-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Ketahui 27 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Selain kafein, terdapat senyawa seperti antioksidan yang menimbulkan manfaat kopi bagi kesehatan begitu banyak. Salah satunya adalah memperlambat kematian.

Kopi adalah minuman yang terbuat dari ekstraksi biji kopi yang kemudian dikeringkan dan dihaluskan dengan cara digiing agar menjadi bubuk kopi siap seduh. Penduduk Arab mempunyai kebiasaan minum kopi atau ngopi di pagi dan malam hari. Kebiasaan ini mulai ditiru oleh banyak penduduk di negara lain, termasuk Indonesia.

Di dalam kopi terdapat kafein yang diketahui memberi efek bahagia sehingga dapat menghindari stres berkepanjangan. Sebetulnya, masih terdapat ratusan senyawa lain yang pada tiap-tiapnya menghadirkan segudang manfaat kopi yang sangat penting bagi kesehatan.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat kopi bagi kesehatan
(c) Fanpop
Di bawah ini akan dituliskan daftar manfaat minum kopi secara rutin. Setiap khasiat yang diberikan tak lepas dari zat kafein, antioksidan, dan deretan senyawa lain yang bekerja di dalam tubuh.

1. Membentengi tubuh dari oksidasi
Senyawa antioksidan diketahui mampu melindungi tubuh dari proses oksidasi, yang melibatkan radikal bebas untuk merusak molekul di dalam tubuh.
Oksidasi menjadi jalan lurus yang menghantarkan Anda pada fase penuaan dan penyakit umum seperti kanker dan penyakit jantung. Tanpa sadar, radikal bebas akan membuat kulit Anda terlihat puluhan tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Memperpanjang usia
Manfaat kopi yang satu ini begitu kontroversial dan banyak mengundang perhatian peneliti. 

Beberapa studi berskala besar menunjukkan bahwa orang yang minum kopi setidaknya satu gelas tiap hari dapat hidup lebih lama daripada sebagian mereka yang tidak, bahkan sama sekali tidak pernah konsumsi kopi.

Beberapa penelitian juga memaparkan bahwa selain menurunkan risiko kematian cepat, kandungan kopi yang sarat bertindak mencegah berbagai penyakit serius yang memicu kematian.
Sebuah studi inovatif yang mana hasinya dilampirkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 2012, menyatakan bahwa dalam penelitian tersebut yang melibatkan 402.260 orang dengan usia antara 50 hingga 71 tahun memiliki risiko untuk meninggal lebih kecil karena dalam 12-13 tahun sering minum kopi secara signifikan.

3. Memberi efek bahagia
Hidup tak lepas dari masalah. Besar kecilnya sebuah masalah dapat diukur dan dilihat dari orang yang mengalaminya, antara lain stres dan depresi. Dalam kondisi ini, pikiran dan hati tidak akan sinkron sehingga tidak mampu mengontrol diri.
Pada keadaan yang demikian, Anda bisa keluar dari jebakan depresi dengan cara minum segelas kopi sambil mendengarkan musik klasik. Penelitian di Harvard menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko depresi hingga 20% dan risiko bunuh diri hingga 53% karena kopi membuat peminumnya merasa lebih bahagia.

4. Membangun energi dan kecerdasan
Kopi dapat membuat Anda terhindar dari rasa lelah sekaligus meningkatkan energi. Hal ini karena kopi mengandung kafein, yakni stimulan yang sebetulnya adalah zat psikoaktif yang sering digunakan penduduk dunia. 

Kafein yang Anda dapat dari menenggak secangkir kopi akan diserap aliran darah dan berjalan menuju otak. Ketika sampai, kafein akan memblokir inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin. Sampai proses ini, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinefrin dan hormon dopamin ditingkatkan yang keduanya membantu mengeluarkan neuron.

Efek yang dirasakan oleh manusia dari banyak percobaan terkait kinerjanya dalam otak adalah meningkatkan kewaspadaan, energi, suasana hati, memori, fungsi kognitif umum, dan membuat diri lebih cepat tanggap bila menangkap suatu kejadian.

Pada manfaat kopi nomor empat ini, awalnya berasal dari otak yang memblok Adenosin, sehingga menimbulkan efek stimulan yang dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan berbagai aspek fungsi otak.
5. Sumber antioksidan terbesar
Kopi memberi tubuh antioksidan dalam jumlah banyak. Anda bisa mencukupi kebutuhan antioksidan agar imun tubuh lebih kuat dari penyakit dengan cara memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar, terutama yang kaya antioksidan.
6. Menunjang pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme
Kelebihan berat badan bukan masalah gampang yang bisa Anda remehkan. Setiap tahun prevalensi penderita obesitas terus meningkat, kondisi ini memungkinkan penyakit serius datang menghampiri.

Banyak suplemen diet yang dijual secara komersil dengan menawarkan sederet khasiat untuk mengurangi berat badan dengan cepat tanpa harus olahraga dan melaksanakan diet. 

Tahukah Anda, kalau kafein merupakan salah satu kandungan utama yang tersodor pada berbagai produk suplemen pembakar lemak?

Kafein memang sejak lama dimasukkan ke dalam suplemen yang menunjang proses diet seseorang. Bukan tanpa alasan, para peneliti sudah membuktikan sendiri manfaat kafein dalam membantu proses penurunan berat badan.

Kebanyakan suplemen mempunyai sifat termogenik yang merangsang proses termogenesis agar mampu mengubah energi menjadi panas tubuh. Panas tubuh ini dibutuhkan untuk membantu meningkatkan proses pembakaran kalori sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

7. Menjauhi jantung dari penyakit stroke
Sebagian orang percaya bahwa kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang berpeluang menyebabkan stroke.

Asumsi tersebut benar, namun efeknya hanya 3-4 mm/Hg, angka yang sedikit dan bisa dihilangkan apabila Anda minum kopi secara teratur serta tidak melebihi batas normal.

Meski demikian, efek tersebut tetap membuntuti penderita hipertensi. Jadi perlu diingatkan bahwa efek ini bertahan pada beberapa orang, terutama yang memiliki masalah dengan tekanan darah.
Para peneliti melakukan pembuktian dengan tujuan membantah mitos yang beredar tersebut terkait peningkatan risiko penyakit jantung karena kopi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa peminum kopi ternyata memiliki risiko 20% lebih rendah terkena stroke atau gangguan jantung lain.

Jadi, meskipun kopi memungkinan terjadinya kenaikan tekanan darah, efeknya akan berkurang seiring waktu. Penikmat kopi tidak perlu khawatir akan peningkatan risiko penyakit jantung, karena sebetulnya kopi ini tidak memengaruhi organ jantung apabila teratur pengonsumsiannya.

8. Peningkatan kinerja fisik secara spontan
Kafein dapat merangsang sistem saraf yang dapat mengirim sinyal untuk memecah lemak tubuh. Kafein juga merangsang peningkatan adrenalin (epinefrin) dalam darah yang membuat tubuh siap untuk melaksanakan kerja fisik secara spontan.

Bila Anda hobi angkat beban dengan tujuan membentuk otot, alangkah baiknya minum secangkir kopi sekitar setengah jam sebelum Anda membiarkan tenaga habis untuk mengangkat besi. Dengan rutin menjalankannya, tubuh akan mendapatkan adrenalin atau pasokan tenaga lebih cepat berkat kafein yang dilepaskan oleh kopi.
9. Pecinta kopi memiliki risiko lebih rendah terhadap kanker
Manfaat kopi yang paling menakjubkan adalah menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker hati dan kanker kolorektal. 

Dalam sebuah studi yang melibatkan penikmat kopi menunjukkan bahwa mereka berisiko 40% lebih rendah terkena kanker hati. Dalam studi lain yang juga melibatkan peminum kopi menemukan adanya penurunan risiko terhadap kanker kolorektal hingga 15% pada beberapa orang yang minum 4-5 cangkir kopi per hari.

Apabila Anda tidak ingin berderai air mata karena terpajan kanker, mulai sekarang cobalah lebih intens untuk minum kopi. Sepulang kerja pasti tubuh lelah dan ingin sekali bersantai. Teman santai yang paling asyik adalah kopi. Anda bisa baca majalah sambil ngopi untuk menikmati sepi sunyi malam hari.
10. Membantu mencegah Alzheimer
Pada orang dewasa, minum kopi setiap hari dapat menunda atau menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer. Manfaat kopi ini sudah dibuktikan melalui studi besar yang dipimpin oleh Dr. Chuanhai Cao dari Universitas South Floida, bahwa terjadi penurunan risiko terhadap Alzheimer secara signifikan pada kelompok paruh baya yang minum tiga cangkir kopi perhari.

11. Melancarkan proses pengerjaan suatu hal
Kopi dapat tingkatkan kinerja otak dan fokus. Seperti pada Journal Human Psychopharmacology yang diterbitkan pada tahun 2010, dinyatakan bahwa minum kopi dengan gula dapat meningkatkan kinerja otak dan memperpanjang daya konsentrasi serta fokus seseorang. 

12. Memiliki risiko lebih rendah terhadap kanker kulit
Dalam studi yang diadakan Harvard Medical School, menunjukkan bahwa kemungkinan besar penyakit kanker kulit tidak akan mengganggu penikmat kopi karena ratusan senyawa di dalamnya akan mencegah sel basal karsinoma mengalami pertumbuhan.
13. Membantu mencegah penyakit Parkinson
Belum jelas bagaimana cara kerja kopi dalam mengurangi risiko terhadap penyakit Parkinson. Namun Republika mencatat, kafein yang terdapat dalam kopi dan teh bisa menekan atau mencegah penyakit parkinson.

14. Menurunkan risiko diabetes pada wanita
Penemuan studi pada tahun 2011 yang dilakukan UCLA mengungkap wanita yang paling sedikit meneguk tiga cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko terhadap penyakit diabetes tipe-2, hingga 56 persen.

Baca: Apa saja gejala dari diabetes mellitus?


Khasiat Minum Kopi

Khasiat minum kopi bagi kesehatan
(c) The Church of the Fridge
  • Kopi menjadi pendera tumor proximal yang identik dengan kanker kolon.
  • Seorang peneliti dari jepang melihat peningkatan memori pada seseorang yang minum kopi.
  • Dapat membersihkan hati dan usus dari limbah atau racun berbahaya dengan bantuan kafein.
  • Manfaat kopi untuk merangsang pertumbuhan rambut pria dan wanita yang mengalami kebotakan.
  • Kafein akan menjaga mata waspada saat mengemudi.
  • Kopi bermanfaat untuk mengurangi nyeri atletik pasca berolah tubuh hingga 48%.
  • Manfaat kopi untuk mengurangi kelopak mata kejang atau kedutan.
  • Kafein bisa menjaga mata dari katarak.
  • Pada pria, kopi mampu meningkatkan volume air mani dan sperma secara signifika daipada mereka yang jarang memasukkan kafein ke dalam tubuh.
  • Manfaat kopi pada pria lainnya yakni menurunkan risiko terkena DE (disfungsi ereksi).
  • Dalam sebuah studi yang melibatkan 217.883 orang, sebagian yang tergolong ke dalam pecinta kopi terhindar dari penyakit batu ginjal.
  • Kopi berkhasiat sebagai peluruh kencing dengan mengencerkan urin.

Selain rasanya yang nikmat di lidah, tubuh Anda juga merasakan manfaat kopi yang luar biasa banyaknya. Tak ada yang menyangka bahwasanya kopi merupakan minuman paling menyehatkan yang sulit ditandingi.
Sumber referensi artikel :
  • Republika Online
  • Authority Nutrition
  • Caffeine Informer
  • Sunday News

Related Posts

Subscribe Our Newsletter