-->

Ad Unit (Iklan) BIG

27 Manfaat daun Salam untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun Salam - Kita kerapkali memakai daun salam untuk memberi aroma dan cita rasa beragam masakan. Tumbuhan dengan nama latin Syzygium polyanthum ini mempunyai aroma yang khas, begitu wangi dan cukup tajam. Nyatanya terkecuali untuk bumbu masakan, daun salam mempunyai manfaat dalam mengobati beragam penyakit serta untuk kecantikan.

Daun salam lebih populer untuk mengobati penyakit kolesterol, tetapi sesungguhnya banyak penyakit lain yang bisa diatasi dengan memakai daun salam. Daun salam bisa dipakai dalam kondisi fresh maupun kering. Kandungan senyawa di dalamnya akan tidak tidak sama walau sudah dikeringkan. Sebelumnya mengulas apa sajakah manfaatnya, baiknya kita tahu apa sajakah senyawa yang ada pada daun salam.
Manfaat daun Salam untuk kesehatan dan kecantikan
Daun Salam

Kandungan Senyawa Daun Salam


Daun salam memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C. Untuk ukuran 100 gr daun salam fresh, ada 46, 5 mg vitamin A (setara dengan 77, 5% keperluan harian yang direkomedasikan). Diluar itu juga ada 6, 185 iu vitamin C yang setara dengan 206% dari keperluan harian badan. Karenanya janganlah remehkan daun salam walau seringkali jadikan sebagai bahan penambahan dalam memasak.

Terkecuali vitamin, daun salam juga memiliki kandungan sebagian mineral yakni tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Diluar itu daun salam juga memiliki kandungan asam folat yang begitu disarankan untuk ibu hamil. Dalam 100 gr daun salam sekurang-kurangnya ada 180 mg folat atau setara dengan 45% keperluan harian badan.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan


Daun salam sudah di kenal mulai sejak lama untuk melindungi kesehatan dan mengobati beragam penyakit. Apa sajakah manfaatnya untuk kesehatan? Simak keterangan di bawah ini.

Mengontrol Detak Jantung 

Kalium yang ada dalam daun salam bisa berperan untuk mengatur detak jantung supaya tetaplah stabil dan normal. Begitu kesehatan jantung bakal senantiasa terbangun dan berperan dengan baik.

Mengontrol Tekanan Darah 

Bila Anda mempunyai kisah penyakit darah tinggi, janganlah sangsi untuk konsumsi air rebusan daun salam. Mineral kalium bisa mengontrol tekanan darah tetaplah stabil hingga mecegahnya untuk naik.

[ Baca juga: Cara mengatasi tekanan darah tinggi ]

Merangsang Kerja Enzim 

Enzim pada badan berperan untuk mengatur sistem metabolisme dan manfaat organ badan yang lain. Supaya kerja enzim makin bertambah, kita bisa memakai daun salam, lantaran mangan dan tembaga di dalamnya bisa melakukan tindakan sebagai aspek co-enzim.

Mengobati Penyakit Kolesterol 

Daun salam begitu di kenal lantaran manfaatnya yang ampuh mengontrol kandungan kolesterol dalam darah. Dengan konsumsi ramuan daun salam dengan cara teratur, kolestrol yang tinggi bisa diatasi. Langkah memakainya, cukup merebus 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Didihkan sampai berkurang jadi 1 gelas. Minum air rebusan itu 2 x satu hari hingga kolesterol kembali normal.

[ Baca juga: Pantangan Makanan Kolesterol ]

Mencegah Penyakit Diabetes 

Daun salam juga dapat dibuktikan ampuh dalam mengontrol gula darah, hingga bisa dipakai untuk mencegah diabetes atau kencing manis. Untuk memperoleh manfaat itu, rebus dan minum air rebusan daun salam seperti langkah diatas.

[ Baca juga: Gejala diabetes penyakit kencing manis ]

Mengobati Sakit Mata 

Umumnya waktu sakit mata kita memakai sirih atau obat tetes mata supaya mata selekasnya pulih. Nyatanya daun salam dapat juga mengobati penyakit itu. Kandungan vitamin A nya bakal melindungi mata tetaplah sehat. Langkahnya cukup hanya memoleskan atau merendamkan mata di air rebusan daun salam.

[ Baca juga: Cara mengobati sakit mata ]

Turunkan Kandungan Asam Urat 

Tingginya asam urat mengisyaratkan kandungan purin dalam darah juga tinggi. Hal itu jadikan rasa nyeri dan sedikit bengkak pada bagian-bagian badan, terlebih sendi. Untuk mengatasinya, kita bisa merebus 10 lembar daun salam dengan 10 gelas air sampai jadi 7 gelas. Minum air rebusan itu 2 kali satu hari.

[ Baca juga: Penyebab penyakit asam urat ]

Mengobati Penyakit Magh 

Bila Anda kerap terganggu dengan permasalahan lambung seperti magh, gunakan daun salam untuk memperoleh kesembuhan. Langkahnya, rebus dua genggam daun salam dengan 1/2 liter air. Sesudah airnya menyusut, berikan sedikit gula aren. Minum ramuan itu dengan cara teratur sampai penyakitnya tak kambuh lagi.

Mengatasi Beragam Permasalahan Pencernaan 

Permasalahan pencernaan seperti sembelit dan diare bisa diobati dengan memakai air rebusan daun salam. Waktu merebus daun salam, berikan sedikit garam. Dan minum ramuan itu dengan cara teratur supaya pencernaan jadi lancar.

Mencegah Penyakit Kanker 

Hal yang mengagumkan dari daun salam yaitu kandungan senyawa seperti asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin di dalamnya dapat mencegah timbulnya sel kanker. Diluar itu fitonutriennya bisa menghalangi poliferasi sel penyebabnya kanker serviks. Untuk memperoleh manfaat itu, cukup memakai daun salam dalam masakan. Bila dikerjakan dengan cara teratur makan khasiatnya akan merasa.

Mengobati Batuk dan Pilek 

Untuk mengatasi permasalahan batuk dan pilek, ada 2 langkah memakai daun salam. Pertama air rebusan daun salam dipakai untuk mengompres sisi yang sakit seperti dada dan tenggorokan. Langkah ke-2, meminum air rebusan daun salam sekurang-kurangnya 2 x satu hari hingga penyakit itu pulih.

[ Baca juga: Cara mengobati batuk berdahak ]

Mengatasi Permasalahan Ginjal 

Untuk mengobati permasalahan pada ginjal seperti batu ginjal, kita dapat meminum ramuan dari daun salam. Rebus 5 lembar daun salam dan 5 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih dengan 1/2 liter air. Didihkan sampai jadi 300 ml, bakal ada 2 gelas dari hasil rebusan itu. Minum pada saat hangat untuk gelas pertama pada pagi hari, dan taruh bekasnya di kulkas. Gelas ke-2 dapat diminum di sore hari, tetapi terlebih dulu hangatkan terlebih dulu.

[ Baca juga: Cara mengobati penyakit ginjal ]

Sebagai Anti Inflamasi 

Daun salam memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa mengatasi peradangan, hingga berbentuk anti inflamasi. Rasa nyeri yang diakibatkan akibat ada pembengkakan, keseleo maupun terkilir bisa diatasi dengan daun salam. Langkahnya dengan melembutkan daun salam berbarengan dengan daun jarak. Pakai untuk memoleskan di bagian badan atau sendi yang sakit. Ramuan itu juga ampuh untuk mengatasi reumatik dan arthritis.

Merangsang Kehamilan 

Daun salam yang memiliki kandungan folat begitu baik untuk ibu hamil ataupun yang tengah melakukan program hamil. Folat jadikan wanita lebih subur dan menghindari janin dari keadaan cacat.

[ Baca juga: Tanda awal kehamilan ]

Mengatasi Permasalahan Menstruasi dan Keputihan 

Permasalahan kewanitaan seperti keputihan dan haid tak teratur tak bisa diremehkan. Bila dilewatkan saja jadi bakal menyebabkan penyakit yang beresiko. Supaya menstruasi jadi lebih teratur dan keputihan menyusut, mengkonsumsi air rebusan daun salam dengan cara teratur.

Mengatasi Insomnia 

Daun salam juga bermanfaat dalam mengatasi insomnia atau sulit tidur. Dengan memakai sedikit ekstrak daun salam yang digabungkan ke pada minuman, jadi kita semakin lebih gampang masuk fase tidur yang pulas.

[ Baca juga: Cara Mencegah Insomnia ]

Mengobati Mimisan 

Bila Anda kerap alami mimisan, permasalahan itu bisa diatasi dengan memakai daun salam. Giling daun salam 2-3 lembar lantas rebus dalam 200 ml air. Tunggulah sampai berkurang jadi setengahnya, lantas minum dengan teratur.

[ Baca juga: Cara mengatasi mimisan ]

Mencegah Stroke 

Daun salam yang digunakan dengan cara teratur kedalam tiap-tiap masakan bakal memberi manfaat untuk mecegah penyakit stroke. Tetapkan manfaat itu semakin lebih merasa bila masakan tak memiliki kandungan lemak dan minyak.

[ Baca juga: Gejala Penyakit Stroke ]

Ampuh Mengusir Serangga 

Daun salam memiliki kandungan asam laurat yang bisa menghindari gigitan serangga dengan cara alami. aromanya yang khas bikin serangga seperti nyamuk malas mendekat dan menggigit kita. Kita dapat memperoleh manfaat itu dengan memoleskan minyak daun salam ke badan.

Anti Bakteri dan Anti Jamur 

Daun salam dapat juga jadikan sebagai anti bakteri dan anti jamur. Lantaran sifatnya itu jadi daun salam bisa mengatasi beragam permasalahan kulit yang dikarenakan oleh bakteri dan jamur seperti kudis dan kurap.

Membasmi Cacing di Perut 

Walau belum ada riset ilmiah yang menunjukkan, daun salam diakui dapat mengatasi cacingan lewat cara mematikan cacing itu dan mengeluarkannya berbarengan feses.

Tingkatkan Ketahanan Badan 

Daun salam kaya vitamin C hingga bisa melakukan tindakan sebagai anti-oksidan dan mencegah beragam penyakit. Diluar itu daun salam juga ampuh untuk tingkatkan ketahanan badan dan menghilangkan beragam senyawa kimia didalam badan yang bisa menyebabkan beragam permasalahan kesehatan.

Manfaat Daun Salam untuk Kecantikan


Terkecuali untuk mengobati beragam jenis penyakit, daun salam juga mempunyai khasiat untuk menjaga kulit dan rambut. Di bawah ini manfaat daun salam untuk kecantikan.

Memutihkan Gigi 

Tidak banyak yang tahu bila daun salam bisa memutihkan gigi dengan cara alami. langkah memakainya, keringkan daun salam lantas haluskan sampai jadi bubuk. Pakai bubuk daun salam itu untuk menggosok-gosok gigi 3 kali satu hari.

[ Baca juga: Cara menghilangkan karang gigi ]

Menghilangkan Keriput 

Kita dapat memakai daun salam dalam mencegah dan menghilangkan keriput di muka. Pastinya langkah tersebut lebih ampuh untuk keriput yang masihlah sedikit. Langkahnya rebus sebagian lembar daun salam kering. Sesudah mendidih tuangkan kedalam wadah besar dan pakai uapnya untuk menghilangkan keriput itu.

Menghilangkan Ketombe 

Daun salam bukan sekedar berguna untuk kecantikan kulit tetapi dapat juga untuk menjaga rambut, satu diantaranya dengan menghilangkan ketombe. Minyak yang diekstrak dari daun salam begitu ampuh untuk mengatasi permasalahan ketombe di kulit kepala.

[ Baca juga: Cara menghilangkan ketombe secara alami ]

Mengatasi Rambut Rontok 

Satu lagi khasiat dari daun salam yakni bisa mengatasi permasalahan rambut rontok. Beragam kandungan senyawa dalam daun salam bakal memberikan nutrisi akar rambut dan jadikan rambut lebih kuat. Diluar itu lantaran daun salam dapat menghilangkan ketombe dengan automatis juga mencegah kerontokan rambut.

[ Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok ]

Membasmi Kutu Rambut 

Permasalahan kutu rambut bukan sekedar bikin jengkel lantaran rasa gatalnya, tetapi juga bikin kita malu lantaran bakal dikira orang malas mengurusi rambut. Untuk menghilangkan kutu rambut, kita dapat memakai daun salam. Langkahnya, rebus 50 gr daun salam fresh kedalam 400 ml air. Biarlah berkurang sampai tersisa 100 ml air. Pakai air rebusan itu untuk dioles-oleskan pada rambut dan kulit kepala dengan cara rata. Biarlah sepanjang 4 jam, Anda dapat membungkus kepala dengan handuk. Kemudian basuh rambut dengan air sampai bersih.

[ Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut ]

Sekian artikel manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan. Mudah-mudahan dengan penjelasan ini kita dapat lebih memakai daun salam dengan cara optimal. Akan tidak ada lagi orang yang remeh dengan daun ajaib ini, yang cuma membuatnya bahan pelengkap masakan saja. Mudah-mudahan artikel ini berguna.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter