7+ Cara Mengobati Penyakit Ginjal, Penyebab, Gejala, Serta Pengobatannya

Penyakit Ginjal dan Penyebab Penyakitnya Sebelum mengetahui bagaimana suatu gejala penyakit ditunjukkan, memang akan lebih baik rasanya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis penyakit itu sendiri. Berbicara mengenai masalah ginjal tentu saja tidak terlepas dengan berbagai macam bentuk penyakit yang seringkali menghampirinya, seperti penyakit ginjal kronik, gagal ginjal, gangguan ginjal dan lain sebagainya. Lantas apa yang disebut dengan penyakit ginjal itu sendiri?

Penyakit Ginjal, Penyebab, Gejala

Penyakit Ginjal dan Penyebab Penyakitnya

Simaklah uraian penjelasannya di bagian bawah ini :

Gambaran Umum Dari Penykait Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berperan pada pengeluran ekskresi. Dengan kata lain ginjal bekerja dengan cara membuang sisa metabolisme yang dilakukan oleh tubuh manusia, dan secara otomatis pula ginjal membuang bentuk cairan berlebih yang memang tidak dibutuhkan oleh tubuh, yang biasanya berkisar dalam hitungan 750 hingga 1.500ml / harinya. Apabila organ ginjal dalam tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik, maka ia akan membiarkan sisa metabolisme dalam tubuh menumpuk dan dibiarkan begitu saja, sehingga berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh manusia itu sendiri. Hal ini dalam dunia kedokteran disebut sebagai gagal ginjal.

Racun yang terdapat dalam tubuh tersebut akan menimbulkan berbagai macam keluhan yang dirasakan oleh penderitanya dimulai dari keadaan mual, ingin muntah, merasa sakit kepala yang begitu hebat, dan bahkan dapat menurunkan tingkat kesadaran penderita itu sendiri. Selain itu, cairan yang semakin menumpuk dalam tubuh juga akan membuat tubuh menjadi sembab dan terasa sesak. Karena itulah, jika penyakit yang satu ini tidak ditangani dengan segera maka dapat menimbulkan kematian bagi penderitanya.

Artikel terkait : Pantangan Makanan Kolesterol

Pembagian Gagal Ginjal Dan Penyebab Yang Dimilikinya

Gagal ginjal dapat dibagi menjadi dua bentuk yang berbeda, yaitu gagal ginjal akut serta gagal ginjal kronik. Untuk jenis dari gagal ginjal akut, jika dilakukan pengobatan dengan tepat, maka penyakit ini pun dapat disembuhkan dengan lebih mudah. Berbeda halnya dengan gagal ginjal kronik yang pada dasarnya tidak dapat disembuhkan dan hanya mampu melakukan pengobatan dalam waktu seumur hidup.

Dalam gagal ginjal akut, penyebab penyakit tersebut hadir dalam tubuh penderita itu dikarenakan bentuk peristiwa yang berjalan aktif. Seperti halnya penyumbatan total yang terjadi pada saluran ginjal oleh adanya batu. Kemudian bentuk kekurangan cairan yang terjadi dalam diare yang biasanya tidak diatasi dengan segera, serta kekurangan darah yang biasanya dialami oleh orang dengan luka atau proses operasi. Selain hal tersebut bentuk infeksi berat, kemudian keracunan dari obat-obatan atau bahkan penggunaan zat kimia juga menjadi salah satu bentuk penyebab penyakit tersebut. Sementara itu pada gagal ginjal kronik, hal ini biasanya terjadi karena bentuk gagal ginjal akut yang tidak ditangani dengan baik, sehingga ia berubah menjadi kronik yang permanen dan tidak dapat disembuhkan.

Artikel terkait : Penyebab Badan Kurus Kering

Gejala Atau Tanda Dari Penyakit Ginjal

Ada beberapa hal yang seringkali dikatakan sebagai gejala penyakit gagal ginjal akut, utamanya beberapa bentuk gejala ini seringkali hadir di bagian awal masa pertumbuhan dari penyakit tersebut. Diantaranya seperti rasa nyeri yang hadir pada bagian pinggang atau kolik. Kemudian bagian mata serta kaki yang mulai membengkak. Kemudian demam, kencing yang terasa sakit dan dalam jumlah yang sedikit. Ada pula gejala dengan kencing yang berwarna merah (bercampur darah) serta terlalu banyak kencing dalam jarak waktu dekat. Hal ini biasanya terjadi karena bentuk kelainan urine seperti halnya terdapat kandungan protein, eritrosit, kemudian sel darah putih atau leukosit, serta bakteri yang juga masih terdapat dalam bagian urine tersebut.

