43 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu. Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga, menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis. Rasa manis tersebut hadir karena terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang mana ketiganya juga sama memberikan rasa manis pada gula.

Sebagian besar kandungan madu adalah gula dan jumlah vitamin atau mineral lebih sedikit. Ada pula beberapa senyawa lain yang dianggap sebagai antioksidan seperti chrysin, pinobanksin, katalase dan vitamin C. Karena hanya sedikit aktivitas air membuat mikroorganisme tidak bisa berkembang dalam cairan madu.

Masyarakat luas biasa menggunakan madu sebagai selai untuk roti panggang atau digunakan pabrik untuk membuat minuman teh rasa madu. Beberapa orang juga lebih suka minum madu langsung tanpa diolah menjadi bentuk lain karena kandungan nutrisi di dalamnya bisa langsung diserap oleh tubuh.

Manfaat Madu

manfaat madu
(c) MegaHDWall

Jika Anda rutin konsumsi cairan manis ini, tentu Anda akan merasakan manfaat kesehatan dari madu, khususnya untuk memelihara kulit bagian luar. Masalah seperti jerawat, bintik hitam, kulit kering, kulit kusam, mata panda dan masih banyak lagi bisa ditangani dengan mengoleskan madu dan beberapa bahan lain.

Berikut ini manfaat madu bagi kesehatan manusia.

1. Mengurangi Gejala Alergi dan Asma
Madu merupakan agen anti-inflamasi yang merupakan obat alami untuk mengurangi gejala alergi dan asma. Di dalam tubuh madu sangat efektif menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

2. Mencegah Bakteri
Madu juga agen anti-bakteri yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri penyebab penyakit, jika digunakan sebagai obat luar alami dapat melindungi luka bakar dari serangan bakteri. Di samping itu juga menangani bekas luka akibat gigitan serangga, misalnya lebah.

3. Menurunkan Berat Badan
Di dalam madu terdapat tiga kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin, mineral dan asam amino. Ketiga bahan alami tersebut bertugas sebagai pengontrol berat badan (jika tinggi diturunkan begitupun sebaliknya) sehingga menjadikan Anda terbebas dari obesitas.

4. Obat Batuk dan Radang Tenggorokan
Untuk menyembuhkn batuk yang tak kunjung henti disertai rasa gatal pada tenggorokan Anda bisa dengan membuat teh madu yang dicampur lemon, serta air hangat. Sesudah minum teh jangan lupa juga untuk minum air putih agar senyawa pencipta rasa manis dalam madu dan lemon tidak tertinggal di tenggorokan.

5. Menjaga Fungsi Saluran Cerna
Rutin minum satu gelas susu dengan tambahan dua sendok makan madu hutan sangat baik untuk memelihara fungsi saluran cerna, terlebih jika Anda minum sebelum tidur.

6. Memberi Tambahan Energi
Jika tubuh merasa lelah karena pekerjaan yang cukup menguras tenaga, pada waktu istirahat minumlah secangkir teh madu tanpa gula. Madu merupakan penyuplai energi tambahan karena di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang cukup banyak.

Jika Anda seorang atlet, tentu sering bergerak dan tak jarang mengalami kelelahan. Glukosa alami dalam madu juga memberikan dorongan energi secara instan agar kinerja tubuh meningkat pesat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan lebih kebal terhadap infeksi bakteri penyebab penyakit jika setiap harinya Anda berikan nutrisi yang cukup. Untuk melengkapi nutrisi yang kurang, Anda dapat konsumsi madu sebagai bahan yang setiap hari wajib mengasup tubuh Anda.

8. Mengatasi Insomnia
Berdasarkan sebuah penelitian campuran antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal dapat menenangkan tubuh ketika malam hari dilanda insomnia atau asusah tidur.

9. Memelihara Kondisi Rambut
Madu memang terkenal akan khasiat bagi kesehatan rambut. Anda bisa merawat pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan menjauhi permasalahan pada rambut lain cukup dengan konsumsi madu setiap harinya.

Sementara berikut ini adalah khasiat madu untuk kecantikan:

