-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil Pada Masa Kehamilan

Post a Comment
Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil Pada Masa Kehamilan - Kehamilan merupakan suatu anugerah dari Yang Mahakuasa kepada seorang wanita. Sebagai calon ibu, tentu menginginkan yang terbaik bagi calon bayinya. Namun, tidak jarang terjadi permasalahan seputar kehamilan yang dialami para wanita. Salah satu masalah yang terjadi yakni kurangnya volume air ketuban dalam kandungan ibu hamil. Mengapa bisa demikian? Berikut ini akan diulas tentang Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil dan resiko yang bisa saja terjadi karenanya. Penyebab air ketuban kurang ada beberapa faktor yang harus ibu hamil ketahui agar dapat mencegah atau mengatasinya. Pemeriksaan USG pada ibu hamil biasanya dapat mendeteksi apakah air ketuban yang ada kurang atau tidak. Normalnya, jumlah air ketuban ialah 1-1,5 liter yang ada di akhir waktu kehamilan.

Kekurangan air ketuban adalah hal yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal apa sajakah yang bisa mengakibatkan kurangnya air ketuban? Pertama, penyebab kekurangan air ketuban adalah gangguan fisiologis. Gangguan fisiologis pada ibu hamil yang terjadi itu bisa berasal dari gangguan fisiologis si ibu atau si anak. Penyakit seperti kelainan ginjal, diabetes, dan penyakit autoimunlah yang bisa merusak selaput ketuban sehingga terjadilah kebocoran air ketuban.
Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil
Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil

Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil selanjutnya yakni terjadinya gangguan pada tumbuh kembangnya janin. Jika terjadi gangguan pada tumbuh kembang si janin, otomatis air ketuban jumlahnya juga tak normal. Selanjutnya, penyebab kurangnya air ketuban pada ibu hamil dikarenakan terjadinya mobilitas yang terlalu tinggi yang dilakukan ibu. Jika terlalu tinggi aktivitas ibu, bisa saja ibu mengalami kelelahan dan selaput ketubannya luka, terjadilah kebocoran. Hal tersebut dapat mengakibatkan mobilitas janin juga karena air ketuban yang kurang. Pada beberapa kasus, janin mungkin saja meninggal karena cairan amniotik yang melindunginya ini kurang (tak cukup).

Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil selanjutnya karena kurangnya asupan nutrisi. Jika Anda sedang hamil tapi kurang mendapatkan makanan dan minuman bernutrisi cukup, maka resiko kebocoran air ketuban bisa terjadi. Maka dari itu, makan dan minum dengan kandungan nutrisi yang seimbang, tambahkan nutrisi lain seperti vitamin dan susu khusus untuk ibu hamil. Tidak lupa untuk selalu mengkonsultasikan apa saja yang Anda rasakan selama kehamilan pada dokter kandungan Anda.

Beberapa Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil telah diketahui, beberapa dampaknya bisa saja terjadi. Selain gangguan perkembangan janin, yakni kurang sempurnanya pertumbuhan janin, ibu juga akan merasa sedikit kesulitan saat melahirkan. Hal yang paling memungkinkan yang terjadi karena kurangnya air ketuban pada kandungan ibu hamil yakni terganggunya proses persalinan. Mengapa bisa begitu? Jika air ketuban kurang, maka kondisi persalinan normal akan lebih susah dilakukan. Maka, banyak kasus yang terjadi, ibu hamil harus melakukan persalinan secara caesar demi keselamatan dirinya dan calon buah hatinya. Persalinan secara caesar memang lebih mahal dibandingkan dengan persalinan normal, tetapi harus dilakukan demi keselamatan ibu dan bayinya.

Telah diketahui Penyebab Kekurangan Air Ketuban Hamil, selanjutnya ada beberapa cara mengatasi air ketuban kurang. Selain mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, Anda juga harus rajin berolahraga, untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit. Berikutnya, hindarilah aktivitas yang terlalu berat. Cobalah untuk melakukan meditasi dan penenangan diri agar tubuh Anda selalu segar. Konsultasikan setiap hal yang terjadi pada Anda seputar kehamilan. Tanyakan pada dokter kandungan Anda tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan saat terjadi kebocoran ketuban. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter