-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Mempersiapkan Kelahiran Bayi Bagi Ibu Hamil

Post a Comment
Tips Mempersiapkan Kelahiran Bayi Bagi Ibu Hamil - Ibu yang hamil dan sudah memasuki minggu-minggu terakhir bulan kesembilan kehamilannya bisa segera mempersiapkan diri untuk menyambut proses kelahiran bayinya. Persiapan yang dilakukan dengan baik sebelum kelahiran akan membantu kelahiran secara lebih baik, dari sisi ibu hamil akan menjadi lebih siap melahirkan serta tidak direpotkan dengan memikirkan persiapan ketika waktu melahirkan sudah mendesak. Ketika detik-detik kelahiran sudah sangat dekat, ibu akan kesulitan mengingat secara cermat barang-barang yang harus dibawa ke tempat bersalin atau persiapan lainnya karena konsentrasi ibu hamil sudah berfokus pada kelahiran dan bayinya, sehingga persiapan menjelang kelahiran harus dilakukan sedini mungkin pada saat-saat santai.
Mempersiapkan Kelahiran Bayi dapat dilakukan pada minggu terakhir kehamilan pada saat memasuki masa tenang sebelum proses melahirkan. Adanya masa tenang atau masa rileks bagi ibu hamil menjelang proses kelahiran biasanya terjadi pada minggu-minggu terakhir kehamilan dimana ibu hamil seringkali merasakan malas dan lebih suka berdiam diri atau melamun. Hal ini merupakan keadaan wajar sebagai akibat diproduksinya enzim endorfin alami dalam tubuh ibu hamil. Endorfin merupakan penghilang rasa sakit yang diproduksi tubuh secara alami dan menyebabkan timbulnya rasa santai pada tubuh ibu hamil. Produksi endorfin dalam tubuh ibu hamil menandakan adanya kesiapan tubuh dalam membantu proses kelahiran dengan mempersiapkan enzim penghilan rasa sakit saat proses kelahiran berlangsung.

Mempersiapkan Kelahiran Bayi
Mempersiapkan Kelahiran Bayi
Cara ibu hamil memanfaatkan waktu rileks menjelang kelahiran akibat produksi enzim endorfin ini bisa dengan melakukan hal-hal berikut ini:
  • Ibu hamil pada minggu-minggu terakhir kehamilan atau pada masa-masa rileks ini bisa tetap melakukan aktifitas sehari-hari sebagaimana biasa, menyelesaikan aktifitas bisa mengurangi rasa sakit, namun aktifitas jangan berlebihan yang bisa menyebabkan kelelahan atau kehabisan tenaga. Aktifitas pada masa ini sangat baik digunakan untuk mempersiapkan proses kelahiran seperti mempersiapkan barang-barang atau peralatan lain yang akan dibawa atau digunakan pada proses persalinan maupun pasca persalinan seperti perlengkapan ibu hamil, perlengkapan bagi bayi yang akan dilahirkan dan perlengkapan lainnya yang dianggap penting.
  • Hal lain yang harus dipersiapkan pada masa rileks sampai detik-detik menjelang kehamilan adalah kesehatan ibu hamil yang prima. Kesehatan yang prima dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan asupan makanan pembangun tenaga seperti madu dan lainnya agar ibu hamil dapat mengumpulkan tenaga yang cukup yang diperlukan pada prosespersalinan.
  • Selain tubuh yang sehat dan dalam kondisi fit, ibu hamil sebaiknya membangun sikap mental positif yang dihasilkan dari berfikir positif tentang kelancaran proses kelahiran bayinya. Berfikir positif dan mengurangi kecemasan dan melahirkan sikap mental positif seperti optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan-keyakinan yang akan menghasilkan energi positif untuk membantu memudahkan proses kelahiran.
  • Ibu hamil dapat mengetahui hal-hal yang bisa membuatnya tenang, nyaman dan merasa rileks saat kelahiran, dan ibu bisa memberitahukannya kepada suami atau dokter persalinan bila hal itu memungkinkan.
  • Hal-hal yang bersifat psikologis yang dapat ibu lakukan adalah membangun komunikasi dengan bayi yang akan lahir. Ibu hamil tahu caranya berkomunikasi dengan bayi, agar bayi dapat segera keluar pada waktunya dengan mudah dan dalam keadaan sehat.

Demikianlah tadi beberapa tips dalam Mempersiapkan Kelahiran Bayi bagi ibu hamil yang dapat kami rangkum dan bagikan untuk anda. Semoga dapat menambah wawasan dalam menjelang persiapan kelahiran sang buah hati.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter