12 Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini, Sebelum Telatnya Datang Bulan

12 Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini, Sebelum Telatnya Datang Bulan

Seringkali kita sebagai kaum wanita selalu mencari tahu apakah kita sudah memasuki masa kehamilan atau belum, dan biasanya berpatokan pada ‘telatnya datang bulan’. Dengan begitu, kebanyakan kaum wanita harus menunggu hingga masa haid berikutnya agar benar-benar yakin. Padahal sebenarnya masih terdapat beberapa gejala yang bisa terjadi dimana mengindikasikan atau memberikan tanda bahwa anda sudah memasuki masa kehamilan.

Dalam beberapa kasus, mengetahui lebih cepat – tanpa harus menunggu telatnya datang bulan – seseorang telah memasuki masa kehamilan bisa lebih baik. Oleh karena hal itulah, sangat penting bagi anda seorang wanita subur – atau seseorang yang aktif dalam menjalani aktivitas seksual – untuk mengetahui gejala-gejala awal kehamilan yang telah kami paparkan di bawah ini.

Cara Mengetahui Kehamilan

Inilah Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini


Perubahan Pada Payudara

Salah satu respon hormon pertama setelah pembuahan adalah akan terjadinya perubahan pada payudara anda, dimana menjadi pertanda bahwa tubuh anda tengah mempersiapkan ASI untuk bayi anda nantinya. Perubahan ini akan terjadi tepat di minggu pertama masa kehamilan anda sehingga payudara anda kemungkinan akan terasa sakit, berat, atau lebih lunak saat disentuh.

Sering Buang Air

Jika anda mengalami buang air kecil lebih sering dari biasanya, mungkin itu bisa menjadi pertanda adanya peningkatan awal di dalam darah yang akan diproduksi oleh tubuh anda setelah pembuahan.  

Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Semua indera anda cenderung akan bereaksi dengan cara yang tak biasanya ketika anda mulai memasuki masa kehamilan, dan indera penciuman merupakan reaksi yang pertama dan terkuat. Kondisi ini akan membuat indera anda menjadi lebih kuat sehingga mengubah respon penciuman anda terhadap makanan tertentu.

Suhu Tubuh

Dimulai dari masa pembuahan, tubuh anda akan bekerja lebih keras dari biasanya dan akan membutuhkan lebih banyak energi. Hasilnya, kondisi ini akan menyebabkan suhu tubuh basal anda meningkat. Dalam beberapa situasi, kemungkinan anda akan merasa seperti terkena demam.

Kelelahan

Ketika tubuh anda mulai memasuki masa kehamilan, dan telur telah tertanam di dalam rahim anda, maka tubuh anda akan melepaskan sejumlah hormon termasuk progesteron yang dapat menyebabkan anda merasakan kelelahan yang sangat teramat kuat bahkan di awal-awal periode kehamilan.

Mual

Morning sickness – tidak seperti namanya – merupakan kondisi dimana anda merasa mual dan muntah di trimester awal dan bisa terjadi sepanjang hari. Gejala ini merupakan respon langsung terhadap hormon yang mengisi tubuh anda dan cenderung terjadi tepat di minggu pertama masa kehamilan. Mual dan muntah ini memang bisa sangat mengganggu dan membuat anda kurang nyaman, tetapi bisa memberitahu bahwa saat ini anda telah memasuki masa kehamilan.

Perut Kembung

Ketika progesteron dilepaskan di dalam tubuh anda, maka bisa mengakibatkan penurunan aktivitas di saluran pencernaan anda, sehingga bisa menyebabkan terbentuknya lebih banyak gas di sana. Kondisi ini tentu bisa membuat anda mengalami perut kembung.

Areola Menghitam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kehamilan juga bisa membuat payudara anda mengalami perubahan. Selain dari perasaan sakit atau terasa lebih lembut, areola anda juga akan terlihat menggelap atau melebar tepat pada minggu-minggu pertama masa kehamilan. Meskipun gejala ini merupakan tanda yang sangat jelas anda telah memasuki masa kehamilan, tetapi cenderung tidak dialami oleh semua wanita.

Perubahan Suasana Hati

Karena adanya perubahan kadar hormon yang sangat drastis di dalam tubuh anda di minggu pertama atau kedua, anda juga bisa mengalami perubahan suasana hati yang sangat drastis.

Konstipasi

Salah satu gejala yang sangat umum dari kehamilan adalah anda akan mengalami sembelit. Sama halnya dengan perut kembung, hal ini karena hormon progesteron akan mempengaruhi fungsi sistem pencernaan anda secara keseluruhan.

Sakit Kepala

Fluktuasi tekanan darah dan meningkatnya kadar stres di dalam tubuh anda bisa membuat anda merasa sakit kepala yang teramat sangat, bahkan hingga migrain pada minggu-minggu pertama setelah pembuahan.

Rasa Haus yang Berlebihan

Dehidrasi merupakan bahaya utama bagi mereka yang tengah hamil karena bisa mempengaruhi baik kesehatan diri mereka maupun bayi yang tengah mereka kandung. Dengan begitu, ketika anda mulai memasuki masa kehamilan, maka tubuh anda akan mengirimkannya sinyal rasa haus yang berlebih demi mencegah anda terkena dehidrasi.

12 Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini, Sebelum Telatnya Datang Bulan | Afrianti Rahayu | 5