Cara Mengobati Kencing Batu

Cara Mengobati Kencing Batu - Batu Kandung Kemih ini sering kita dengar dengan sebutan kencing batu. Kandung kemih Anda adalah organ yang merupakan bagian penting dari proses pembuangan limbah tubuh Anda. Ini berbentuk seperti kantung, atau balon. Ginjal mengeluarkan limbah dari sistem pencernaan Anda. Limbahnya dicampur dengan air yang disebut urine dan pergi ke kandung kemih Anda. Urin disimpan di sana sampai teris,i dan saat penuh tubuh akan mengirimkan sinyal untuk Anda mengosongkannya. Urine meninggalkan kandung kemih melalui uretra. Dari sana hal tersebut keluar dari tubuh Anda.

Terkadang kandung kemih Anda tidak mengeluarkan semua urin. Unsur-unsur yang tertinggal dalam urin ini bisa membentuk kristal. Kristal ini dapat mengeras dan membuat Kencing Batu. Batu Kandung Kemih bervariasi dalam ukuran dan bentuknya. Mereka seringkali terjadi pada pria.
Cara Mengobati Kencing Batu

Gejala Kencing Batu

Tidak semua orang yang memiliki Batu Kandung Kemih akan memiliki gejala Kencing Batu. Dari gejala yang ada hanya akan menyebabkan gangguan pada fungsi saluran kencing. Pertama, batu hanyamengkristal sepanjang lapisan kandung kemih Anda. Kedua, batu bisa menghalangi air seni Anda untuk keluar dari kandung kemih sehingga menghasilkan Kencing Batu.

Gejalanya meliputi :
  • Sakit perut atau tekanan.
  • Berawan atau beruban gelap.
  • Darah di urin anda.
  • Sering buang air kecil atau sakit.
  • Kesulitan buang air kecil, atau kehilangan kontrol urin.
  • Bagi pria, akan terasa sakit pada penis.

Penyebab Kencing Batu

Kebanyakan Kencing Batu terbentuk dari mineral. Ini bisa ditemukan dalam urin yang tertinggal di kandung kemih Anda. Masalah umum yang menyebabkan Kencing Batu meliputi :
  1. Pembesaran prostat. Pria memiliki kelenjar yang disebut prostat. Ini terbentuk di sekitar uretra di samping kandung kemih. Saat prostat mengembang, ia memberi tekanan pada uretra. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya aliran urine dari kandung kemih. Pembesaran prostat terjadi pada banyak pria seiring bertambahnya usia.
  2. Infeksi pada kandung kemih. Infeksi tertentu bisa mengganggu kandung kemih Anda. Yang paling umum adalah infeksi saluran kencing. Radiasi ke daerah pelvis Anda kemungkinan penyebab lain.
  3. Kerusakan saraf. Saraf memberitahu Anda kapan kandung kemih Anda penuh dan perlu dikosongkan. Jika saraf Anda rusak, Anda bisa mengalami masalah dengan aliran urin. Stroke dan cedera tulang belakang dapat merusak saraf Anda.
  4. Operasi kandung kemih. Orang yang tidak dapat mengendalikan aliran urin mereka mungkin memerlukan pembedahan. Kenaikan bentuk kandung kemih ini bisa menyebabkan Kencing Batu.
  5. Sistokel. Ini adalah kondisi di mana dinding kandung kemih wanita melemah dan turun. Ini menciptakan tekanan di daerah panggul. Hal ini dapat mempengaruhi aliran urin dan menyebabkan pertumbuhan Batu Kandung Kemih.

Anda juga bisa menderita Kencing Batu jika urine Anda terlalu asam, atau terkonsentrasi. Jarang sekali benda asing yang masuk ke kandung kemih lalu menyebabkan Kencing Batu.

Ada satu yang mirip dengan Kencing Batu, yaitu BatuGinjal. Batu Ginjal memiliki gejala yang sama seperti Kencing Batu. Namun pada kenyataanya kedua penyakit ini tidaklah sama. Batu ginjal tidak selalu hilang dengan sendirinya. Jika mereka terjebak di kandung kemih, maka bisa menghasilkan batu baru di sana.

Bagaimana Kencing BatuDidiagnosis?

Perawatan medis diperlukan untuk mendiagnosis Kencing Batu. Dokter Anda akan memerintahkan tes untuk menemukan batu dan menentukan penyebabnya seperti berikut ini :

Ujian fisik. 
Dokter Anda akan memeriksa tekanan dan rasa sakit perut Anda. Bagi pria, mereka juga mungkin melakukan pemeriksaan rektal untuk memeriksa prostat Anda.

Tes urin. 
Ada dua cara untuk menguji urin Anda untuk pemeriksaan Kencing Batu, yaitu dengan analisis urin (urinalisis) dan kultur urin. Anda akan memberikan sampel air urine Anda untuk diperiksa. Untuk cara ini, Anda akan menggunakan tisu steril untuk pertama kali membersihkan penis atau vagina Anda untuk mencegah kuman masuk ke sampel urin Anda. Setelahnya laboratorium akan memeriksa urin Anda untuk bakteri, darah, dan tanda-tanda yang dapat menyebabkan Kencing Batu. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk diperiksa sekaligus apakah terinfeksi atau tidak.

Sinar-X. 
Dokter Anda mungkin menggunakan sinar-X di daerah panggul Anda. Beberapa bentuk Batu Kandung Kemih akan terlihat menggunakan sinar-X.

Scan komputer terkomputerisasi (CT Scan). 
Tidak semua Batu Kandung Kemih akan muncul pada pemeriksaan sinar-X. CT scan mungkin dilakukan jika pada saat pemeriksaan dengan sinar-X negatif.

SuntikKhusus. 
Pemeriksaan ini dilakukan oleh Dokter Anda dengan cara menyuntikkan cairan khusus di pembuluh darah Anda. Cairan ini akan mengalir melalui saluran kemih Anda. Begitu sampai ke organ tubuh Anda, Dokter akan melakukan sinar-X. Jika Anda positif terkena Kencing Batu maka cairan yang disuntikan kepada Anda tadi akan menunjukan warna yang kontras.

Ultrasound. 
Ini akan mengidentifikasi batu dengan menggunakan suara dan bukan radiasi.

Sistoskopi. 
Dokter Anda mungkin perlu melihat lebih dekat ke dalam kandung kemih Anda. Mereka akan memasukkan tabung kecil dengan kamera ke uretra Anda. Kemudianjika ada yang ganjil atau kamera tersebut mendeteksi sesuatu yang abnormal, langkah selanjutnya akan ditentukan.

Apakah Kencing BatuBisa Dicegah Atau Dihindari?

Batu Kandung Kemih yang dihasilkan dari kondisi yang terkait sulit dicegah. Sebaiknya Anda menghubungi dokter saat Anda pertama kali mengalami gejala.Anda bisa menurunkan resiko terkena Kencing Batu dengan tetap menjaga pola hidup sehat. Pastikan Anda minum banyak air, antara 6 sampai 8 gelas per hari. Tanyakan kepada dokter Anda apa yang terbaik untuk Anda. Lau jauhi diet tinggi lemak, garam, dan gula.

Hindari merokok dan menggunakan obat-obatan terlarang. Ginjal Anda bisa mengalami kesulitan menyingkirkan bahan kimia buruk yang terkandung didalamnya. Jika bahan kimia terbentuk, Kencing Batudapat terjadi.

Pengobatan Kencing Batu

Beberapa Batu Kandung Kemih akan lewat dengan sendirinya. Minum air ekstra akan membantu mereka melewati kandung kemih Anda dengan air kencing. Anda bisa merasakan sakit saat batu keluar dari tubuh Anda. Biasanya, ini hanya bekerja jika Anda mendeteksinya lebih awal atau batu tersebut cukup kecil.

Dalam kebanyakan kasus, dokter Anda perlu menyingkirkannya. Ada dua cara utama yang bisa mereka lakukan. Cara yang paling umum adalah menggunakan Cystoscope. Dokter Anda akan memasukkan tabung kecil itu ke kamera di uretra Anda. Kamera akan mendeteksi Batu Kandung Kemih. Dokter Anda akan menggunakan laser atau Ultrasound untuk memecah batu. Mereka juga bisa menggunakan alat kesehatan.

Terkadang batu terlalu besar untuk melewati uretra. Dokter Anda perlu memotong lubang di dekat panggul Anda. Alat medis akan dimasukkan melalui potongan dan mengeluarkan batu dari kandung kemih Anda. Pembedahan memang membutuhkan beberapa bentuk Anestesi. Anda mungkin harus tinggal di rumah sakit untuk sementara waktu sampai proses pemulihan pasca operasi selesai.