-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan 4 Bahan Alami Ini

Post a Comment
Cara mengobati batuk berdahak saat ini memang sedang dicari oleh masyarakat luas, hal tersebut karena sekarang virus mulai bertebaran di mana – mana. Jadi, tidak mengherankan jika saat ini banyak orang yang mudah sekali terkena virus, mengingat iklim serta cuaca yang semakin ekstrim. Oleh karenanya untuk berjaga – jaga, ada baiknya kita melindungi diri dari serangan virus tersebut supaya tubuh tak mudah sakit.

Batuk sendiri adalah salah satu jenis penyakit umum yang pernah dialami masyarakat luas, yang harus diingat di sini adalah pengobatan batuk tersebut dibedakan jadi 2 macam, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Umumnya seseorang yang alami batuk kering tak bisa disembuhkan dengan menggunakan obat batuk berdahak, begitu pun sebaliknya. Tetapi yang akan kami bahas kali ini adalah cara mengobati batuk berdahak. Batuk berdahak adalah batuk yang di dalam tenggorokan ada riak atau dahaknya. Di bawah ini adalah beberapa cara mengobati batuk berdahak yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan 4 bahan alami.

Cara Mengobati Batuk Berdahak
Cara Mengobati Batuk Berdahak

Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan 4 Bahan Alami Ini

Teh jahe
Teh memang memiliki banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan, untuk mengobati batuk berdahak, teh tersebut bisa dicampurkan dengan jahe, kemudian dikonsumsi secara rutin hingga batuknya sembuh. Ambil saja 1 buah rimpang jahe berukuran sedang lalu cuci hingga bersih dan sangrai atau bakar hingga harum. Setelah itu geprek jahenya, lalu masukkan ke dalam cangkir, kemudian masukkan juga teh dan gula jika suka. Tambahkan air hangat lalu aduk – aduk sebentar saja, dan minum selagi masih hangat.

Belimbing wuluh
Cara mengobati batuk berdahak yang lainnya adalah menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh ini adalah salah satu jenis buah yang di dalamnya mengandung vitamin C tinggi. Tak hanya bisa tingkatkan sistem imunitas tubuh, tetapi belimbing wuluh tersebut juga sangat berguna sekali untuk mengobati batuk berdahak yang membandel. Tetapi, yang digunakan di sini sebagai obat batuk berdahak adalah bagian bunga belimbing wuluhnya. Ambil segenggam bunga belimbing wuluh, lalu campurkan dengan butir adas, gula, dan secangkir air hangat. Tiriskan, kemudian minum selagi hangat sebanyak 3 kali sehari.

Jeruk nipis
Selama ini mungkin saja jeruk nipis hanya dikenal sebagai cara untuk atasi masalah jerawat, atau pun sebagai cara ampuh untuk melangsingkan tubuh, tetapi siapa sangka jika jeruk nipis juga bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk berdahak. Batuk berdahak umumnya akan terasa sangat mengganggu, karena tenggorokan akan terasa sakit juga gatal, selain itu suara pun bisa jadi serak. Cara mengatasi batu berdahak dengan jeruk nipis mudah sekali, cukup ambil 1 buah jeruk nipisnya, lalu belah menjadi 2 bagian dan peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan madu sebanyak 3 sendok makan ke dalm air perasan jeruk nipis, setelah itu tambahkan air biasa sebanyak 5 sendok, aduk – aduk sampai tercampur rata, kemdian minum.

Kunyit
Kunyit adalah salah satu jenis tanaman obat keluarga yang berguna untuk atasi berbagai macam masalah kesehatan. Selama ini kunyit memang banyak digunakan sebagai cara mengobati perut kembung, selain hal tersebut ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk redakan nyeri haid. Untuk mengobati batuk berdahak dengan menggunakan kunyit Anda cukup mengambil 1 buah rimpang kunyit berukuran sedang, lalu kupas dan cuci hingga bersih. Parut kunyitnya dan saring airnya, setelah itu tambahkan dengan madu 1 sendok makan dan aduk – aduk agar tercampur sempurna. Anda juga bisa mencampurkan kunyit dengan madu ke dalam 1 gelas susu lalu konsumsi 2 kali dalam sehari di setiap pagi dan malam harinya.

Nah, itulah cara mengobati batuk berdahak dengan 4 bahan alami yang bisa Anda coba. Semoga saja informasi di atas bisa membantu atasi batuk berdahak yang sedang Anda derita.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter