pori wajah membesar. 

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah
Tips dan cara mengecilkan pori-pori pada kulit wajah yang bisa diterapkan semua orang
Cara mengecilkan pori-pori pada kulit wajah yang pertama adalah dengan rutin membersihkan wajah, kemudian jaga kulit wajah dari terpaan sinar matahari berlebih, rawatlah kulit agar selalu bersih, dan yang terakhir adalah gunakan produk pelembab kosmetik yang tepat dan bermutu tinggi. 

Selain menjadikan beberapa kegiatan di atas menjadi suatu kebiasaan, cara mengecilkan pori-pori lainnya adalah dengan bahan alami. Bisa menggunakan sejumlah besar tumbuhan, buah-buahan serta sayuran yang juga ikut membantu dalam mengencangkan pori-pori. 

Meskipun ada banyak sekali sejumlah produk kosmetik yang tersedia di pasar, akan tetapi Anda tidak bisa menghilangkan pori-pori sepenuhnya dari kulit Anda, karena beberapa penyebab di atas juga kerap Anda alami atau lakukan.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mencoba beberapa cara mengecilkan pori-pori di wajah dengan melakukan home treatment naturally. Berikut adalah bahan- bahan alami yang bisa Anda coba: 

1. Es Batu
Ini adalah obat instan untuk membuka pori-pori yang akan merangsang sirkulasi darah dan memberikan kulit yang lebih sehat. Bersihkan wajah Anda dan gosokkan es batu dua kali dalam sehari selama sekitar 5-10 detik. Ini adalah toner yang dapat mengencangkan pori-pori. Atau, Anda hanya dapat mencuci muka dengan air es dingin.

Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda bisa menggunakan jus lemon ataupun jus tomat yang kemudian Anda bekukan bersama es yang kemudian jika sudah membeku menjadi es maka Anda bisa gunakan untuk memijat wajah Anda. Namun bagi orang yang menderita sinusitis atau meningitis sebaiknya hindari penggunaan  obat ini.

2. Madu
Madu sangat bagus untuk kulit, karena memiliki sifat obat  penyembuhan antibakteri. Di dalam madu terdapat kalium yang tinggi yang mampu membunuh bakteri yang biasanya dapat menyumbat pori-pori. Di sisi lain, yogurt merupakan sumber yang baik dari asam laktat yang bekerja dengan cara membuat kulit Anda terkelupas dan membersihkan pori-pori. Membuat combo yoghurt dan madu, kemudian oleskan pada pori-pori dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

3. Gula dan Minyak Zaitun
Ambil 2 sendok makan gula, tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun kemudian tambahkan lagi beberapa tetes jus lemon. Campur semua bahan hingga lembut, kemudian gosok di wajah Anda selama 20 sampai 30 detik. Bersihkan dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan ramuan ini sekali dalam seminggu.

Baca: Manfaat minyak zaitun untuk mengencangkan pori-pori wajah

4. Putih Telur
Putih telur mengandung asam amino dan enzim lain yang dapat meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori. Oleskan putih telur di seluruh wajah kemudian tutupi dengan tisu. Ketika masker telur benar-benar mengering, lepaskan tisu pada wajah. Ini adalah cara mencegah pori-pori wajah membesar serta membantu mengencangkan kulit wajah serta mengangkat kotoran yang menempel di wajah.

5. Almond dan Susu
Langkahnya, rendam almond ke dalam susu putih tanpa krim. Setelah dibiarkan semalaman terendam, teteskan air mawar secukupnya untuk memberi aroma wewangi yang merileksasikan. Sebelum dipakai, bersihkan wajah terlebih dahulu. Usap merata pada wajah dan biarkan selama 5 menit, bersihkan dengan air biasa.

6. Uap
Menggunakan uap hasil perebusan atau pemasakan air bisa menjadi cara paling efektif. Langsung saja Anda posisikan wajah di atas uap air sejauh 20 cm, rasakan kehangatan uap tersebut hingga wajah Anda sedikit berkeringat. Ulangi proses hingga hasil maksimal.

8. Air Mawar dan Jus Mentimun
Campur beberapa tetes air mawar ke dalam jus mentimun, kemudian oleskan pada wajah Anda, dan bilas setelah 15-20 menit. Perawatan ini dapat mengurangi jumlah pori-pori yang terbuka. 

9. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang mengencangkan pori-pori dan menjaga keseimbangan pH kulit. Ambil porsi yang sama antara cuka sari air dan apel. Terapkan bahan campuran pada wajah secara merata. Diamkan 10 menit dan lanjutkan dengan membersihkannya menggunakan air. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan secara teratur.

10. Cendana dan Bubuk Kunyit
Ambil satu sendok makan cendana dan bubuk kunyit, jangan lupa tambahkan juga beberapa tetes minyak almond. Buatlah pasta dari ketiga bahan dan oleskan di wajah Anda dan sekitar leher. Diamkan selama 20 menit dan basuh wajah dengan air dingin. Perawatan ini dapat merevitalisasi kulit Anda dan meminimalisir terjadinya pori-pori terbuka.