Sementara itu untuk penyakit gagal ginjal kronik, biasnya disertai dengan bentuk gejala penyakit seperti mual, ingin muntah, anggota badan yang mulai membengkak, lemas, tidak memiliki tenaga, serta nafsu makan yang juga turut berkurang. Selain itu kencing pun semakin berkurang, nafas terasa sesak dan juga gatal-gatal, serta bentuk wajah yang jauh lebih pucat. Penyakit ini juga seringkali menampilkan beberapa bentuk pertanda dalam kelainan urin, seperti halnya bentuk creatin dalam darah yang semakin naik, sementara tingkat Hb menurun, terdapat protein dalam bagian utrine yang juga berada dalam tingkat positif dalam jangka waktu berkepanjangan.


Pengobatan Gagal Ginjal

Ada beberapa bentuk pengobatan yang bisa diterapkan dalam penyakit yang satu ini, tujuan dari pengobatan itu sendiri untuk mengendalikan gejala yang dimilikinya serta meminimalisir  bentuk komplikasi yang mungkin mengganggu. Selain itu, pengobatan juga dapat dilakukan guna menghambat pertumbuhan dari penyakit ginjal itu sendiri. Bila diketahui terdapat bentuk penyebab lain dari satu jenis penyakit tertentu, maka dokter akan memberikan bentuk pengobatan dengan terapi untuk mengobati penyakit itu sendiri. Seperti pemberian obat hipertensi, anemia atau bahkan kolesterol dengan kadar tinggi.

Sementara itu, ada pula beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengobatinya. Seperti pembatasan cairan, mengurangi makanan yang mengandung garam, protein serta fosfat. Selain cara tersebut ada pula cara konservatif yang bisa dilakukan dengan cuci darah atau dialysis, cara tersebut dalam bentuk penyakit gagal ginjal kronik wajib untuk dilakukan seumur hidup atau bisa pula dilakukan dengan menjalani transplantasi ginjal. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan bahan alami seperti halnya obat tradisional. Maka cobalah untuk menggunakan beberapa resep di bagian bawah ini :

Artikel terkait : Cara Mengobati Sariawan

Resep 1

Bahan yang dibutuhkan dalam resep ini adalah 15 gram dari daun sukun kering, 1 gelas air putih mendidih, madu serta gula batu. Cara pembuatannya dilakukan dengan menyeduh beberapa bahan di atas menjadi satu bagian. Setelah itu, saring dan biarkan ramuan tersebut hingga dingin. Setelah selesai, maka Anda pun dapat meminum ramuan ini sebanyak 2 kali dalam waktu 1 hari. Untuk hasil maksimal, lakukanlah secara rutin selama 10 hari berturut-turut. Selain itu, ketika Anda mengkonsumsi ramuan ini, pastikanlah untuk menghindari pengkonsumsian dari saun singkong, sayur bayam, jeroan, daging merah serta kangkung.

Resep 2

Untuk resep kedua bahan yang digunakan adalah 1 buah rimpang temulawak, 1 genggam dari daun kumis kucing yang masih segar. Kemudian 1 genggam bagian daun meniran, 4 gelas air bersih serta gula aren dalam jumlah secukupnya. Cara pembuatan obat tradisional ini dapat dilakukan dengan mencampurnya secara keseluruhan dan merebusnya. Namun sebelum hal tersebut dilakukan sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu bahan-bahan tersebut. Setelah ramuan dibuat, maka saringlah dan biarkan ia hingga dingin. Ramuan ini dapat Anda konsumsi sebanyak 3 kali dalam waktu 1 hari.

Tips Pengobatan Serta Pencegahan Yang Tepat Untuk Gagal Ginjal

Dalam cara pencegahan serta pengobatan terdapat beberapa bentuk tips pengobatan yang bisa Anda terapkan tips tersebut hadir dengan menghindari beberapa pengkonsumsian dari obat-obatan secara berlebih. Utamanya untuk jenis obat anti sakit, rematik, atau bahkan jamu yang banyak dijual bebas di pasaran. Karena bentuk obat-obatan tersebut dapat menjadi penyebab utama hadirnya penyakit ginjal. Selain itu, pastikan pula untuk melakukan gaya hidup sehat, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Menghindari konsumsi alkohol, menjaga berat badan yang ideal, melakukan diet sodium, serta menghindari asupan dari lemak jenuh dan kolesterol. Menghindari konsumsi rokok dan melakukan aktifitas fisik secara rutin juga dapat menjadi tips pengobatan dan  pencegahan yang cukup ampuh.