Obat Radang Tenggorokan Tradisional Yang Mujarab

Obat radang tenggorokan (faringitis) tradisional yang terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit radang tenggorokan karena virus atau bakteri serta lemahnya daya tahan tubuh.

Obat Radang Tenggorokan atau Faringitis

Apa itu Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis) adalah gangguan penyakit peradangan pada bagian tenggorokan ataupun faring (hulu tenggorokan) yang kemungkinan menjadi indikator adanya permasalahan pada saluran pernapasan. Kondisi ini akan membuat penderita mengalami iritasi, suara serak, batul, tenggorokan gatal dan ketika menelan akan terasa sakit saat melewati tenggorokan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Ada dua, pertama disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan penyebab non-infeksi seperti alergi, GERD, iritan, dan tumor.

Infeksi virus yang mengakibatkan rasa sakit pada tenggorokan meliputi:
  • Common cold
  • Flu (influenza)
  • Mononucleosis (mono)
  • Croup (biasa menginfeksi anak dengan tanda batuk keras dan menggonggong)

Adapun bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan seperti:
  • Strepococcus pyogenes.
  • Batuk rejan, infeksi yang dapat menular pada saluran pernapasan.
  • Difteri, penyakit serius yang sering terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Sementara penyebab non-infeksi nya bisa karena alergi terhadap debu, tenggorokan yang kekurangan cairan sehingga mengalami dehidrasi, iritasi di bagian tenggorokan disebabkan oleh makanan yang digoreng seperti keripik, GERD (Gastroesophageal reflux disease), tumor atau kanker (masih jarang), dan terinfeksi infeksi virus HIV.

Obat Radang Tenggorokan

Jika Anda sudah sering mengalami sakit tenggorokan, tentu Anda sering dengan cara mengobati radang tenggorokan dengan obat tradisional bukan? Berikut ini contoh disertai resep pembuatannya.

Daun Ki Tolod
Bahan: 3 lembar daun ki tolod dan 2 gelas air bersih.
Cara pembuatan: Bersihkan daun ki tolod menggunakan air jernih (dialiri), kemudian rebus dalam 2 gelas air bersih sampai mendidih dan usahakan agar air tersisa 1 gelas. Jika sudah dingin, saring airnya kemudian minum obat sakit tenggorokan ini sehari 2 kali (pagi dan sore) sampai mereda.

Tanaman Baru Cina
Bahan: Tanaman baru cina segar secukupnya.
Cara pembuatan: Hancurkan tanaman baru cina segar dengan cara ditumbuk sampai agak halus. Peras daun sampai air yang dikeluarkan mencapai 1/2 cangkir ukuran sedang. Minum air perasan sampai habis. Waktu yang dianjurkan untuk menjalani pengobatan adalah 2 kali sehari dengan dosis yang sama hingga radang tenggorokan sembuh.

Belimbing 
Bahan: 100 - 120 gram belimbing manis segar.
Cara pengolahan: Blender semua buah belimbing sampai halur, gunakan kain untuk menyaring, tampung air dalam gelas. Kemudian minum air perasan yang merupakan obat radang tenggorokan tradisional ini sampai habis.

Tanaman Ciplukan
Bahan: 10 - 15 gram tanaman ciplukan dan 4 cangkir air.
Cara peracikan: Rebus tanaman ciplukan dalam tempat berisi 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Tunggu agak dingin, kemudian minum sehari 2 kali masing-masing 1 gelas.

Getah Jeruk Nipis
Bahan: Getah bening jeruk nipis dan garam secukupnya.
Cara meramu: Getah bening yang berada di wadah tambahkan dengan garam secukupnya, kemudian aduk dan minum airnya sampai habis.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mempercepat proses penyembuhan.

Makan Sup Ayam
Radang tenggorokan akan membuat Anda tersiksa untuk makan karena saat menelan akan terasa sakit. Tapi tidak jika Anda konsumsi sup ayam yang kuahnya hangat. Ketika sakit tenggorokan hirup kuah sup hangat sampai habis, ini sama halnya dengan mengobati sekaligus menutrisi tubuh.

Teh Jahe
Seduhlah teh jahe jika di rumah Anda ada warung yang menjualnya. Tetapi jika tidak ada atau masih sangat jarang, buat sendiri saja. Caranya dengan menggepengkan satu inci potong jahe kemudian rebus selama dua menit. Tearkhir, campurkan teh tanpa rasa yang sudah Anda buat sebelumnya.

Jeruk Nipis dan Kecap
Sebenarnya obat ini juga cocok untuk batuk, Anda hanya perlu menuangkan air perasan jeruk nipis secukupnya pada sendok makan dan tambahkan sedikit kecap. Aduk dengan sedotan, kemudian minum.

Konsumsi Bawng Putih
Dengan mengunyah bawang putih mentah dapat membantu meringankan peradangan dan menyembuhkan secara perlahan. Pada bawang putih terdapat senyawa allicin yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, oleh sebab itu rempah ini juga cocok dijadikan obat tradisional.

Setelah Anda mencoba obat radang tenggorokan tradisional yang terakhir Anda hanya perlu memperbanyak minum air putih agar tenggorokan dan mulut tetap lembab. Selain itu hindari rokok dan alkohol agar tidak berakibat fatal.