5 Gerakan Senam Ibu Hamil Untuk Permudah Persalinan

Gerakan Senam Ibu Hamil – Bagi seorang wanita hamil, menjaga kesehatan bayi dan dirinya sangatlah penting. Karena itulah daya tahan tubuh serta daya tahan bayinya harus ekstra diperhatikan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Misalnya saja menjaga asupan gizi bagi di calon buah hati dan juga melakukan senam wanita hamil. Senam hamil ini ternyata penting sekali mempersiapkan fisik dan metalnya saat persalinan nanti.

Di samping itu juga senam hamil juga dapat melemaskan otot sehingga mampu memperlancar sirkulasi darah. Nah, jika sudah begitu pasti ibu hamil akan merasa lebih segar, sehat dan juga bugar.

Namun ada juga ibu hamil yang merasa takut jika melakukan senam ini dikarenakan dapat membahayakan calon buah hatinya. Nah, untuk itulah Anda sebagai ibu hamil harus melakukannya dengan benar.

Gerakan Senam Ibu Hamil Yang Tepat

Gerakan Senam Ibu Hamil
Gerakan senam untuk ibu hamil yang mudah diterapkan
Bagaimana? Masih tetap ingin memperoleh manfaat dari senam hamil ini bukan? Berikut kami akan memberikan gerakan senam untuk ibu hamil yang dapat Anda terapkan di rumah.

1. Duduk Sila
Gerakan senam ibu hamil yang pertama dimulai dengan duduk bersila. Kemudian letakkan kedua telapak tangan Anda di depan. Jika sudah bersantailah sejenak dengan menenangkan pikiran Anda. Anda dapat melakukan gerakan ini di waktu – waktu santai Anda. Usahakan untuk melakukannya sesering mungkin. 

2. Merangkak
Gerakan senam ibu hamil yang kedua adalah gerakan dengan posisi merangkak.

Lebarkan kedua tangan Anda sesuai dengan lebar bahu. Jangan lupa untuk mensejajarkan dengan kedua kaki Anda. Jika sudah Anda tinggal melakukan langkah – langkah berikut ini :
  • Arahkan kepala Anda ke bagian bawah sampai terlihat perut Anda. Kemudian kempiskan perut Anda dan angkat perlahan perut Anda. Jangan lupa untuk sedikit mengerutkan lubang dubur Anda.
  • Kemudian angkat perlahan kepala Anda sambil menurunkan pinggang. Lakukan sambil melemaskan otot – otot panggul serta otot – otot dinding perut Anda. Anda harus melakukan gerakan kedua ini sebanyak delapan kali.

3. Merangkak dengan kepala menempel lantai
Gerakan senam ibu hamil yang ketiga adalah gerakan yang hampir sama dengan gerakan yang kedua. Hanya saja senderkan kepala Anda pada lantai. Terserah mau hadap kanan atau kiri terlebih dahulu.

Setelah itu usahakan kedua kaki Anda tetap menyangga badan untuk posisi merangkak. Jika sudah, Anda tinggal menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Anda dapat melakukannya semampu Anda. Jangan terlalu memaksakan diri jika sudah merasa lelah. 

4. Tiduran
Gerakan senam ibu hamil yang keempat adalah gerakan yang dapat Anda lakukan sambil tiduran.

Terserah Anda mau tiduran miring ataupun telentang. Gerakan ini dimulai dengan mengangkat salah satu kaki Anda. Usahakan saat mengangkatnya, tangan Anda memegang lutut pada kaki Anda. Atur nafas Anda agar Anda tetap merasa rileks.

5. Tidur Telentang
Gerakan yang kelima adalah gerakan yang diawali dengan posisi tidur secara telentang. Angkat kedua kaki Anda, dan Anda tahan pada lutut bagian belakang dengan kedua tangan Anda. Selanjutnya lakukan langkah – langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama – tama usahakan Anda untuk tetap rileks. Kemudian buka mulut Anda sambil menarik nafas dalam. Lalu tutuplah mulut Anda dan lakukan seperti Anda ingin buang air besar.
  • Lakukan gerakannya ke bawah badan serta ke depan badan. Tahan sejenak sampai Anda merasa lelah. Jika sudah lakukan lagi selama 2 sampai 4 kali dengan rentang interval 2 menit.

Nah, itulah gerakan senam untuk ibu hamil yang dapat Anda praktekkan di rumah. Selain itu juga masih banyak lagi. Usahakan Anda melakukannya dengan latihan nafas yang baik. Ini dapat menbantu Anda saat persalinan nanti.