Obat Sakit Maag Serta Penyebab, Gejala dan Pencegahan

Obat Sakit Maag. Maag adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang lambung karena terdapatnya luka sehingga membuat penderita sering merasakan mulas, sakit, bahkan perih pada bagian perut. Penyakit ini biasanya kambuh ketika penderita telat makan atau berolahraga dalam waktu yang lama dengan perut yang kosong.

Jenis Penyakit Maag

Obat Sakit Maag

Dalam dunia kesehatan, penyakit maag sendiri terbagi menjadi dua jenis:

Maag Akut

Peradangan akut pada lambung yang terjadi akibat dipengaruhi oleh mikroorganisme dan zat asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh. Penyakit maag akut tidak dapat dikenali penyebabnya, tetapi bisa terjadi kapan saja.

Maag Kronis

Maag yang gejala dan akibatnya sudah parah, untuk meringankan rasa sakit dan dalam berupaya mencari solusi penyembuhan sangat diperlukan tangan dokter spesialis lambung. Bagi penderita maag yang intensitasnya parah, bisa berujung kematian.

Penyebab Sakit Maag

Penyebabnya bisa karena penderita hidup di bawah tekanan sehingga stres, pola makan yang tidak teratur, lambung terserang mikroorganisme yang merugikan seperti Helycobacter pylori, kemudian konsumsi alkohol berlebihan, dan kurangnya waktu istirahat. Dapat juga terjadi akibat makan dengan porsi yang terlalu banyak.

Nyeri lambung juga disebabkan oleh seringnya konsumsi coklat, makanan tidak sehat (berminyak dan berlemak), saus tomat, dan buah-buahan dengan rasa terlalu asam. Minum-minuman seperti teh, kopi, dan minuman lain yang mengandung kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES) sehingga menyebabkan naiknya gas dalam lambung ke kerongkongan (refluks).

Penderita maag juga identik dengan kebiasaan merokok dan minum-minuman keras seperti bir. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat di sekitar perut juga memicu dorongan makanan menuju katup LES. Maka dari itu ketika menggunakan ikat pinggang jangan terlalu kencang agar perut tidak tertekan.

Gejala Sakit Maag

Penyakit tukak lambung terkadang timbul dengan tanda-tanda seperti berikut.
  • Saat buang air besar, kotoran yang melewati lubang bokong akan terasa sakit.
  • Perut kembung akibat terisi penuh dengan minuman bersoda yang menciptakan gas dalam perut.
  • Sering merasa lapar sebab waktu makan yang tidak teratur.
  • Ketika sakit demam, biasa disertai mual dan muntah dengan jarak waktu cukup singkat.
  • Sering bersendawa merupakan gejala sakit maag paling umum.

Obat Sakit Maag

Penderita maag harus rutin menjalani pengobatan agar penyakit yang dialaminya dapat disembuhkan. Sebagian penderita yang hidup di perkotaan lebih mengandalkan dokter dan resep obat darinya. Beda halnya dengan penduduk desa yang lebih percaya ramuan obat maag tradisional dari tabib atau ahli pengobatan herbal.

Memang keduanya sama-sama mempunyai kelebihan maupun kekurangan, tetapi pada intinya tetap satu tujuan, yaitu menyembuhkan penyakit maag.

Perlu Anda ketahui, maag merupakan penyakit yang bisa disembuhkan, tetapi tidak bisa pulih total. Maag adalah penyakit yang bisa kambuh apabila penderita makan dengan tidak teratur, keseringan minum-minuman bersoda, atau hal pemicu lain.

Maka dari itu langkah awal yang harus Anda jalani adalah mencegah agar radang lambung tidak kambuh. Caranya dengan makan teratur, cukupi waktu istirahat, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, hindari jajan makanan sembarangan dan jalani pola hidup sehat lainnya.

Para dokter biasanya memberikan obat-obatan seperti antasida guna menetralisir asam lambung dan mengurangi rasa perih pada perut. Atau seringkali memberikan penderita obat anti sekretorik dengan tujuan membantu menekan sekresi asam lambung.

Sementara para ahli pengobatan herbal lebih percaya terhadap tumbuhan atau tanaman yang tumbuh subuh dari alam bebas, berikut ini contoh obat sakit maag tradisional yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

1. Daun Alpukat
Bahan: Segelas air panas dan daun alpukat kering secukupnya.
Pembuatan: Rajang hingga kecil-kecil daun alpukat yang sudah dibersihkan, kemudian tuang satu sendok teh tawar dan seduh dalam segelas air paans. Beri gula secukupnya kemudian aduk sampai gula larut. Minum ramuan herbal ini selagi hangat.

2. Akar Bunga Matahari
Bahan: 10 gram tanaman adas dan biji ketumbar. Kemudian 30 gram akar bunga matahari, 5 buah kapulaga beserta 500 cc air.
Pembuatan: Rebus semua bahan obat dalam 500 cc air dan tersisa 250 cc. Saring airnya kemudian minum ramuan obat ini sehari satu kali satu gelas saja.

3. Akar Daruju kering
Bahan: 40 - 60 gram akar daruju kering dan 3 gelas air matang.
Pembuatan: Rebus semua akar daruju kering dalam panci tertuangkan 3 gelas air, kemudian biarkan tersisa 1 gelas. Tunggu ramuan sedikit dingin, baru minum sekaligus.

4. Kasingat Kering
Bahan: 10 - 15 gram tanaman kasingat kering dan 4 gelas air.
Pembuatan: Rebus tanaman tsb dalam 4 gelas air sampai menyisakan setengahnya (2 gelas). Tunggu dingin, saring dan minum obat 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Akar Karet Kebo
Bahan: 50 gram akar karet kebo dan 3 gelas air jernih.
Pembuatan: Rebus akar tanaman karet kebo bersama 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan dengan cara dibiarkan beberapa saat, kemudian minum sekaligus 2 kali sehari masing-masing satu gelas.

6. Tanaman Jombang
Bahan: 1 sendok arak beras, 15 gram tanaman jombang segar dan 3 gelas air.
Pembuatan: Cuci terlebih dahulu tanaman jombang dengan air jernih, kemudian rebuslah dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan 1 sendok makan arak beras, atur jumlah obat hingga bisa diminum untuk 3 kali dalam sehari sesudah makan.

7. Bubuk Temu Putih
Bahan: 1 1/2 sendok teh bubuk temu putih.
Pengobatan: Masukkan 1 1/2 sendok teh bubuk temu putih dalam air hangat secukupnya, kemudian aduk dan minum sebelum makan. Lakukan rutin 3 kali dalam sehari.

Itulah beberapa ramuan herbal untuk mengatasi sakit maag secara berangsur. Karena tadi telah dijelaskan bahwa maag merupakan penyakit yang tidak bisa sembuh total, Anda yang mungkin menderita gangguan ini sangat wajib memperhatikan kebiasaan hidup dan menjauhi hal-hal yang mempengaruhi kesehatan lambung.