-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Pengertian Senam Hamil dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Post a Comment
Pengertian Senam Hamil dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil – Apa sih senam hamil itu? Dan seberapa penting manfaatnya bagi ibu hamil? Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai Pengertian Senam Hamil dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil. Senam hamil sangat penting bagi ibu hamil untuk melenturkan bagian dinding perut serta otot dasar panggul yang berperan saat proses persalinan nanti. Latihan elastisitas dinding perut ini untuk membantu persiapan ibu hamil baik secara fisik maupun secara mental. Sehingga proses persalinan pun lebih aman, lancar dan cepat. Masa-masa kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami perubahan baik secara fisik maupun mental, dengan emosi yang labil terkadang naik kadang juga turun. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon saat kehamilan. Tidak hanya itu, seringkali juga ibu hamil mencemaskan saat-saat persalinan yang akan terjadi.

Dengan kondisi emosional yang labil tersebut biasanya membuat ibu mengalami ketegangan, bahkan jika tidak ditangani dengan baik bisa mengalami depresi dan rasa cemas yang teramat sangat. Nah, dari sinilah tujuan senam hamil sangat berperan bagi ibu hamil. Salah satu olahraga yang tepat bagi ibu hamil adalah senam hamil. Pengertian senam hamil ini tak lain adalah olahraga yang dilakukan ibu hamil menjelang proses persalinan. Selain bertujuan untuk melenturkan otot-otot di dasar panggul, melalui senam hamil ini ibu juga akan merasa lebih rileks dan tenang.

Bagaimanapun, keluarga pasti menginginkan ibu dan janinnya dalam keadaan sehat hingga persalinan nanti. Sehingga berbagai cara pun dilakukan agar ibu dan bayi tetap sehat, dan bisa melalui proses persalinan dengan lancar, termasuk senam hamil. Pengertian senam hamil di sini, yaitu merupakan sebuah bentuk latihan untuk membantu sang ibu lebih kuat dan lebih mudah menjalankan persalinan dengan normal. Selain itu, dengan senam hamil juga dapat membuat kondisi ibu hamil lebih fit dan bisa mengurangi kecemasan yang berlebihan yang umumnya dialami oleh ibu hamil.
Pengertian Senam Hamil dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil
Pengertian Senam Hamil dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil
Manfaat Senam Hamil
Bagi bunda yang masih ragu dengan tujuan senam hamil meskipun sudah dijelaskan beberapa pengertian senam hamil seperti di atas, ini dia beberapa manfaat dilakukannya senam hamil bagi ibu hamil sebagai berikut :
  • Senam hamil bermanfaat untuk melatih pernafasan sang ibu yang bertujuan agar ibu lebih siap menghadapi proses persalinan nanti. Selain itu, teknik pernafasan ini sangat berguna ketika proses persalinan tiba.
  • Dengan melakukan senam hamil, tentunya membuat tubuh lebih lentur dan lebih fit, maka segala keluhan yang biasanya muncul akibat perubahan bentuk pada tubuh bunda bisa dikurangi.
  • Seperti yang telah dibahas pada pengertian senam hamil diatas, senam hamil bertujuan untuk memperkuat kelenturan otot-otot di bagian dinding perut. Hal ini juga dapat mengurangi keluhan yang terjadi seperti nyeri dibagian bawah perut, nyeri pada bagian bokong, hingga wasir.
  • Senam hamil juga bermanfaat untuk melatih relaksasi tubuh ibu hamil. Hal ini sangat penting juga untuk mengurangi rasa nyeri ketika melahirkan dengan latihan relaksasi dan kontraksi.
  • Senam hamil yang dilakukan dengan mengangkat beban, akan membantu ibu untuk memperkuat tulang serta otot-otot tubuh. Sehingga ibu lebih kuat dan lebih siap menghadapi proses persalinan.
  • Melalui senam hamil, juga bisa membantu menstabilkan mood bunda serta dapat mengatur pola tidur sang ibu agar lebih nyenyak. Seperti kita ketahui, biasanya ibu hamil mengalami kesulitan tidur yang diakibatkan perkembangan janin dalam perut membuat bunda merasa tidak nyaman. Tak hanya itu, faktor sulit tidur juga bisa disebabkan bunda terlalu sering buang air kecil di malam hari.
  • Senam hamil juga bermanfaat agar berat badan ibu lebih cepat turun pasca melahirkan.

Nah, itulah informasi mengenai pentingnya Pengertian Senam Hamil dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil untuk membantu kelancaran proses persalinan nanti. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter