22 Manfaat Buah Naga Berdasarkan Kandungan Nutrisinya

Manfaat Buah Naga. Buah naga merupakan buah dari berbagai jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Penyebaran buah ini diawali dari tanah kelahirannya yaitu Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan (USA) hingga masuk ke negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Taiwan.

Buah ini dipercaya penduduk Cina sebagai buah pembawa berkah karena di setiap ritual adat Cina selalu diletakkan antara dua ekor patung naga warna hijau yang berada di atas meja altar. Permukaan kulit yang merah mencolok kadangkala menjadi pusat perhatian sendiri, apalagi bagian hijau yang menyerupai sisik naga.

Kandungan Buah Naga

Di Indonesia, buah naga sudah tidak asing lagi namanya. Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional ataupun modern. Jika ingin mencicipi rasanya tanpa harus beli satu buah naga utuh, coba cari tukang sup buah, terkadang penjual juga memasukkan buah ini.

Di dalam 100 gram buah naga, tersimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari 60 kkal kalori, 0,53 gram protein, 0,71 gram serat, 11,5 gram karbohidrat, 134,5 mg kalsium, 0,65 mg zat besi, 87 mg fosfor, 9,4 mg vitamin C, hingga kadar air mencapai 90% telah tertanam dalam buah kaktus ini.

Manfaat Buah Naga

manfaat buah naga
(c) Alfaalfa.co.id
Bicara soal khasiat, sepertinya belum banyak yang tahu. Hal ini mungkin terjadi karena masyarakat hanya memakan buahnya saja tanpa mencari tahu ada apa dibalik kesegaran buah naga ini.

Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai manfaat buah naga:

Banyak Vitamin dan Nutrisi Penting Lain

Buah naga kaya akan kandungan vitamin yang berguna untuk menjaga kondisi kesehatan manusia. Jenis vitamin yang terdapat dalam buah ini diantaranya:

  • Vitamin C

    Kadar vitamin C dalam buah naga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh, bahkan 10 kali lipat melebihi jumlah yang diharuskan. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak menyimpan buah ini dalam lemari es agar saat makan malam bisa sekalian merasakan kesegaran buah naga dalam bentuk jus.
  • Vitamin B1

    Vitamin B1 atau thiamine yang terdapat dalam buah naga tidaklah sedikit. Jika Anda hobi makan roti gandum untuk sarapan, cobalah untuk menutupnya dengan minum jus buah naga, hal ini dimaksudkan agar vitamin B1 dalam buah naga dapat merubah karbohidrat menjadi energi yang siap digunakan untuk bekerja.
  • Vitamin B3

    Manfaat vitamin B3 atau niasin adalah sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh. Jika sewaktu-waktu Anda di beritahu oleh dokter kalau jumlah kolesterol Anda berlebih, cobalah rutin konsumsi buah naga agar nilai kolesterol yang melebihi jumlah normal dalam tubuh Anda berkurang.
  • Vitamin B12

    Fungsi vitamin B12 (riboflavin) dalam tubuh adalah menjaga sistem saraf tetap sehat dan melancarkan proses pembentukan DNA. Selain itu, riboflavin juga membantu mengatur pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

Selain keempat vitamin diatas, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga juga banyak. Berikut ini misalnya:

Serat

Berkat kandungan serat dalam buah naga, sistem pencernaan manusia jadi lebih lancar. Hal menakjubkan lain yang tubuh peroleh dari kandungan gizi berupa serat buah naga lain adalah:

  • Memperpanjang Usia

    Sebuah riset menelurkan hasil kalau rutin memenuhi kebutuhan serat harian akan memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibanding mereka yang tidak memenuhinya.
  • Menjaga Kesehatan Usus

    Konsumsi makanan yang mengandung serat cukup dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan, hal ini tentu membantu usus terhindar dari penyakit mengerikan semacam kanker usus.
  • Mencegah Diabetes

    Dilansir dari Huffington Post, diet berserat tinggi dapat menghambat proses penyerapan gula dalam darah. Hal tersebut merupakan kabar baik bagi kita, sebab risiko terserang diabetes tipe 2 menjadi lebih kecil.
  • Menurunkan Berat Badan

    Perut gendut bisa memancing penyakit, untuk itu segera turunkan berat badan agar hidup terbebas dari waspada penyakit. Anda bisa menjalankan program diet sehat serta rajin konsumsi buah naga, sebab kandungan serat di dalamnya mampu membuat perut tahan kenyang lebih lama.
  • Mencegah Serangan Jantung

    Dari hasil penelitian terdengar berita kalau mengonsumsi makanan berserat dapat memperkecil risiko terkena serangan jantung. Kabar ini semakin kuat karena para ahli mengatakan kalau serat berfungsi mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

Mineral

Dalam buah naga juga terdapat banyak mineral, seperti fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran yang berbeda, tetapi saling melengkapi sehingga setiap kekurangan akan tertutupi oleh salah satunya.

Fungsi fosfor dan kalsium:
  • Pembentuk dan memperkuat tulang.
  • Berguna bagi metabolisme pada sel aktif dalam tubuh.
  • Bersenyawa dengan P dan Mg membentuk bagian tulang yang keras.
  • Sebagai katalisator dalam darah untuk membentuk trombin dan protrombin.
  • Mempertahankan tonus dan kepekaan.
  • Pada sistem saraf sebagai transmisi saraf.
  • Zat pengaktif enzim (lipase. ATPase).
  • Mempengaruhi proses permeabilitas membran.

Protein

Protein adalah gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan mendorong proses metabolisme dalam tubuh. Secara mandiri tubuh membentuk protein, tetapi jauh lebih terbantu jika mendapat asupan protein dari makanan seperti buah naga ini.

Fungsi protein:
  1. Sumber energi tubuh.
  2. Membentuk otot, sangat cocok bagi pria yang gemar berolahraga ringan maupun berat seperti angkat besi.
  3. Bisa menjadi energi bagi orang yang menjalani diet rendah gula.
  4. Karena berfungsi sebagai zat pembangun, protein dapat membantu proses tumbuh kembang anak-anak dan remaja.
  5. Membantu tubuh mendetoksifikasi serta menetralkan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, seperti racun.

Berkat semua nutrisi itulah manfaat buah naga menjadi melimpah. Jika lidah Anda masih asing dengan rasa buah ini, coba terus