30+ Pantangan Makanan Kolesterol yang Harus Dihindari

Pantangan Makanan Kolesterol. Kerap kali penyakit kolesterol ini selalu digandengkan dengan penyakit asam urat. Di lain sisi ada yang mengatakan bahwa faktor penyebab penyakit kolesterol dan juga asam urat ini diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi setiap harinya. 

Penyakit kolesterol memang sering kali di abaikan oleh kebanyakan orang, padalah ketika usia sudah beranjak dari 30 tahun, penyakit ini akan sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itulah mulai saat ini tetap perhatikan dengan benar kesehatan yang anda miliki. 

Pantangan Makanan Kolesterol

Pantangan Makanan Kolesterol
Kolesterol bisa menjerat siapa saja, cukup dengan menjauhi makanan pemicunya Anda akan terbebas intaiannya!
Hindari atau hentikan konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat karena menjadi pemicu terbesar meningkatknya kadar kolesterol dalam tubuh. Anda mau tahu apa saja pantangan makanan bagi penderita penyakit kolesterol? Silahkan dicermati dan catat di buku bila perlu.
  1. Daging: daging sapi, kambing dan juga daging kuda
  2. Jeroan: usus, ginjal, paru, hati dan juga limpa
  3. Ekstrak daging: dendeng dan abon
  4. Seafood: ikan teri, kepiting, tiram, cumi - cumi remis, udang, ikan sarden dan juga sotong
  5. Sayuran: buncis, daun singkong, sawi, asparagus, kol, daun pepaya dan juga jamur kuping.
  6. Makanan: semua makanan yang digoreng agar bisa dihindari  dan tidak dimakan. Baik digoreng menggunakan margin ataupun menggunakan minyak goreng.
  7. Kacang - kacangan: kacang hijau, kacang tanah, kedelai dan melinjo. Selain itu juga makanan yang terbuat dari kacang - kacangan tersebut agar dihindari.
  8. Lainnya: air kelapa, es krim, keju, kuah daging dan kaldu.
Beberapa makanan diatas merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita koleseterol ataupun asam urat. Pencegahan harus bisa Anda lakukan sedini mungkin agar terhindar dari kolesterol. Meskipun penyakit ini tampak biasa, faktanya sudah banyak yang menderita karena penyakit berbahaya ini. 

Beberapa hal bisa Anda rasakan ketika menderita kolesterol tinggi, yang pertama adalah merasakan ngilu dalam setiap persendian yang ada, sering mearasa kesemutan, jika sudah parah maka akan mengakibatkan bengkak dan juga memerah. Gejala kolesterol tersebut menyerupai asam urat. Selain itu, tatkala Anda hendak tidur beberapa titik tubuh akan terasa nyeri, begitupun juga ketika bangun. 

Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda mencoba pola hidup sehat. Awali dengan menjauhi pantangan makanan kolesterol ini. Sebab penyakit ini bsa menyiksa dan mengganggu keseharian Anda. Jika kolesterol diabaikan, maka bisa mengundang panyakit stroke yang berujung pada kematian, sudah banyak kasusnya. 
Perlu Anda ketahui juga bahwa salah satu faktor penyebab penyakit ini adalah kolesterol yang tinggi pada tubuh. Selain itu kolesterol biasanya juga berkaitan erat dengan darah tinggi, dan penyakit berstatus mengerikan lain. Hal ini terjadi karena jumlah kolesterol berlebih dapat menyumbat berbagai saluran yang ada dalam tubuh sehingga beberapa organ kemungkinan mengalami disfungsi kinerja. 

Sekali lagi penulis tekankan bahwa penyakit kolesterol ini memang awalnya biasa, namun bisa mengundang marabahaya juga petaka yang berurusan dengan nyawa. Jika Anda ingin hidup sehat hingga tua nanti, maka jangan konsumsi panganan yang berisiko bagi tubuh. Salah satu caranya dengan tidak terlalu sering mengonsumsi pantangan makanan kolesterol di atas.