Kenali 12 Gejala Penyakit Jantung Ini

Gejala penyakit jantung. Penyakit jantung atau serangan jantung secara tidak langsung dianggap orang awam sebagai gangguan kesehatan yang sama. Sebetulnya, di dalam dunia medis, kedua masalah tersebut berbeda. Penyakit jantung adalah ketidak mampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, serangan jantung adalah penyumbatan atau penyusutan pembuluh darah ke jantung, yang mengedarkan darah dengan mengangkut sari makanan dan oksigen. Serangan jantung dikatakan sangat berbahaya, karena dilihat dari rekam jejak penderita serangan jantung selalu berakhir pada kematian.

Meskipun begitu, penyakit jantung bukan masalah yang patut dianggap ringan. Di Amerika Serikat, penyakit jantung adalah pembunuh No. 1 bagi penderita, baik laki-laki maupun perempuan. Mencapai lebih dari 40% dari semua kematian di AS terjadi karena penyakit jantung. Itu lebih besar dari penyakit kanker, meski digabungkan.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung cukup sulit untuk dikenali atau dipahami, dokter mengingatkan kepada semua orang untuk tidak mengabaikan segala sesuatu yang dianggap sebagai tanda-tanda atau sinyal peringatan yang diberikan oleh tubuh, bersegeralah lakukan konsultasi pada tenaga medis yang sudah berpengalaman.

Apabila Anda ingin tahu lebih dini mengenai gejala awal penyakit jantung, berikut ini telah saya tuliskan gejala penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan, sesuai dengan artikel yang diterbitkan dalam halaman WebMD.

1 | Mudah lelah (fatigue)
Calon pengidap infark miokardial akan lebih sering mengalami gejala ini, tubuh seakan tidak berdaya dipakai untuk bekerja. Karena ketidak tahuan, mungkin calon pengidap akan mengira bahwa tubuhnya hanya kurang istirahat. Sebetulnya, persepsi tersebut bisa dikatakan benar. Namun, jika kelelahan yang dialami terasa ekstrim, kemungkinan besar merupakan gejala dari serangan jantung. 

Sebetulnya ada cara untuk mengenali apakah rasa lelah atau letih yang Anda alami terjadi karena alasan lain, maksudnya keletihan ini tidak selalu bersangkutan dengan gangguan kesehatan jantung. 

Pertama-tama, coba kurangi waktu kerja Anda, jika dirasa kurang berhasil, kurangi waktu dan beban pekerjaan Anda. Apabila masih belum berhasil, coba istirahat total beberapa hari, dan bila hasilnya belum terlihat, cepat-cepat periksakan diri ke dokter.

2 | Cemas
Penyakit jantung membuat penderita merasakan kecemasan akan hal-hal yang membuat dirinya masuk ke jurang kematian, lebih intens mengalami ketakutan. Berhasil pulih dari penyakit jantung membuat bekas penderita beranggapan bahwa dirinya telah lolos dari kematian.

3 | Nyeri dada
Gejala paling umum dari serangan jantung adalah nyeri di bagian dada. Setiap kali seseorang merasa sakit di bagian dada, pasti terlintas di pikirannya bahwa itu adalah gejala serangan jantung. Namun meskipun benar, tidak semua nyeri dada berhubungan dengan gangguan kesehatan organ jantung.

4 | Batuk berdarah
Batuk berdarah yang disertai darah tergolong dalam tanda-tanda menderita gagal jantung, akibat terjadi akumulasi cairan di dalam paru-paru. Jika Anda selama ini merasa sehat, kemudian suatu hari mengalami batuk berdarah untuk perta kalinya, bergegaslah ke dokter untuk memeriksakan kondisi jantung Anda.

5 | Gangguan tidur
Kesulitan tidur juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Hal ini dilihat berdasarkan hasil survey dari sejumlah wanita, yang mana 50% mengalami gangguan tidur pada beberapa hari sebelum positif mengidap serangan jantung.

6 | Pusing dan pingsan
Serangan jantung membuat penderita beberapa kali merasakan pusing dan bahkan tidak jarang diakhiri dengan pingsan akibat kehilangan kesadaran. Ini terjadi karena denyut jantung yang abnormal atau aliran darah tidak optimal atau bisa juga dikarenakan kemampuan memompa darah yang buruk.

7 | Sesak napas
Sama halnya seperti nyeri dada, sesak napas juga selalu hadir beberapa hari sebelum seseorang divonis dokter mengidap penyakit jantung. Sesak napas terjadi karena rongga udara di dalam paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner) kemasukan cairan.

8 | Mual dan nafsu makan terganggu
Oleh karenanya terjadi pembengkakan pada perut, hal ini membuat penderita mengalami kurang nafsu makan, dan bahkan lebih sering merasakan mual (ingin muntah). Gejala penyakit jantung ini merupakan ciri-ciri penderita dilihat secara fisik.

9 | Denyut jantung tidak teratur
Dokter mengatakan bahwa terjadi suatu masalah yang cukup mengkhawatirkan apabila terjadi ketidakaturan denyut atau detak jantung. Terlebih apabila disertai dengan sesak napas, kelelahan, pusing, ataupun lemah. Itu merupakan bukti kuat dari serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia. Jika tidak diobati dengan segera, dapat membuat penderita mengidap stroke dan bahkan mengalami kematian mendadak.

10 | Keringat dingin
Anda pasti sudah pernah merasakan keringat dingin, biasanya ketika menahan rasa ingin BAB ataupun ketika gugup sebelum tampil di depan umum. Keluarnya keringat dingin ini sebetulnya termasuk salah satu gejala umum dari serangan jantung, namun jarang disadari. Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu tubuh Anda mengeluarkan keringat dingin tanpa suatu alasan, alangkah baiknya Anda periksa ke dokter.

11 | Pembengkakan di beberapa bagian tubuh
Gagal jantung bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh. Dampaknya yaitu beberapa tubuh seperti kaki, pergelangan kaki, atau perut mengalami pembengkakan. Karena itu juga terjadi kenaikan berat badan yang disertai kehilangan nafsu makan.

12 | Nyeri di selain bagian dada
Tadi telah disebutkan salah satu gejala penyakit jantung adalah nyeri dada. Dalam kasus lain, ada juga yang melaporkan bahwa rasa nyeri menyebar ke area bahu, lengan, siku, leher, punggung, perut, dan atau bahkan hingga ke rahang (tenggorokan). Meski demikian, rasa nyeri pada bagian tubuh selain dada hanya terjadi beberapa saat, mudah datang dan pergi.

Begitulah gejala penyakit jantung yang patut Anda ketahui, waspadai, dan kalau bisa jangan sampai diabaikan. Mengetahui penyakit jantung ini adalah pembunuh nomor satu di dunia, sudah sewajarnya Anda lebih waspada jika sewaktu-waktu merasakan salah satu gangguan kesehatan ini.