Cara Eksfoliasi Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Cara Melakukan Eksfoliasi Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati. Kulit merupakan organ tubuh terbesar dan terluar yang memiliki beban kerja cukup berat. Setiap detiknya, kulit yang bertugas sebagai pembungkus organ dalam harus menjaga segala sesuatu yang berada di bawah lapisannya. Ancaman seperti sinar matahari, angin, polusi, kuman, dan partikel debu menjadi makanan sehari-hari untuk kulit. Dikarenakan kulit mendapati banyak serangan dari luar, maka tidak jarang kita mendapati masalah kulit kering, kusam, dan tampak pucat. Ada cara mudah untuk mengembalikan keremajaan kulit, yaitu dengan melakuka eksfoliasi.

Apa itu Eksfoliasi? 

Sederhananya, eksfoliasi adalah proses yang bertujuan untuk mengangkat, menghilangkan, ataupun mengelupas sel-sel kulit mati yang berada di lapisan kulit terluar. Tujuan utama dari eksfoliasi adalah untuk memperoleh sel kulit baru yang lebih sehat dan segar, sehingga membuat kulit lebih bercahaya dan awet muda. Melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membantu menjaga kulit terjaga kesegarannya. Eksfoliasi bisa untuk bagian kulit pada wajah, lengan, tengkuk, maupun kaki.

Ada sedikit perbedaan ketika melakukan eksfoliasi. Seperti untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, maka alat atau produk yang digunakan tidak akan sama atau tidak seperti yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit kaki. Bila Anda belum pernah sekalipun melakukan eksfoliasi, maka mulai sekarang sebaiknya mencoba perawatan ini, mudah dan praktis. 

Ada banyak sekali pilihan produk, mulai dari cleansers hingga produk body washes yang dipakai sebagai scrub, kesemuanya tetap ditujukan untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Anda harus memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda, sebaiknya minta bimbingan dari seorang ahli kecantikan. Berkonsultasi dan mintalah saran darinya. Katakan bahwa Anda ingin menciptakan aset berharga di masa depan, yaitu kulit yang cerah dan bersinar.

Manfaat dan Cara Eksfoliasi Kulit Wajah dan Tubuh

Manfaat dan Cara Eksfoliasi Kulit Wajah dan Tubuh


Untuk mengetahui apa keuntungan yang didapat dan bagaimana cara melakukan eksfoliasi, teruslah membaca artikel ini hingga selesai.

Keuntungan Serta Manfaat Dari Eksfoliasi

Anda pasti pernah mengalami kapalan atau kulit pecah-pecah akibat seharian bagian kulit telapak kaki Anda mendapatkan tekanan setiap kali melangkah –berjalan-, kemudian sesampainya di rumah untuk istirahat, Anda melakukan perawatan ringan untuk menghilangkan kapalan pada bagain tumit. Yang biasa dilakukan adalah mengambil scrub kepunyaan Anda, kemudian Anda usapkan pada tumit sembari digosok dengan batu apung. Setelah beberapa saat, kulit tumit mulai terasa halus lagi.

Mungkin seperti itulah manfaat yang akan Anda peroleh bila melakukan eksfoliasi. Meski pada praktiknya tidak menggunakan batu apung untuk menggosok wajah. Bila melakukannya secara teratur, jelas sangat menguntungkan. Dalam seminggu, Anda bisa melakukannya sekali atau dua kali, dan ulangi pada minggu-minggu berikutnya. Rutinitas perawatan akan membuahkan hasil kulit yang meremaja. 


Ada dua jenis eksfoliasi: physical dan chemical eksfoliasi.

Physical Exfoliation

Eksfoliasi fisik akan melibatkan benda, alat, atau bahan herbal yang dipakai untuk mengelupas kulit. Seperti penggunaan cangkang kerang yang kasar dan bila digosokkan secara kasar justru bisa membuat kulit luka dan rusak. Ada pula yang menggunakan bantuan bahan herbal seperti scrub dari buah aprikot yang lembut di kulit.

Chemical Exfoliation

Eksfoliasi kimia melibatkan penggunaan bahan kimia seperti Alpha Hydroxyl Acids (AHAs) dan Beta Hydroxyl Acids (BHA). Jenis pengelupasan kulit ini lebih dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan jerawat maupun bekasnya. Eksfoliasi dengan bahan kimia juga dikenal sebagai mikrodermabrasi yang berguna untuk menghilangkan keloid

Proses ini tidak bisa ditangani oleh sembarang orang. Hanya aestheticians berlisensi yang bisa mengerjakannya dengan baik. Bila dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya, maka akan ada risiko ataupun konsekuensi yang dibawa oleh pelaku chemical exfoliation. Tetapi bila prosesnya dilakukan dengan benar oleh ahlinya, maka hasilnya akan tahan lama dan juga membuat kulit terlihat lebih bersinar.

Sementara berikut Anda akan belajar melakukan eksfoliasi sendiri, baik untuk kulit wajah maupun selain wajah.

Cara Eksfoliasi Kulit Wajah

Bagi wajah yang sensitif terhadap pemakaian zat-zat tertentu, meskipun itu diambil dari alam dan dipakai langsung, sebaiknya tidak melanjutkan tindakan ini. Sebaiknya lakukan uji coba bahan pada kulit wajah, bila ada efek buruk, maka jangan gunakan.
  1. Siapkan kain bersih, rendam dalam air hangat, lalu tempelkan pada wajah atau diusapkan terlebih dahulu. Tujuannya agar pori-pori wajah terbuka dan ini akan membantu mempermudah proses pengelupasan kulit dan pembersihan zat yang menumpuk di bagian kulit terluar.
  2. Cuci wajah Anda dengan produk pembersih wajah yang biasa Anda gunakan, lalu dibersihkan dengan air hangat. Keringkan kulit wajah dengan menepuk-nepuknya pakai tangan.
  3. Ambil eksfoliator yang cocok untuk jenis kulit, terapkan pada seluruh wajah dan lakukan pemijatan perlahan dengan gerakan memutar atau melingkar.
  4. Ulangi proses pemijatan wajah, jangan lupa untuk menerapkan eksfoliator pada leher juga.
  5. Terakhir, bersihkan wajah dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah pakai tangan sampai kering. 
  6. Basuh wajah pakai air dingin, diamkan. Selesai.

Jika mau, Anda bisa menggunakan produk pelembab setelah melakukan eksfoliasi untuk kulit wajah. Ini akan membuat kulit wajah Anda lebih halus dan lembut.

Cara Eksfoliasi Kulit Tubuh (Lengan dan Kaki) 

Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan scrubing wajah.
  1. Awali dengan membasuh seluruh tubuh dengan air hangat.
  2. Oleskan eksfoliator pada kulit dengan tangan secara merata.
  3. Lakukan pemijatan rileksasi selama beberapa menit. 
  4. Terakhir, bilas scrub dengan air dingin.
  5. Oleskan pelembab bila diperlukan.

Hanya menyita waktu beberapa menit saja dalam sehari, tetapi hasilnya bisa jangka lama dan kontinyu bila perawatannya dilakukan secara rutin. Anda bisa melihat perbedaan setelah menerapkan cara eksfoliasi kulit wajah dan tubuh di atas dari hari ke hari. Sebaiknya lakukan ini di malam hari menjelang tidur, agar saat tidur, proses pergantian sel kulit mati maupun revitalisasi kulit akan berdampak maksimal.