11. Baking Soda
Baking soda bekerja sebagai agen pengelupasan yang menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit Anda. Campur 2 sendok makan baking soda dengan air. Oleskan pasta pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

12. Buah-buahan
Buah tidak hanya melembabkan kulit Anda, tetapi juga mempertahankan cahaya nya. Pijat wajah Anda dengan menggunakan pulp beberapa buah-buahan seperti pepaya, jeruk, strawberry, pisang, anggur, nanas, semangka, dan lain-lain Hal ini mengurangi pori-pori membesar dan juga menghilangkan kulit mati.

13. Susu Mentah
Susu mentah dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk kulit. 

Pertama-tama, bersihkan wajah. Oleskan pada wajah dengan bantuan bola kapas dan gosokkan ke wajah. Tunggu 15 menit dan lanjut dengan mencuci wajah dengan air hingga bersih.

14. Mentega dan Garam
Campur mentega dengan garam, hingga menjadi pasta dan oleskan di atas pori-pori terbuka. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci dengan air dingin. 
16. Lemon
Potong lemon. Tambah sedikit gula di atasnya. Gosokkan pada kulit Anda selama beberapa menit, bilas dengan air dingin. Untuk membersihkan setelah pengaplikasian, gunakanlah air hangat agar tidak lengket, setelahnya baru air dingin.

17. Tawas
Tambahkan sejumput tawas di air hangat. Oleskan larutan ini pada wajah Anda. 

18. Buttermilk
Rendam bola kapas di buttermilk dan oleskan pada hidung atau wajah untuk mengencangkan pori-pori yang terbuka.

19. Susu
Ambil susu (tanpa krim) dan tambahkan garam laut. Ini akan mengurangi ukuran pori-pori.

20. Tomat
Tomat merupakan zat alami yang dapat menyusutkan ukuran pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Di sisi lain, tomat merupakan exfoliator yang sangat baik dalam hal membersihkan, melembabkan dan menenangkan kulit serta mengeluarkan minyak berlebih. 

Ambil 1 buah tomat segar, cuci bersih dengan mengaliri air ke permukaan kulit tomat. Gunakan tisu atau kain bersih untuk mengeringkan, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian bulat melebar. Jika punya, tambahkan sun-block dan remas-remas tomat disertai sun-block. Selanjutnya, balurkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
22. Yoghurt dan Tepung
Campur 2 sendok makan yogurt polos dan 1 sendok makan tepung terigu. oleskan dan cuci dengan air dingin setelah 15-20 menit.

23. Yoghurt
Oleskan yoghurt kental pada kulit wajah Anda, diamkan 10 menit hingga lengket di wajah sebelum dibersihkan. Jika Anda memiliki kulit berminyak, siapkan pasta dari 1 putih telur (dibawa secara menyeluruh), 2 tablet aspirin (bubuk halus) dan 1 sendok teh yogurt. Biarkan selama 15-20 menit. Gunakan air dingin untuk membilas.

Tips Mengencangkan Pori-pori Wajah

Anda bisa juga mencoba beberapa bahan berikut untuk membantu mengecilkan pori-pori pada wajah.

1. Jus Semangka dan Lemon
Campuran jus semangka dan jus lemon bisa menyegarkan wajah dan membuat kulit Anda jauh lebih kinclong serta segar. 

2. Bubuk Fenugreek
Campur bubuk fenugreek, mentimun iris dan jahe bubuk dengan mengira-ngira jumlahnya. Tumbuk hingga menjadi pasta. Lanjut dengan mengoles pada wajah. Diamkan dan bersihkan.

3. Daun Selada
Jus daun selada dan beberapa tetes air jeruk nipis bisa juga mengoptimalkan proses pengencangan kulit wajah. 

Cara pemakaian:
  1. Oleskan campuran bahan pada wajah
  2. Setelah 10 menit, bilas wajah dengan air hangat dan biasa.
  3. Simpan sisa ke dalam botol kaca, kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin untuk dipakai lain kali.

4. Kulit Jeruk
Pada buahnya sering didengungkan oleh banyak orang perihal kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Memang benar, namun buah tersebut lebih nikmat untuk dimakan. Sementara untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa memanfaatkan kulit jeruknya. Dikutip dari Lifestyle Okezone, ternyata pada kulit jeruk juga tersisa vitamin C yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah. Jadi, gunakan saja dengan rutin.

Serangkaian cara mengecilkan pori-pori wajah di atas bisa Anda tentukan mana yang paling mudah. Namun jangan berpikir  semuanya bisa diperoleh dengan cara instan. Ada proses, ada usaha, ada hasil. Yang terpenting, Anda rutin melakukan perawatan kulit agar tetap bersih dan kesehatannya terjaga.