-->

Ad Unit (Iklan) BIG

15 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Badan. Bau badan adalah bau tidak sedap yang berasal dari lepitan ketiak. Penyebab bau badan menurut ranah medis dikarenakan terdapatnya bakteri atau kuman meski presentasenya hanya 1%. Bakteri tersebut akan memecahkan protein sehingga menjadi asam yang memiliki bau tidak sedap. 

Upaya sederhana namun menjadi prioritas utama untuk mengusir bau badan tersebut adalah dengan mandi minimal dua kali sehari. Mengurangi makanan berminyak, pedas, dan banyak mengandung bumbu rempah juga salah satu langkah untuk mengatasi bau badan atau bau ketiak. Beberapa jenis makanan penyebab bau badan adalah daging, makanan olahan dan siap saji, bumbu rempah bawang putih. 

Karena bau badan adalah masalah klasik yang kerap kali menjadi keluhan sebagian orang, Anda tidak perlu stres karena nantinya malah membuat bau badan semakin tidak sedap akibat terpicu oleh tekanan emosi. Itulah menurut salah satu dokter yang mengatakan bahwa tekanan emosi justru membuat keringat lebih banyak terproduksi.

Cara Menghilangkan Bau Badan

cara menghilangkan bau badan

Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan bau badan dengan cepat yang diharapkan dapat membantu mengatasi kendala yang sedang Anda hadapi.

1 | Mandi dua kali sehari

mandi untuk menghilangkan bau badan
Adalah hal paling utama yang harus Anda jalankan apabila ingin bau badan benar-benar menghilang. Dengan mandi, maka semua keringat atau bakteri yang menempel di tubuh akan hilang, tubuh Anda menjadi bersih dan segar lagi. Dengan mandi setidaknya dua kali sehari, lama kelamaan bau badan pasti hilang.



2 | Gunakan deodorant atau antiperspirant

Cara menghilangkan bau badan dengan deodoran
Kedua produk ini tengah ramai menjadi pilihan produk untuk mengurus masalah dengan keringat. Meskipun terkesan sama, sebetulnya fungsi dari kedua produk berbeda. Banyak konsumen yang tidak sadar dan bahkan tidak tahu sebetulnya produk yang sedang digunakan benar-benar membantu atau tidak.



Deodorant digunakan untuk mencegah bau badan, namun tidak bisa membantu mengurangi keluarnya keringat. Sementara antiperspirant lebih merupakan produk untuk menghambat keringat keluar berlebih. Apabila Anda ingin memilih salah satu, disarankan untuk menggunakan deodorant saja. Kalau antiperspirant mempunyai risiko tinggi terhadap peradangan kulit dan memperburuk kondisi seperti timbul masalah biang keringat.

3 | Hindari makanan penyebab bau

Agar bau badan tidak terus menghantui keseharian Anda, segera tutupi dengan jalan membatasi konsumsi makanan penyebab bau seperti berikut.

  • Jenis rempah yang mengeluarkan aroma menyengat sangat mempengaruhi bau keringat yang keluar. Beberapa contoh rempah-rempah tersebut adalah bawang merah, bawang putih, dan bumbu kari.


  • Daging merah

    Usus butuh waktu beberapa jam, bahkan bisa satu hari untuk mencerna daging merah. Ketika proses pencernaan makanan berlangsung lama, tentu ada makanan yang tersisa sehingga menghasilkan racun dan gas berbau busuk yang siap dilepaskan menjadi keringat berbau tidak sedap.


  • Alkohol dan kafein

    Kebiasaan untuk ngopi di malam hari dan ngeteh ketika bersantai membuat banyak orang tidak sadar bahwa bau badan yang dimilikinya disebabkan oleh kedua minuman tersebut. Alkohol juga termasuk minuman penyebab bau badan. Apabila Anda ingin terbebas dari masalah bau badan, lebih baik batasi konsumsi minuman yang banyak mengandung kafein dan alkohol. Tapi, jangan dijauhkan juga karena manfaat dari minum kopi pun harus diperhatikan.


  • Makanan olahan dan cepat saji

    Meskipun kebanyakan makanan olahan bercita rasa nikmat, tubuh tetap meresponnya dengan kurang baik. Banyak makanan olahan dan cepat saji yang membusuk di perut karena bahan penyusunnya. Dengan begitu otomatis napas dan keringat menjadi bau.


  • Tembakau

    Anda hobi merokok? Jangan terkejut bila diterpa masalah klasik ini. Bau badan akan hadir dengan mudah pada seorang perokok. Ini karenan asap rokok yang terkontaminasi dengan unsur lain akan keluar melalui kelenjar keringat yang baunya sangat tidak sedap. Meskipun Anda sudah beberapa hari, minggu, atau bulan berhenti merokok, bau ini tetap stay pada tubuh Anda hingga beberapa minggu ke depan.

4 | Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar

Cara menghilangkan bau badan
Buah dan sayuran cenderung banyak mengandung nutrisi berupa vitamin dan mineral yang mana dapat membantu mengurangi bau badan. Anda bisa mencoba konsumsi beberapa jenis buah segar seperti pir, apel, jeruk, pisang, dan melon.




