Inilah Manfaat Mandi Air Dingin dan Manfaat Mandi Air Panas

Inilah Manfaat Mandi Air Dingin dan Manfaat Mandi Air Panas - Apakah Anda selalu bingung apakah akan mandi dengan air panas atau memilih mandi air dingin? Bagaimana Anda memutuskan yang mana yang akan dipilih?

Nah, karena pilihannya subjektif, sebelum sampai pada kesimpulan apapun, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti musim yang sedang berlangsung, usia, kebiasaan, praktik usia lanjut, penyakit, dan lain-lain. Mandi di air panas atau air dingin keduanya memiliki manfaat tersendiri.
Inilah Manfaat Mandi Air Dingin dan Manfaat Mandi Air Panas

Manfaat Mandi Air Dingin :

  1. Mandi air dingin cenderung merangsang ujung saraf dan memberi Anda rangsangan awal di pagi hari. Ini juga membantu menyingkirkan kemalasan.
  2. Mandi air dingin meningkatkan pelepasan bahan kimia yang mengalahkan depresi seperti beta-endorfin, dan dengan demikian membantu Anda mengatasi depresi.
  3. Mandi menggunakan air dingin juga mampu menjaga kesehatan reproduksi pria dengan cara membantu meningkatkan produksi hormon testosteron. Mandi menggunakan air dingin juga mampu menjaga kesehatan paru-paru kita.
  4. Mandi air dingin merangsang sistem kekebalan dan kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan produksi sel yang melawan infeksi. Seperti kita ketahui, suhu yang lebih hangat cenderung membunuh kuman lebih banyak. Makanya, mandi dengan air panas bersihkan tubuh.

Manfaat Mandi Air Panas :

  1. Mandi menggunakan air panas atau hangat mampu melemaskan otot yang tegang karena aktifitas sehari-hari. 
  2. Mandi air panas mengurangi kadar gula dalam tubuh, membuat tubuh Anda kurang rentan terhadap diabetes.
  3. Mandi air panas bermanfaat untuk mengobati batuk dan pilek, dengan menggunakan uap air panas juga dapat membantu membersihkan saluran napas dan menghilangkan tenggorokan dan hidung Anda.
Lau mana yang lebih baik? apakah lebih baik mandi dengan air dingin atau air panas? Jawabannya adalah Anda harus menggunakan air panas untuk tubuh, dan air dingin untuk kepala.

Hal ini dikarenakan mencuci mata dan rambut dengan air panas tidak baik untuk kesehatan Anda. Baik atau tidaknya suhu air harus didasarkan pada faktor-faktor berikut :

1. Berdasarkan Usia
Bagi anak muda, disarankan mandi dengan air dingin. Bagi orang tua dan balita, disarankan mandi dengan air panas. Tetapi jika Anda seorang siswa dan berdedikasi untuk lebih banyak belajar, mandi dengan air dingin akan bermanfaat bagi Anda.

2. Berdasarkan Penyakit
Jika Anda menderita penyakit terkait Pitta, seperti gangguan pencernaan atau gangguan hati, pemandian air dingin akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Dan jika Anda menderita kelainan Kapha atau Vata, maka pemandian air panas lebih diutamakan.

Jika Anda adalah pasien epilepsi, air panas dan air dingin tidak disarankan. Sebagai gantinya, mandi dengan air hangat-hangat kuku.

3. Berdasarkan Kebiasaan Anda
Jika Anda berolahraga secara teratur, disarankan mandi air panas.

4. Berdasarkan Waktu Apa Anda Mandi
Jika Anda mandi di pagi hari, ada baiknya mandi dengan air dingin. Tapi jika Anda sedang mandi di malam hari, mandi air panas akan membantu Anda merasa rileks. Karena waktu malam didominasi oleh Vata, mandi dengan air panas akan bermanfaat.

Mandi yang terburu-buru mirip dengan makanan yang terburu-buru, dan tubuh Anda tidak menuai semua manfaat dan dibersihkan dengan benar jika Anda buru-buru mandi. Agar mendapatkan tubuh yang selalu segar, mandi dengan cara yang tepat adalah merupakan faktor yang penting untuk dijalankan.

Anda harus mengikuti proses pelan-pelan sehingga setiap bagian tubuh Anda terkena air. Inilah cara mandi yang benar:
  • Mulailah dengan mencuci tangan dan kaki Anda.
  • Jika Anda mandi dengan air dingin, setelah langkah di atas Anda dapat memulai menyiram air dari kepala sampai kaki.
  • Dan jika Anda sedang mandi dengan air panas, mulailah dengan mencuci jari-jari kaki terlebih dulu dan kemudian naik ke atas ke kepala.
  • Ketika sampai pada sabun, hindari sabun kimia yang tersedia di pasaran karena kulit menyerap semua bahan kimia dari sabun.
  • Memakai minyak yang baik seperti minyak mustard atau minyak wijen sebelum mandi bermanfaat bagi tubuh Anda. Ini merevitalisasi otot dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Meski Anda tidak harus terburu-buru saat mandi, melakukannya terlalu lama juga tidak disarankan. Selain itu, untuk kebersihan yang lebih baik, mandi dua kali sehari sudah cukup.
  • Jika Anda mau, Anda juga bisa menambahkan sedikit daun nimba ke dalam air dan biarkan selama beberapa saat. Lalu, mandi dengan air ini. Ini akan meningkatkan kesehatan kulit Anda.