Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Kering Alami

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Kering Alami – Batuk kerap dianggap sepele bagi sang penderita. Padahal batuk secara berkelanjutan mampu memicu penyakit berbahaya. Nah, hal ini bisa terjadi bagi anda yang mengalami batuk kering dimana menimbulkan tenggorokan mengeluarkan darah. Biasanya batuk kering disebabkan karena infeksi pada saluran pernafasan serta akibat reaksi alergi tertentu, bahkan bisa karena penyakit serius.

Selain batuk kering, adapula jenis batuk berdahak yang ditimbulkan oleh peradangan maupun inflamasi di daerah pernafasan bagian atas, bisa juga dipicu oleh asap rokok dan flu berlebihan. Dengan begitu, jika di antara kalian ada yang menderita batuk berdahak atau batuk kering segeralah untuk mengatasinya. Adapun cara pengobatan juga berbeda dari kedua jenis batuk ini. Berikut cara alami dalam mengobati batuk berdahak dan jugga kering.

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Kering Alami


Cara Mengobati Batuk Berdahak


Perpaduan antara jeruk nipis dan kecap sudah diterapkan sejak jaman dulu yang ampuh dalam mengobati batuk berdahak. Jeruk nipis dipotong menjadi 2 bagian, peraslah airnya  dan tambahkan kecap atau anda bisa menggantinya dengan madu. Minum setelahnya hingga habis. Terapkan cara ini hingga batk mereda 2-3 kali dalam sehari.
Kandungan jahe yang di dalamnya  terdapat zat anti-bakteri, sehingga mampu mengatasi batuk berdahak sekaligus menghangatkan tubuh. Supaya lebih efektif maka dicampurkan kencur dalam ramuan ini. Siapkan 2 jari jahe dan kencur untuk diiris dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan, barulah anda meminumnya dengan minimal sehari sekali.
Daun sirih dan jahe dapat membantu menyembuhkan batuk berdahak secara alami. Anda cukup merebus daun sirih dengan dicampurkan potongan jahe. Gunakan air rebusan untuk diminum setidaknya minimal sehari satu kali. Hal ini bermanfaat baik dalam menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi hangat.

Cara Mengobati Batuk Kering


1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh sebanyak 5-10 buah dicuci bersih, lantas haluskan dengan blender. Masukan 1 cangkir air matang dan sedikit garam. Selanjutnya diperas dan saring ramuan tersebut. Terapkan air sarinya untuk diminum 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari dan sore sampai batuk kering anda sembuh.


Siapkan 5-7 lembar dari daun kemangi  untuk direbus dengan 1-2 gelas air, namun sebelumnya dicuci terlebih dahulu. Tunggu mendidih dan saringlah setelahnya. Air rebusan yang telah disaring diminum sampai habis. Aplikasikan sampai batuk yang anda derita mereda minimal 1 kali pada setiap harinya.

3. Kunyit

Kunyit bisa digunakan untuk mengobati batuk kering. Karena kunyit memiliki kandungan  alami yang bisa menghilangkan batuk kering.  Caranya yaitu 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk  disedikan, kemudian tambahkan madu ke dalam satu gelas susu. Aduklah hingga merata. Sebaiknya lakukan cara ini hingga batuk terasa reda dan lega.

4. Daun Asam Muda

Menyediakan daun asam muda cukup setengah genggam saja. Tambahkan bahan lain yang berupa daun saga manis, kayu manis dan gula batu secukupnya. Setelah itu, rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Angkat dan saringlah, barulah anda minum ramuan itu sebagai obat batuk kering.

Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan tidak? Pasalnya bahan yang digunakan untuk membuat obat batuk berdahak dan kering tidak akan menimbulkan efek pada kesehatan tubuh yang lain. Namun, jika batuk anda berlanjut segera konsultasikan dengan dokter.