  • Mengangkat Kotoran: Buatlah masker dari madu, kemudian biarkan selama 30 menit hingga mengering, terakhir bilas wajah Anda dengan air hangat menggunakan lap bersih. Perawatan ini bisa Anda lakukan sepulang kerja, tujuannya untuk mengangkat kotoran atau partikel debu yang menempel di area wajah.
  • Mencerahkan Kulit: Madu yang dicampurkan dengan tomat bisa dijadikan scrub untuk memutihkan kulit tangan dan kaki. Pertama Anda buat dulu madu dengan tomat yang sudah ditumbuk halus sehingga terbentuklah pasta tebal. Oleskan pada seluruh kulit tubuh (kecuali muka) dan rehat selama 15 menit agar kandungan dalam kedua bahan bekerja mengencangkan kulit, setelah itu bersihkan dan rasakan kesegaran yang dihasilkan.
  • Menghilangkan Bekas Jerawat: Madu akan membantu pembentukan kolagen yang dibutuhkan kulit agar tampak lebih muda, selain itu kolagen juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mengoleskan madu biasa ke kulit wajah secara teratur.
  • Kondisioner Rambut Alami: Gunakan campuran madu dan minyak zaitun untuk mengusap rambut sehabis keramas. Biarkan selama satu jam menempel di kulit kepala dan rambut, kemudian bersihkan dengan air dingin. Anda akan merasakan rambut berkilau dan lembut dalam sekejap.
  • Memperlambat Penuaan: Satu sendok madu sudah dapat menunda proses degeneratif kulit Anda. Jika dosis ditambahkan Anda akan membantu menghambat penuaan dengan mempertahankan kekencangan dan keelastisitasan kulit.
  • Membuat Kulit Kenyal: Jika Anda ingin memiliki kulit halus dan kenyal, cobalah mencampurkan 3 sendok air mawah dengan 1/4 gelas madu. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah selama 15 menit. Jika sudah Anda bersihkan dengan air jernih. Berkacalah dan lihat betapa cantiknya pesona Anda.
  • Melembabkan Kulit: Madu dapat mengurangi dampak negatif dari kulit yang terbakar oleh matahari. Jika Anda wanita yang sering ditugaskan bekerja di luar ruangan, sangat penting merawat kulit dengan madu sehabis kerja agar kulit tetap terjaga kesehatannya.
  • Mencuci Rambut: Anda bisa campurkan shampo yang biasa Anda gunakan dengan amdu secukupnya untuk mencuci rambut, hanya saja Anda harus membiarkan kedua bahan melekat pada rambut selama 2 jam agar kandungannya dapat mengobati rambut yang rusak.
  • Mengobati Bekas Luka Pada Wajah: Kombinasikan antara minyak almond, susu bubuk, air perasan jeruk nipis bersamaan untuk membuat masker wajah yang dapat mengobati bekas luka. Sebelum digunakan, campuran ketiga bahan tsb Anda simpan dalam lemari es selama satu minggu.
  • Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah: Madu jauh lebih baik seperti lip balm karena kehebatannya dalam melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.
  • Menjaga Kelembutan Kulit: Buat scrub dari bubuk kacang tanah, madu dan jus lemon. Gosokkan pada kulit tangan dan kaki selama 5 menit kemudian bersihkan. Kacang tanah akan bertugas mengelupas kulit, jus lemon membantu menghilangkan kotoran dan madu akan memelihara kulit tetap lembut.
  • Mengatasi Kulit Keriput Dini: Campuran antara jus bawag yang dicampur dengan madu sangat ampuh untuk mengatasi kulit keriput di usia muda.

Fungsi lain dari madu:

  1. Masker yang aman untuk kulit sensitif.
  2. Memberi kesehatan ekstra pada kulit.
  3. Dapat mengobati kurap dengan menambahkan serbuk kunyit.
  4. Jika dicampurkan dengan jus wortel dapat mempertajam daya penglihatan, dokter menyarankan untuk minum setiap pagi.
  5. Dapat mencegah osteoporosis.
  6. Merangsang peningkatan sistem kekebalan tubuh pada pasien asma yang diberikan madu sebanyak 5 - 6 kali masing-masing 1 sendok sehari.
  7. Memperpanjang usia.
  8. Mengurangi risiko kanker dan arthritis.
  9. Penghalang implantasi tumor.
  10. Membuat kulit segar dan lembab lebih lama.
  11. Dapat melawan penyakit kuning, meski belum dibenarkan sepenuhnya.
  12. Menambahkan madu pada segelas susu juga dapat meningkatkan jumlah sperma dari nol sampai tingkat kesuburan tertinggi.
  13. Stimulan seksual alami yang meningkatkan kejantanan dan kesehatan reproduksi.
  14. Dapat melawan radikal bebas karena mengandung antioksidan.
  15. Sangat efektif untuk menghilangkan selulit karena membantu memetabolisme tubuh.
  16. Meredakan nyeri pada perut yang kosong.
  17. Mengurangi risiko terhadap serangan jantung.
  18. Mengobati penyakit asam lambung.
  19. Mengatasi sakit perut.
  20. Meredakan stres.
  21. Mengatasi hiperaktif pada anak.
  22. Obat kumur untuk membersihkan kotoran dan kuman.

Karena manfaat madu sangatlah banyak membuat sebagian orang berusaha meraup untung dengan cara benar dan cara yang tidak benar. Sekarang ini banyak beredar madu palsu yang sulit untuk dikenali, maka dari itu sebelum Anda memutuskan untuk membeli madu asli, carilah referensi sebanyak-banyaknya mengenai cara membedakan antara madu asli dengan madu palsu.