5 Manfaat Susu Kuda Untuk Kesehatan Anda

Mengkonsumsi susu kuda memang bukanlah sesuatu yang lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian besar dari kita kemungkinan tidak pernah berpikir sekalipun untuk meminumnya, atau bahkan tidak pernah tahu bahwa susu jenis tersebut benar-benar ada dan bisa dikonsumsi oleh manusia. Padahal sebenarnya, susu kuda sendiri menyimpan banyak nutrisi penting dan menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan. Bahkan di beberapa daerah di negara-negara tertentu susu kuda bukanlah jenis minuman aneh untuk dinikmati.

Seperti namanya, susu kuda merupakan jenis minuman sehat yang berasal dari kuda betina. Selain dapat dikonsumsi secara langusng, banyak orang juga berhasil menciptakan sejenis makanan yang disebut dengan kumis, yaitu makanan fermentasi yang mirip seperti kefir.

Secara tradisional, susu kuda merupakan minuman yang sangat penting bagi banyak orang di beberapa daerah tertentu karena sudah banyak digunakan sebagai penyembuh alami. Sayangnya, susu kuda juga mengandung kadar laktosa yang lebih tinggi daripada susu biasa sehingga sangatlah dilarang untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Tetapi di saat yang bersamaan, susu kuda juga memiliki lebih sedikit kasein sehingga cenderung lebih mudah untuk dicerna.

Kandungan nutrisinya sendiri sangatlah menakjubkan. Anda bisa mendapatkan kadar yang sangat tinggi dari vitamin A, beberapa jenis vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Faktanya, konsentrasi dari vitmain-vitamin tersebut lebih banyak bisa anda temukan dalam susu jenis ini dibandingkan dengan susu sapi biasa. Tidak berhenti sampai di sana, susu kuda juga menawarkan kadar kalium, zat besi, kalsium, dan magnesium yang sangat baik untuk tubuh anda.

Kandungan nutrisi yang telah kami sebutkan di atas tentunya bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan tubuh anda. Nah, ingin tahu apa sajakah manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh susu kuda terhadap tubuh anda? Dilansir dari berbagai macam sumber, berikut adalah 5 manfaat anda mengkonsumsi susu kuda.

Manfaat Susu Kuda

Manfaat Susu Kuda Untuk Kesehatan


Mengobati Eksim

Dalam pengobatan tradisional, susu kuda sudah banyak digunakan untuk mengurangi peradangan di atas kulit seseorang yang disebabkan oleh eksim, psoriasis, rosacea, atau berbagai macam jenis iritasi kulit lainnya. Anda juga bisa mencampurkan susu kuda tersebut dengan lidah buaya atau minyak kelapa untuk menghilangkan perasaan kurang nyaman secara langsung di atas kulit anda.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Dengan lebih sedikit kandungan kasein yang dimilikinya, anda bisa memberikan dorongan antibakteri di dalam perut anda karena susu kuda juga sangat kaya akan antibodi tertentu yang dapat menyeimbangkan kembali flora usus sekaligus mengurangi gejala konstipasi, kembung, dan gangguan pencernaan.

Memperbaiki Kesehatan Tulang

Dengan konsentrasi mineral yang lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi, susu kuda dapat membantu anda mencegah timbulnya penyakit osteoporosis dan membantu fungsi metabolisme anda seiring dengan berjalannya usia anda.

Mengurangi Tekanan Darah

Terdapat kadar kalium yang sangat baik di dalam susu kuda dimana berperan sebagai validator yang dapat mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, sehingga mampu menurunkan resiko anda terkena aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Mendetoksifikasi Tubuh

Penelitian telah menemukan bahwa susu kuda memiliki efek menstimulasi di dalam organ hati seseorang, sehingga dapat membantu tubuh anda mengusir racun secara lebih baik dan lebih efektif. Alhasil, anda bisa mendapatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara bersamaan.