15 Cara Mengobati Sariawan Pada Anak dan Dewasa

Cara mengobati sariawan. Sariawan atau seriawan adalah benjolan pada daerah mulut yang berwarna putih kekuningan. Sariawan bukan penyakit serius, karena bisa disembuhkan dengan obat atau tidak (proses lebih lama). Kaum perempuan lebih sering mengalami sariawan dari pada pria, data ini didapat dari hasil survey.

Jumlah sariawan di mulut umumnya lebih dari satu. Keberadaannya benar-benar mengganggu, ketika tersentuh makanan pasti terasa sakit. Jika Anda mengalami sariawan yang tidak seperti biasa, secepatnya lakukan konsultasi ke dokter gigi aga mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara penyembuhannya.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah kekurangan vitamin C, biasanya lebih sering dialami oleh para wanita. Namun, drg. Natalia Astina mengatakan bahwa faktor penyebab sariawan tidak diketahui secara pasti atau hanya terlihat dari satu faktor, melainkan didukung oleh banyak faktor seperti genetik, hormon, defisiensi nutrisi, stres, rokok, obat kumur, pasta gigi, dan jarangnya melakukan perawatan mulut.

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan
(c) Mattressessale
Apabila hingga kini masalah sariawan yang Anda alami tak kunjung sembuh, berikut ini ada pilihan cara mengobati sariawan dengan melakukan perawatan dan minum obat herbal yang sudah lama membantu penderita lain yang mungkin kondisinya lebih parah dari Anda.

1. Cuka Apel
Sari buah apel diklaim sebagai tips menghilangkan sariawan yang dapat dilakukan di rumah. Penggunaan cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab sariawan mulut, namun hanya untuk orang dewasa.

Anda bisa menambahkan satu sendok cuka sari apel mentah pada setengah gelas air hangat, kemudian minum sampai habis. Cuka sari apel mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan memberi pertahanan terhadap jamur candida.


2. Yoghurt
Produk olahan susu ini dianggap sebagai obat sariawan yang reaksinya ditargetkan langsung menuju akar infeksi. Sariawan merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga Anda harus menujukan pengobatan pada titik sumber. Yoghurt dapat membunuh bakteri penyebab infeksi dalam waktu hanya dua hari.

Cara mengobati sariawan dengan yoghurt cukup mudah. Anda hanya perlu berkumur dengan yoghurt selama 30 detik. Banyaknya yoghurt yang dapat Anda konsumsi adlaah dua gelas dalam sehari, jadwalkan tiap gelas diminum dalam rentang waktu yang cukup lama (pagi dan sore).

Yoghurt yang Anda pilih tidak boleh mengandung gula karena dapat memicu pertumbuhan bakteri. 
3. Asam Borat (Boric Acid)
Asam borat adalah senyawa kimia yang mudah larut dalam air. Sejak lama senyawa ini digunakan untuk berbagai macam industri karena memiliki toksisitas yang cenderung rendah. Asam borat juga kerap dijadikan bahan pengawet dan pengering yang baik.

Asam borat mempunyai manfaat pengobatan untuk jerawat, ruam ringan, dan sariawan dengan bertindak sebagai antiseptik yang efektif membunuh virus penyebab masalah kesehatan tersebut. Penggunaan untuk mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan mencampur seperempat sendok teh asam borat ke dalam secangkir air, kemudian jadikan obat kumur (tidak untuk ditelan).
Peringatan:

Asam borat adalah senyawa kimia yang cukup berbahaya apabila tertelan, jadi usahakan agar Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan asam borat untuk menyembuhkan sariawan. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari kontraindikasi saat menjalani pengobatan lain.

4. Beberapa Jenis Minyak
Beberapa jenis minyak dari bahan alami seperti oregano, cengkeh, lavender, dan pohon teh memiliki sifat anti-infeksi yang dapat membantu meringankan sariawan pada orang dewasa. Caranya dengan menamahkan setetes minyak dari salah satu bahan alami ke pasta gigi sebelum menggosok lidah atau bagian yang terdapat sariawan. Gosok lidah Anda secara perlahan selama beberapa detik, kemudian kumur-kumur dengan air tawar.

Minyak ini juga dapat dijadikan obat kumur dengan mencampurkan beberapa tetes pada secangkir air hangat. Lamanya proses berkumur dapat Anda tentukan sendiri Sedangkan banyaknya pengobatan dalam sehari bisa Anda lakukan dua hingga tiga kali sehari.

5. Air Garam
Air garam dapat dijadikan obat kumur untuk meredakan sariawan. Anda harus menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air, kemudian berkumurlah selama beberapa kali dan buang airnya. Sehari Anda bisa mencoba perawatan sebanyak tiga kali.

6. Jaga Mulut Tetap Bersih
Mulut yang sehat harus dijaga kebersihannya, dengan begini maka masalah semacam sariawan dapat terhindarkan. Setiap dokter menyarankan dalam sehari setiap orang harus menggosok gigi minimal 2 kali, namun jangan berlebihan juga dalam pelaksanaannya.

Selain itu, sikat gigi juga harus diganti beberapa bulan sekali karena dikhawatirkan bakteri gigi masih menempel pada sikat. Pemilihan sikat dan pasta juga perlu Anda perhatikan, bila ingin mudah maka pilihlah sikat gigi elektrik.

Sediakan juga obat kumur untuk mengoptimalkan kebersihan gigi dan kesegaran mulut. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah jangan sampai Anda menggunakan satu sikat gigi dengan anggota keluarga lain, jadi peringatkan mereka untuk tidak menggunakan sikat gigi yang Anda pakai.

7. Bawang Putih
Kemampuan membunuh jamur dari bawang putih dapat Anda manfaatkan untuk membunuh jamur di mulut sebagai cara mengobati sariawan. Anda bisa menambahkan lebih banyak bawang putih pada makanan sehari-hari, dengan kata lain jumlahnya masih wajar.

8. Buatlah Obat Kumur Sendiri
Campuran sedikit garam, cuka apel, dan air hangat dapat dijadikan obat kumur yang efektif untuk memusnahkan jamur. Anda bisa berkumur dengan obat kumur buatan Anda sendiri. Ingat pula bahwa obat kumur ini harus Anda gunakan setiap hari hingga sariawan sembuh dan kempes. Cara mengobati sariawan ini termasuk perawatan rumahan yang mudah dilakukan.

9. Resep Obat Tradisional Dari Tanaman Herba
Cara mengobati sariawan secara tradisional adalah menggunakan tanaman obat herbal yang pastinya sudah dibuktikan oleh para pakar. Beberapa resep berikut ini bisa Anda gunakan.

Bahan: 15 gram tanaman adas, daun sembung, dan daun saga manis. 10 gram kunyit, dan kayu manis. 4 gelas air.

Cara mengobati sariawan: Tumbuk halus kayu manis dan tanaman adas. Rimpang kunyit diiris tipis. Masukkan semua bahan pada panci berisi 4 gelas air. Rebus sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Obat ini dapat Anda minum 2 kali sehari, lakukan berturut-turut selama 7 hari (sampai sariawan hilang).
Bahan: 1 buah alpukat dan 2 sendok makan madu.

Pemakaian: Keruk semua daging alpukat dan letakkan di dalam mangkuk. Tambahkan 2 sendok madu murni, aduk atau remas hingga tercampur. Makan daging alpukat yang sudah tercampur madu 3 kali sehari.
Bahan: 250 gram kulit anyang-anyang dan 2 gelas anggur.

Cara mengobati sariawan: Rebus kulit anyang-anyang ke dalam 2 gelas anggur sampai tersisa 1 gelas. Selagi hangat, gunakan ramuan untuk berkumur sampai habis.
Bahan: 2 sendok makan asam jawa dan 2 gelas air panas.

Pemakaian: Buat obat kumur dengan menyeduh asam jawa ke dalam 2 gelas air panas. Anda bisa mulai berkumur ketika air masih hangat atau sudah dingin.
Bahan: 2 sendok makan bubuk kulit asam jawa dan 2 gelas air panas.

Cara mengobati sariawan: Seduh bubuk kulit asam jawa ke dalam air panas, gunakan sebagai obat kumur selagi hangat.
Bahan: 15 gram herba bandotan kering beserta 3 gelas air untuk merebus.

Pemakaian: Rebus tanaman dalam 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas Abaikan beberapa menit sampai dingin, kemudian minum sekaligus.
Bahan: 3/4 genggam bunga belimbing wuluh beserta 5 gelas air.

Cara mengobati sariawan: Rebus bunga belimbing wuluh bersama air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Sesudah dingin airnya, saring dan minum 3 kali sehari per 3/4 gelas.
Bahan: 3 gram daun cermai dan 1/2 gelas air matang panas.

Pemakaian: Cuci bersih daun cermai kemudian jemur hingga kering. Tumbuk halus dan seduh dalam 1/2 gelas air panas. Aduk, biarkan dingin, minum airnya beserta ampasnya.
Bahan obat sariawan: 5 lembar daun jinten segar

Cara mengobati sariawan: Cuci bersih kelima daun, kemudian bilas dengan air matang. Daun yang sudah dibilas Anda kunyah perlahan hingga keluar airnya. Air ditelan dan ampas daun dibuang.
Bahan obat sariawan: segenggam daun kemangi segar dan 3 gelas air.

Pembuatan obat: Rebus daun kemangi sampai air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum airnya saja sampai habis.
Bahan: 15 - 30 gram akar bunga matahari muda segar beserta 4 gelas air.

Cara mengobati sariawan: Rebus akar bunga matahari ke dalam panci yang sudah dituangkan 4 gelas air. Biarkan mendidih dan saring airnya ketika sudah tersisa 2 gelas. Tunggu dingin, barulah minum air rebusan sekaligus.
Bahan: 4 lembar daun jarak wulung segar dan minyak kelapa secukupnya.

Cara meramu: Cuci bersih daun jarak dan oleskan dengan mnyak kelapa. Layukan daun di atas api. Selagi daun hangat, tempelkan pada mulut yang terdapat sariawan selama beberapa menit.
Ramuan herbal di atas didapat dari buku karangan Drs. H. Arief Hariana, seorang ahli pengobatan tradisional dari tanaman herbal karena terlahir dari keluarga yang sejak lama melakukan pengobatan dari bahan alam.

Anda bisa memilih salah satu jenis ramuan dan lakukan pengobatan secara rutin setiap hari setidaknya satu minggu hingga terlihat hasilnya. Jangan pernah menggunakan dua ramuan sekaligus karena dikhawatirkan memicu gejala lain.

10. Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan agen pembunuh jamur dan bakteri yang sangat cocok dijadikan obat sariawan untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Pengobatan bisa dilakukan di rumah, caranya pun tidak sulit sehingga siapapun bisa menjalankannya.

Pertama, Anda kumur-kumur dulu dengan air hangat. Kemudian oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian mulut, terutama yang terdapat sariawan. Diamkan selama 10 - 15 menit, kemudian kumur-kumur lagi dengan air hangat.

11. Konsumsi Makanan Sehat
Sebenarnya ini lebih mengarah pada cara mencegah sariawan, yaitu dengan meningkatkan sistem imun. Sistem imun atau kekebalan akan kuat bila tubuh endapat asupan nutrisi seimbang dan bukan kurang. Dengan tercukupinya gizi harian, imunitas akan kuat dan mampu melawan bakteri penyebab penyakit.

Ketika sariawan, perbanyak asupan buah atau sayur yang tinggi vitamin seperti jeruk dan apel. Kandungan vitamin di dalamnya dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Anda juga harus memperhatikan pola hidup sehat, seperti melaksanakan olahraga rutin tiap hari.

Dengan membudadayakan pola makan dan hidup yang sehat serta seimbang, Anda akan berada pada puncak di mana tubuh benar-benar sehat dan kebal dari penyakit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika kedatangan tamu berupa penyakit, karena mereka sudah diusir terlebih dahulu oleh imun tubuh.

12. Minyak Jarak (Kastor) dan Susu Hangat
Para ahli merekomendasi cara mengobati sariawan secara tradisional dengan menggabungkan khasiat minyak jarak dan susu hangat. Caranya dengan meneteskan atau menambah satu sendok makan minyak jarak atau kastor ke dalam secangkir susu hangat sebelum tidur malam.

Pengobatan ini bisa Anda lakukan selama minimal satu minggu meski pada hari kedua atau ketiga sariawan sudah hilang. Tujuannya pertama untuk menjaga kelembaban bibir dan mencegah sisa bakteri penyebab sariawan berkembang lagi yang nanti memicu sariawan timbul kembali.

13. Kurangi Asupan Gula
Mengurangi bukan berarti tidak mengonsumsi sama sekali. Anda hanya perlu membatasi konsumsi gula harian dari makanan atau minuman jenis apapun. Hal ini juga membantu proses kimiawi dari obat sariawan yang sudah Anda gunakan.

Alasannya karena gula merupakan makanan yang disukai oleh jamur dan mempunyai efek kontra pada obat anti-infeksi. Gula hanya memperburuk keadaan mulut, seperti gigi menjadi berlubang. Selain itu, berlebihan konsumsi gula juga meningkatkan kadar gula dalam darah yang memicu diabetes.

14. Baking Soda
Bubuk ini memiliki kehebatan dalam menumpas berbagai masalah kesehatan yang kaitannya erat dengan infeksi bakteri. Pasalnya, baking soda mengandung sifat anti-bakteri yang sangat cocok digunakan untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang hidup di dalam tubuh, seperti jamur candida penyebab sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan baking soda bisa diawali dengan mencampur 10 ml air dengan 1 sendok teh baking soda, kemudian aduk hingga berbentuk pasta. Poles pasta obat pada seluruh area mulut, kemudian diamkan sampai mengering, baru dibersihkan dengan cara berkumur.

Baking soda juga cocok dijadikan obat sariawan untuk anak bayi karena tidak memberi efek samping yang membahayakan. Tapi perlu Anda ingat bahwa sebagian anak mempunyai tingkat sensitifitas yang berbeda, jadi jangan salah dalam perawatannya. Jika Anda ingin menerapkannya pada anak, lakukanlah setelah memberi ASI.

15. Ekstrak Biji Anggur
Anda juga bisa menerapkan ekstrak biji anggur untuk mengatasi sariawan, karena bahan ini mengandung senyawa yang bersifat anti-mikroba untuk membasmi jamur, bakteri, virus, maupun parasit. Cara mengobati sariawan ini bisa ditujukan untuk anak bayi di atas satu tahun.

Pertama-tama, campurkan 10 tetes ekstrak biji anggur dengan 30 ml air destilasi. Kemudian oleskan ke mulut yang terdapat sariawan dengan kapas sesekali setiap jam. Jika sariawan tidak kunjung sembuh, Anda bisa menambahkan tetesan ekstrak biji anggur hingga 15 - 20 tetes.


Sariawan sebetulnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati. Tetapi prosesnya akan memakan waktu, terlebih jika setiap hari Anda kurang memberi asupan cairan untuk menyeret bakteri ke dalam pencernaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membantu mempercepat proses penyembuhan dengan melaksanakan cara mengobati sariawan di atas. Semua tips tersebut bisa Anda jalankan beberapa secara bersamaan, namun tidak untuk pengonsumsian obat herbal berdasarkan resep yang sudah dituliskan diatas. Hal ini berlaku untuk semua orang karena ditakutkan akan memberi efek samping yang mengerikan.

Jika Anda lebih menyukai cara mengobati sariawan dengan bantuan obat pabrik, lakukan secara rutin berdasar prosedur yang tertera dibalik kemasan. Jangan pernah lupa untuk terus memperhatikan perkembangan karena tidak menutup kemungkinan timbul penyakit yang mengancam dengan gejala berupa sariawan.