Perawatan mulut yang tepat sebelum kehamilan

Perawatan mulut yang tepat sebelum kehamilan

Ibu hamil harus siap melakukan banyak hal untuk memastikan kehamilan sebaik mungkin. Salah satu masalah yang tidak bisa diabaikan selama persiapan kehamilan adalah perawatan kesehatan mulut. Jadi mengapa merawat gigi sebelum hamil?

Perawatan mulut yang tepat

Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini adalah perawatan mulut yang tepat sebelum hamil yang ibu hamil harus tahu, silahkan simak artikel Perawatan mulut yang tepat sebelum kehamilan di bawah ini!

  1. Manfaat pemeriksaan gigi sebelum hamil
Setiap ibu yang mengalami kerusakan gigi harus tahu apa itu "rasa sakit pada otak". Jadi, bayangkan dokter gigi melakukan semua pekerjaan dental untuk Anda tanpa menggunakan obat penghilang rasa sakit untuk menghindari mempengaruhi janin, seberapa menyakitkan rasanya? Sebagian besar metode dan obat yang digunakan dalam perawatan gigi direkomendasikan dengan hati-hati pada wanita hamil, jadi Anda mungkin harus banyak menderita untuk memastikan keamanan anak Anda.

Perhatikan bahwa hormon kehamilan akan membuat tubuh Anda lebih sensitif, lemah dan karena itu lebih rentan terhadap penyakit termasuk penyakit gigi. Dan jika Anda menderita penyakit gusi dari infeksi sebelumnya, kondisi ini akan segera memburuk. Penyakit mulut biasanya tidak diobati lebih awal, tapi tunggu sampai penyakitnya parah dan nyeri, dan pasien baru ditemukan dan dirujuk ke dokter gigi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menjalani ujian lisan umum sebelum Anda berniat hamil sehingga Anda tidak perlu "mengunjungi" dokter gigi Anda begitu Anda memiliki ide bagus.

  1. Pengaruh penyakit mulut pada janin
Kebersihan mulut yang buruk dan penyakit periodontal meningkatkan risiko preeklampsia, kelahiran prematur dan keguguran. Alasannya adalah ketika gusi Anda menjadi meradang dan infeksi bakteri berkembang yang bisa mengarahkan aliran darah ke plasenta dan mempengaruhi perkembangan janin.

Selain risiko ibu menderita sakit gigi, radang gusi, periodontitis, radang gigi atau penyakit lain di daerah rahang yang menyebabkan rasa sakit, mempengaruhi makan ibu, Kekurangan nutrisi, efek buruk pada perkembangan bayi di perut. Beberapa penyakit seperti radang gusi, jika tidak segera diobati, akan menyebabkan gusi bengkak, hipertrofi, mengisi mahkota sehingga ibu tidak bisa mengunyah makanan. Dan seperti yang disebutkan di atas, perawatan gigi untuk ibu hamil cukup sulit, jadi bila penyakit serius diintervensi sangat berbahaya. Karena itu, memiliki gigi yang kuat sebelum hamil sangat penting.

Perawatan mulut yang tepat sebelum kehamilan | Afrianti Rahayu | 5