Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Cepat

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik - Mungkin yang anda ketahui jika mengalami sakit perut yang tidak biasa maka perlu diadakannya tindakan. Dimana sakit perut bukan hal biasa mungkin karena asam lambung yang tinggi hingga menyebabkan penyakit maag. Maag ini berbahaya apabila dibiarkan begitu saja karena maag akan menyebabkan adanya luka pada bagian lambung.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Cara Mengatasi Asam Lambung


Penyebab maag bisa disebabkan seperti kebiasaan makan yang tidak teratur, pola makan yang buruk, tingkat keasaman tubuh yang sangat tinggi, dan keturunan dalam keluarga. Cairan yang diproduksi asam lambung dalam organ pencernaan banyak mengandung asam klorida. Asam lambung juga akan membuat rasa sakit. Biasanya asam lambung yang tinggi atau parah diiringi dengan sejumlah gejala yaitu gangguan pernafasan dan bau nafas yang tidak sedap. Bagi penderita asam lambung juga mempunyai kebiasaan yang terus bersendawa dan perut kembung, serta mengalami batuk yang berdahak.

Gejala-gejala dari asam lambung


Penderita asam lambung biasanya menimbulkan rasa pahit dan asam pada bagian mulut. Pada saat asam lambung tinggi akan menimbulkan rasa terbakar/nyeri pada bagian dada dan ulu hati. Maka apa makanan yang akan di makan akan kesulitan untuk ditelan. Batuk-batuk hingga berdahak secara terus-menerus saat malem hari. Mengakibatkan juga gigi akan rusak dan sakit dada. Kemudian, akan meningkatkan air liur dengan mendadak dan bau mulut atau bau nafas kurang sedap. Jika mengalami gejala lebih parah pada uraian ini, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan segera.

Penyebab dari asam lambung


Obesitas

Mungkin semua orang tidak mengetahui tentang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas. Pada saat anda mengalami kelebihan berat badan akan menyebabkan tekanan tinggi dalam perut yang mempunyai kelebihan berat badan yang mempunyai berat badan ideal akan baik-baik saja. Penyebab otot LES melemah karena adanya tekanan yang tinggi hinggi tak terduga.

Makanan yang mengandung banyak lemak

Pada anda terlalu banyak makanan yang mengandung banyak lemak akan membutuhkan waktu untuk mencerna yang lebih lama dalam perut. Penderita asam lambung harus bisa mengurangi makanan yang terlalu banyak lemak.

Konsumsi kopi, cokelat, alkohol, dan merokok

Pada saat anda mengkonsumsi kopi, cokelat, alkohol dan merokok ini sangat memicu kenaikan pada asam lambung anda. Unsur yang terdapat dalam kopi, cokelat, alkohol dan merokok akan menyebakan otot LES menjadi akan lebih rileks, dan anda akan terasa lebih nyaman. Namun, saat otot LES menjadi rileks akan menjadikannya asam lambung akan kembali naik dan akan menuju ke esofagus.

Kondisi hamil

Ibu yang sedang hamil ini akan mengalami perubahan pada hormon dan membuat otot LES akan menjadi semakin melemah. Maka ibu hamil sering melakukan mual-mual itu biasa karena pada saat itu mengalami peningkatan tekanan pada perut anda.

Stress

Apabila anda mengalami banyak masalah yang berlebihan bisa disebut juga stress maka ini akan menyebabkan asam lambung naik dan menjadikan otot LES ini semakin melemah. Jadi penderita penyakit asam lambung ini tidak memikirkan yang berat.

Cara mengatasi asam lambung naik dan cepat


Minum susu rendah lemak

Mungkin anda tidak tau jika susu yang mengandung lemak itu bisa menyebabkan asam lambung naik dan cepat. Maka anda bisa mencoba meminum susu yang rendah lemak agar kadar asam tidak naik dan terlalu tinggi. Susu yang baik dikonsumsi yaitu yang terdapat pada kalsium dan mineral yang ditemukan pada susu alami atau susu sapi peras. Namun, di khawatirkan jika anda mengkonsumsi susu yang mengandung lemak itu membuat perut menjadi tidak nyaman dan pH tubuh melemah. Sebaiknya di sarankan untuk meminum susu rendah lemak agar penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah.

Manisan jahe

Mungkin sebagian orang ini tidak mau akan manisan/premen jahe di karenakan rasanya yang tidak enak/pedas. Namun, pada makanan manisan jahe ini bisa membuat untuk menurunkan asam lambung tidak naik dan cepat. Manisan/premen jahe ini obat yang sangat alami. Jahe ini sudah terdengar tidak asing di telinga anda semua, jahe ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi mual dan muntah-muntah.

Caranya sangat mudah anda cukup mencoba memakan manisan jahe secara langsung dan bisa langsung menggunakan jahenya. Jahe terlebi dahulu kupas, lalu bersihkan sampai bersih, kemudian potong kecil-kecil dan tambahkan air panas pada gelas, minumlah air jahe yang masih panas. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin untuk mengatasi asam lambung dengan cepat.

Minum teh

Bagi penikmat teh ini tidak akan mengalami yang namanya mengalami sakit asam lambung. Karena kandungan yang terdapat pada teh ini baik bagi semua orang yang mengalami gangguan asam lambung tinggi. Mungkin anda menganggap teh ini tidak memilki manfaat ternyata dapat dipercaya bisa menurunkan asam lambung normal. Bahkan teh juga bisa melancarkan anda untuk membuang gas dalam perut akibat asam lambung yang terlalu tinggi.


Buah-buahan yang menenangkan lambung


Jika anda banyak mengkonsumsi buah dan sayur dapat menghindari asam lambung tinggi. Pada buah juga tidak semua baik untuk mengatasi asam lambung dengan cepat. Anda dapat memilih buah-buahan yang dapat menurunkan asam lambung seperti anggur, pisang, apel, melon dan pir. Anda dapat memilih bah-bahan yang banyak mengandung air didalamnya, nutrisi dan serat. Sehingga asam lambung yang naik dan cepat bisa diturunkan dengan buah-buahan yang anda konsumsi.

Hindari buah asam dan panas

Jika penderita asam lambung memakan makanan yang sembarangan atau tidak baik di konsumsi maka harus membatasi agar kondisi penyakit asam lambung tidak parah. Namun, buah-buahan yang tidak boleh di konsumsi itu yang mengandung asam seperti buah jeruk, nanas dan stoberi yang masih asam. Jika buah-buahan ini tetap dikonsumsi akan memicu untuk lambung menjadi naik dan cepat. Maka makanlah buah yang mengandung banyak serat dan nutrisi bagi tubuh dan untuk menurunkan asam lambung yang naik dan cepat.

Gandum

Gandum disini sangat baik untuk mengatasi penderita asam lambung tinggi dan menurunkan dengan cepat ketika naik. Jenis gandum ini dapat menurunkan asam lemak dengan sangat baik. Jika anda tidak suka dengan bahan yang berbau gandum anda bisa menggantikannya dengan beras merah. Makanan padat yang banyak mengandung serat ini dapat dicerna dengan sangat baik oleh usus sehingga bisa mengurangi asam lambung. Jika anda mengkonsumsi gandum dan beras merah lebih baiknya tidak berlebihan.

Asam lambung akan naik dan cepat apabila anda tidak memperhatikan makanan mengandung manis atau makanan pada mengkonsumsi, maka lebih baik anda bisa menghindari agar asam lambung tidak naik dan cepat.

Daging yang mengandung lemak

Jangan memakan makanan yang mengandung lemak tinggi bagi penderita asam lambung. Makanan yang berlemak ini bisa membuat usus anda tidak bekerja dengan baik, akibatnya lebih beratdan sulit diterima oleh lambung. Makanan daging apapun ini dapat menyebabkan perut anda melilit dan kembung. Sebaiknya anda mengknsumsi daging yang rendah lemak tapi enak seperti dada ayam, daging kambing, putih telur dan daging ikan yang semuanya rendah lemak. Caranya agar semua daging tersebut rendah lemak memasaknya dengan cara memanggang atau dibakar jangan di goreng.

Minum air secukupnya

Tubuh harus banyak minum air putih secukupnya agar tidak terkena gangguan lambung. Jika anda tidak mau minum atau kurang asupan air maka asam lambung ini sangat peka untuk naik dan cepat. Banyaklah minum air agar tidak menyebabkan dehidrasi dan cepat untuk menaikkan asam lambung. Sebaiknya anda harus meminum air setidaknya 8 gelas perhari atau secukupnya bagi tubuh anda.