-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Waktu terbaik untuk hamil yang harus kalian ketahui

Kemampuan untuk hamil tergantung pada banyak faktor seperti gaya hidup sehari-hari dan diet. Tapi Anda harus tahu penentu utama kesuburan yaitu saat ovulasi.
Waktu terbaik untuk hamil yang harus kalian ketahui

Untuk menentukan waktu terbaik untuk hamil, silakan simak tips Waktu terbaik untuk hamil yang harus kalian ketahui di bawah ini.

  1. Waktu termudah untuk hamil
Hubungan waktu sangat penting dalam konsepsi. Sperma bisa hidup selama dua sampai tiga hari, tapi telur hidup hanya 12 sampai 24 jam. Untuk meningkatkan kemungkinan pembuahan, penting untuk melakukan hubungan seks lebih dari sekali selama masa ovulasi. Cara terbaik adalah memiliki hubungan satu atau dua hari sebelum ovulasi dan mempertahankan kecepatan itu sampai tanggal ovulasi. Dengan cara ini, Anda memiliki sumber sperma sehat yang menunggu di tuba falopi saat telur dilepaskan.

Namun, sulit untuk menentukan waktu ovulasi yang tepat. Itu semua tergantung dari lamanya siklus menstruasi. Rata-rata wanita berovulasi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya, bukan di tengah siklus, seperti yang diharapkan. Jika Anda memiliki siklus 28 hari, Anda akan berovulasi di tengah siklus. Namun, jika Anda memiliki siklus 35 hari, Anda akan berovulasi sekitar tanggal 21, bukan tanggal 17.

  1. Bagaimana menentukan waktu ovulasi
Beberapa wanita menyadari waktu ovulasi karena beberapa perubahan pada tubuh namun ada juga yang tidak. Jika Anda sedang mempersiapkan kehamilan, cobalah untuk memantau siklus haid Anda selama satu atau dua bulan. Beberapa tanda ovulasi meliputi:
  • Nyeri dada

  • Merasa sedikit tidak nyaman di tengah perut

  • Meningkatnya keputihan
Suhu tubuh sedikit meningkat yang bisa Anda deteksi dengan mengukur suhu setiap pagi sebelum bangun tidur, dua hari setelah ovulasi. Anda bisa merasakan siklus ovulasi Anda jika Anda melacak grafik suhu tubuh Anda selama beberapa bulan.

Siklus menstruasi mempengaruhi kemampuan untuk hamil

Kebanyakan wanita memiliki 12 siklus setahun tapi beberapa saudara mungkin kurang dari jumlah ini, bahkan tidak satu pun. Stres, olahraga, penurunan berat badan atau kenaikan berat badan yang signifikan dapat menyebabkan interupsi dalam siklus Anda. Semakin tidak menentu untuk memprediksi waktu ovulasi. Ada kemungkinan untuk menemukan hari subur dengan melacak waktu ovulasi setiap bulannya.

Jika siklus Anda berlangsung selama 3 bulan berturut-turut, ini adalah 28 hari dalam sebulan, 21 hari pada bulan berikutnya, dan 32 hari pada bulan berikutnya. Perhatikan siklus haid selama beberapa bulan, kemudian kurangi 17 hari dari siklus terpendek dan 11 hari dari siklus terpanjang. Hari antara dua hari ini adalah hari-hari dimana Anda memiliki kemampuan untuk hamil tinggi.

Jika siklus Anda tidak rata dan lebih dari 35 hari, Anda harus mempertimbangkan dokter kandungan untuk memeriksa siklus abnormal, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), kelainan fungsional Telur, kelainan tiroid, penurunan berat badan atau prolaktin yang berlebihan (sejenis stimulus hormonal) tinggi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter