-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Memperkuat Ikatan Ibu dan Bayi

Post a Comment
Tips Memperkuat Ikatan Ibu dan Bayi - Ikatan Ibu Dan Bayi sudah terjalin pada saat kehamilan berupa ikatan biologis atau ikatan bersifat fisik dan ikatan psikologis atau ikatan batiniah. Kedua ikatan ini harus dipelihara dengan baik agar menimbulkan keharmonisan dan kesehatan baik fisik maupun mental. Dengan membangun ikatan yang positif,  diharapkan ibu dan bayi mempunyai kesehatan secara fisik berupa pertumbuhan janin yang normal serta memiliki ketahanan terhadap gangguan penyakit, dan secara psikologis mental bayi akan berkembang secara optimal sesuai usianya, dengan kata lain bayi akan memiliki kesehatan fisik dan mental sekaligus.

Cara memelihara ikatan antara ibu dan bayi secara fisik atau biologis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan tubuh ibu dan kebutuhan pertumbuhan bayi. Makanan yang bergizi tinggi seperti makanan yang mengandung zat tepung atau karbohidrat, protein atau zat pembangun jaringan tubuh, vitamin dan mineral yang menyempurnakan kekurangan zat untuk pertahanan tubuh terhadap penyakit, dan lainnya yang terkandung dalam makanan empat sehat lima sempurna yang terkandung dalam nasi atau roti, daging, telur, sayuran hijau atau sayuran kuning kemerahan, buah-buahan dan susu atau madu. Makanan lain diperlukan untuk menutupi kekurangan zat tertentu seperti garam beryodium yang bisa mencegah penyakit gondok pada bayi, zat besi, serta cairan re-hidrasi untuk mengurangi kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.
Tips Memperkuat Ikatan Ibu dan Bayi
Ikatan Ibu Dan Bayi

Selain makanan yang bergizi, istirahat yang cukup juga diperlukan agar tubuh ibu selalu bugar yang berakibat baik untuk pertumbuhan bayi, dutambah dengan gerak badan yang seimbang tidak terlalu berat yang dapat membuat tubuh letih. Perawatan kesehatan dan pengobatan yang dilakukan ibu secara berkala dan konsultasi dengan dokter ahli diharapkan akan menjaga kesehatan ibu dan bayi serta pencegahan maupun pengobatan terhadap berbagai gangguan penyakit.

Ikatan yang bersifat batiniah dapat diperkuat antara ibu dan bayi dengan mengembangkan perasaan yang positif pada diri ibu berupa penerimaan disertai kegembiraan terhadap hadirnya bayi dalam janin. Perasaan kasih saying yang hangat dari ibu untuk bayinya hendaklah dipelihara dengan adanya komunikasi yang terus-menerus antara ibu dan bayi disertai mengelus-elus perut atau komunikasi secara verbal (berbicara) kepada bayi sehingga bayi bisa mengenali suara ibu atau ayahnya.

Memperkuat Ikatan Ibu Dan Bayi setelah kelahiran dapat dilakukan dengan menciumi kepala bayi, menatapnya dalam jarak sekitar 20 cm sampai 30 cm dimana jarak inilah yang merupakan jarak optimal bagi bayi untuk bisa melihat obyek dengan jelas, serta mendekapnya atau memeluknya segera setelah melahirkan untuk membrikan komunikasi kepada bayi melalui sentuhan kulit serta memperkuat ikatan batin berupa kehangatan dan kasih saying yang diberikan ibu. Pemberian ASI pertama kali untuk bayi merupakan makanan yang sangat mengandung nilai gizi yang tinggi bagi bayi dan mengandung zat-zat yang diperlukan bayi untuk menjaga tubuh bayi dari gangguan penyakit.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter