9 Manfaat Jambu Biji Untuk Obat dan Kandungannya

Manfaat Jambu Biji. Jambu biji mempunyai nama Latin Psidium guajava yang juga sering dikatakan sebagai jambu klutuk atau jambu biji. Pelahiran buah ini dikabarakan dari negeri dimana sepak bola juga lahir yaitu Brasil dan berhasil masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan di Thailand. 

manfaat jambu biji

Jambu batu atau jambu biji mempunyai rasa manis dan tak jarang ada yang masih asam. Bentuknya bulat dengan kulit berwarna hijau daun dan dagingnya mempunyai dua varian warna yaitu putih dan merah dimana terdapat biji-biji kecil yang bisa juga dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji


Terdapat puluhan nutrisi yang tersimpan dalam buah jambu biji dimana setiap nutrisi ini memegang peranan penting dalam hal menopang kesehatan tubuh manusia atau orang yang rajin mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa nutrisi yang tertanam pada buah jambu biji.

  • Kadar air yang tidak sedikit
  • Serat 
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Abu
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin A (Karoten)
  • Vitamin C (Ascorbic Acis)
  • Thiamin (Vitamin B1)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Niacin (Vitamin B3)

Dengan hadirnya sejumlah nutrisi diatas buah jambu biji bisa dikatakan sebagai buah yang kaya akan gizi. Karena hal tersebutlah banyak orang yang membudidayakan buah manis ini, sementara untuk penggunaannya sendiri tidak hanya dimakan tetapi juga diolah menjadi obat.

Manfaat Jambu Biji


Banyak penyakit yang mampu ditangkas secara perlahan oleh buah ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melawan Kanker

Biasakan pola hidup sehat setiap hari agar terhindar dari penyakit serius seperti kanker yang banyak meriwayatkan pasien meninggal dunia. Anda bisa mencegah kanker dengan cara rajin konsumsi jambu biji. Terdapat antioksidan yang mampu melakukan hal ini. Likopen pada jambu biji dikenal lebih mudah terserap tubuh dibanding tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. 

2. Obat Diare

Diare harus cepat-cepat minum obat. Obat yang dimaksud tidak melulu buatan pabrik, Anda bisa memakai metode yang lebih aman dan menyehatkan seperti minum jus jambu sehari tiga kali.

Tanaman jambu biji mempunyai sifat antibakteri, sifat inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk stop diare atau disentri. Sifat antibakteri ini tercipta karena adanya kandungan berup karetinoid, vitamin C dan potasium yang terdapat di dalamnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penderita hipertensi sering direkomensdasikan oleh dokter untuk membiasakan konsumsi makanan atau minuman yang berasal dari jambu biji dan kulit manggis. Kenapa? Karena buah ini mengandung potasium yang dikabarkan oleh hasil penelitian mampu mengobati hipertensi serta menurunkan kolesterol LDL berlebih.

4. Obat Batuk dan Flu

Cuaca ekstrim sangat rentan membuat si kecil terserang flu dan batuk. Sang ibu harus mengambil tindakan, yaitu cukup dengan memberikan jus jambu biji merah yang mana terdapat vitamin C dan zat besi yang bisa menghambat terjadinya infeksi virus flu.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah permasalahan yang sering dijumpai. Jika Anda menderita hal serupa jangan langsung minum obat, cobalah makan buah jambu biji ukuran sedang yang di dalamnya tersimpan 36 persen kebutuhan serat yang disarankan.

6. Membuat Perut Lebih Kenyang

Jambu biji bisa Anda pilih sebagai makanan pengganjal perut, karena kandungan serat, protein dan beberapa vitamin di dalamnya sangat cocok untuk menahan rasa lapar. Jika Anda sedang menjalankan program diet, buah ini sepertinya cocok untuk memberi peluang sukses dari usaha keras Anda.

7. Obat Sariawan

Sariawan terjadi karena kekurangan vitamin C ataupun minum air. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan makan buah jambu biji, disamping itu karena kandungan vitamin tersebutlah sariawan bisa diatasi dnegan buah ini.

8. Diabetes Melitus

Minum ramuan dari jambu biji yang telah direbus dan disaring airnya dipercaya mampu mengobati penyakit Diabetes Melitus.

9. Awet Muda

Antioksidan yang bekerja sama dengan vitamin A, C dan potasium dalam jambu biji mampu merawat kulit Anda tetap kencang sehingga terhindar dari penuaan dini. 

Sungguh luar biasa khasiat jambu biji yang sebelumnya mungkin belum Anda ketahui sepenuhnya. Mulai detik ini jadikan jambu biji sebagai buah meja yang siap mencuci mulut sehabis makan.