11 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Vitamin C. Vitamin C adalah jenis vitamin yang larut dalam air dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Setiap orang berbeda kebutuhan, tergantung usia dan kebiasaan hidup. Pada orang yang sejatinya melekat dengan kebiasaan merokok, konsumsi alkohol atau obat tertentu, serta tak lepas dari keseringan minum kopi. Vitamin C hilang sekitar 25% dari dalam darah akibat kebiasaan-kebiasaan tersebut, terutama merokok.

Perlu diketahui, peran vitamin C di dalam tubuh sangatlah vital. Vitamin C dibutuhkan untuk menjaga keutuhan kolagen, yakni semacam protein penghubung semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan serta jaringan lain di tubuh manusia. Keutuhan struktur kolagen dapat menyembuhkan patah tulang, memar, dan luka ringan.

Fungsi vitamin C lain misalnya menunjang penyerapan zat besi dan memperkuat konsentrasi. Sifatnya yang sebagai anti-oksidan berguna untuk menetralkan radikal bebas. Vitamin C atau asam askorbat mempunyai reaksi pencahar, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan pembuangan kotoran atau feses dari tubuh.

Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Selain manfaat vitamin C di atas, masih terdapat banyak kegunaan dari vitamin yang disebut-sebut sangat efektif menyembuhkan sariawan ini. Seperti dari laporan hasil penelitian di Institut Teknologi Massachusetts, bahwasanya vitamin C dapat menangkal zat nirit dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu aktifnya sel kanker. Lebih lengkapnya, silahkan Anda baca khasiat dari vitamin C berikut.

1. Imunitas
Hal menarik yang identik dengan vitamin C adalah kemampuannya menjaga tubuh dari serangan penyakit dengan cara meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap virus. Tidak heran bila kebanyakan suplemen penambah daya tahan tubuh, khususnya untuk anak-anak, kebanyakan terbuat dari vitamin C.

2. Menurunkan Demam Ringan
Vitamin C dapat menurunkan gejala demam dan flu yang secara alami bertindak sebagai anti-histamin yang dibutuhkan oleh penderita agar cepat sembuh. Ada baiknya untuk konsumsi vitamin C ketika sakit dengan membuatnya sendiri, misalnya memeras jeruk dan membuatnya menjadi jus untuk diminum.

3. Anti-oksidan
Kekuatan sifat antioksidan pada vitamin C dapat menjaga tubuh dari radikal bebas penyebab stres oksidatif yang pada akhirnya berujung pada sejumlah kondisi meris berbahaya seperti aterosklerosis, yakni jalan picu penyakit jantung dan stroke.

4. Berguna untuk Penderita Hipertensi
Hipertensi adalah keadaan dimana tubuh mengalami kenaikan tekanan darah. Upaya yang bisa dilakukan adalah konsumsi makanan penurun tekanan darah serta tindakan yang tidak memberi sinyal terhadap penyebab naiknya tekanan darah. Salah satu makanan yang dapat menurunkan tekanan darah adalah yang kaya vitamin C.

5. Menurunkan Berat Badan
Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C menjadi kebutuhan penting setiap orang dengan kelebihan berat badan. Para pakar kesehatan di bidang diet dan gizi sering memaparkan bahwa buah dan sayur dengan kandungan tinggi vitamin C dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

6. Mencegah Katarak
Defisiensi vitamin C dapat mengurangi daya lihat mata serta kesehatannya. Tak jarang jika kondisi tersebut lama dibiarkan berakhir pada mata buram dan katarak, terutama untuk orang dewasa. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C secara normal (1000 mg perhari), kesehatan mata akan kokoh kembali.

7. Melindungi dari Kanker
Terlepas dari hasil penelitian di ITM. Sifat antioksidan pada vitamin C dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan melindungi tubuh dari serangan kanker dalam jangka panjang. Karena di sisi lain vitamin C juga bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka risiko terkena semua jenis kanker seperti paru-paru, mulut, tenggorokan, usus besar, perut, dan oesophagus akan berkurang. 

8. Meningkatkan Energi
Vitamin C dapat mendukung fungsi adrenalin untuk meningkatkan metabolisme energi. Selain itu, asam askorbat juga membantu proses penciptaan hormon dopamin pada otak dalam sistem saraf yang berguan untuk merekam aktivitas yang menjadi kesukaan.

9. Mencegah Penyakit Jantung
Sudah dijelaskan sebelumnya. Vitamin C dapat menetralkan radikal bebas yang memicu penyakit jantung. Kehebatan lain yang ditunjukkan adalah mencegah terjadinya kerusakan dinding-dinding arteri pemicu pembentukan plak.

10. Mencegah dan Mengobati Diabetes
Pada penderita diabetes, sangat baik untuk meningkatkan konsumsi makanan yang sarat vitamin C. Dijelaskan bahwa vitamin C membantu mengatur kadar gula darah sehingga risiko diabetes ataupun yang sudah ada akan berkurang, paling tidak meminimalisir komplikasi.

11. Mencegah Asma
Kekurangan asupan vitamin C berkontribusi menyebabkan asma. Penyakit yang tidak bisa dianggap sepele ini harus ditangani dengan optimal, salah satunya dengan mengganti histamin dengan vitamin C.

***

Sumber makanan vitamin C adalah jeruk, blewah, paprika, kubis, jambu biji, cabai, kiwi, stroberi, dan pepaya. Konsumsilah sesuai anjuran, jangan berlebihan meskipun kondisi tubuh Anda sedang tidak fit (ada baiknya ke dokter saja untuk melakukan pemeriksaan).

***

Meski banyak manfaat vitamin C seperti yang tertulis di atas, jangan Anda kira bahwa banyak mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin C baik bila terus mengasup tubuh. Dosis ideal untuk memberi asupan vitamin C pada tubuh adalah 500 mg setiap harinya.