5 | Daun sirih

Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirihSebetulnya ini merupakan cara mencegah bau badan, namun kebanyakan orang juga telah mencoba dan berhasil dalam upaya menghilangkan bau badan dengan daun sirih

Apabila Anda tertarik mencoba satu metode alami ini, ikuti prosedur berikut:
  1. Petik beberapa lembar daun sirih, bersihkan dan tumbuk halus.
  2. Gosok tumbukan daun sirih pada kulit ketiak sebelum mandi, diamkan 10 menit. Bilas dengan air.

Anda juga bisa merebus segenggam daun sirih dan airnya diminum rutin setiap hari, dalam sehari atau per harinya cukup satu gelas saja.

6 | Cuka putih

Cara menghilangkan bau badan dengan cuka putihAda yang memberi tanggapan bahwa cuka putih rasanya asam dan bukannya itu malah membuat keringat bertambah bau?

Memang benar, namun asam pada cuka putih sebetulnya tidak mempengaruhi keringat yang keluar. Anda bisa mencoba cara lain bila kurang senang dengan metode ini.

Namun, bila Anda penasaran untuk mencoba tips ini, berikut panduan penggunaannya:
  1. Metode 1: Teteskan cuka putih (sedikit saja) pada kapas lembut, kemudian oleskan pada ketiak yang kering.
  2. Metode 2: Teteskan langsung sedikit cuka putih pada lempitan tubuh yang dianggap sebagai sumber bau, misalnya lipatan ketiak, bawah lutut, dlsb.

7 | Daun kemangi

Cara menghilangkan bau badan dengan daun kemangi
Anda pasti sudah tidak asing dengan nama, bentuk, bahkan rasa dari daun kemangi karena tanaman ini biasa dijadikan lalap sayur pada beberapa makanan, seperti pecel lele atau pecel ayam. 

Di sini, peranan daun kemangi masih sama seperti beberapa bahan sebelumnya yaitu membantu menghilangkan bau badan. Caranya tidak rumit, Anda hanya diharuskan untuk konsumsi beberapa lembar daun kemangi segar setiap harinya.


8 | Mentimun

Ketimun atau mentimun adalah sayuran hijau yang juga biasa dijadikan lalapan. Sayuran ini mempunyai banyak manfaat kesehatan, salah satunya membuat wajah lebih bersih dan mengatasi bau keringat tidak sedap.
Cara menghilangkan bau badan dengan timun

Ikuti langkah berikut untuk penggunaannya:
  1. Potong satu buah mentimun menjadi beberapa bagian.
  2. Tempelkan atau gosokkan (dengan lembut) tiap potongan mentimun pada kulit ketiak sehabis mandi.
  3. Bisa juga dijadikan krim kental yang dicampurkan dengan madu, tetapi ini lebih difungsikan untuk memutihkan kulit ketiak.


9 | Daun beluntas

Cara mencegah bau badan

Sama seperti daun kemangi, daun beluntas juga bisa dijadikan lalapan atau dikonsumsi secara rutin ketika masalah bau badan menggangu keseharian Anda.

10 | Jeruk nipis

Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis
Berikut cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis:
  1. Ambil dua buah jeruk nipis, peras dan air tampung dalam mangkok kecil.
  2. Taburi kapur sirih pada air perasan jeruk nipis di dalam mangkok, aduk rata.
  3. Oleskan pada kulit ketiak dan bagian lepitan kulit sumber bau lainnya sehabis mandi pagi dan sore.
  4. Bersihkan ketiak dengan air dingin.

11 | Cengkih

Cara menghilangkan bau badan dengan cengkeh
Rendam tanaman cengkeh atau cengkih pada air biasa, kemudian gunakan air untuk mengoles ke semua daerah sumber bau badan. Jika Anda ingin coba perawatan dalam, gunakan air matang untuk merendam cengkeh. Tambahkan sedikit gula sebelum diminum.




12 | Jahe

Anda bisa buat wedang jahe dan diminum setiap malam. Banyak sekali manfaat jahe yang akan Anda peroleh, salah satunya tubuh menjadi hangat, puyeng jadi hilang, dan bau badan akan berkurang.






13 | Kecombrang

Oleskan bunga kuncup tanaman kecombrang pada kulit ketiak, lipatan bawah lutut, lipatan lengan, dan leher (kalau perlu). Setelah 10 menit, lap dengan kain bersih yang sudah dibasahi.






14 | Sesuaikan pakaian

Cara menghilangkan bau badan
Keringat yang keluar pasti menempel pada pakaian yang Anda kenakan, boleh jadi pakaian tersebut merupakan sumber utama penyebab bau badan yang Anda alami selama ini. Oleh karena itu, gunakan bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik. Karena kita di Indonesia yang beriklim tropis, gunakan bahan katun. Hindari pakaian sempit dan yang berbahan fiber sintetis atau polyester.


15 | Laser
Apabila Anda rasa semua upaya telah dijalankan namun hasilnya masih nihil atau belum terasa sama sekali. Coba lakukan pengobatan laser pada dokter yang sudah berpengalaman dalam menjalankan tindakan ini. Tujuan utamanya yaitu membunuh bakteri penyebab bau badan.

Dalam menjalani sejumlah cara menghilangkan bau badan di atas, saat beraktivitas Anda bisa membantu melenyapkan bau yang mungkin keluar dengan menggunakan parfum semprot atau oles. Pilihlah bau yang disukai semua orang agar Anda tidak dibilang norak dan sebagainya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter