-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Faktor yang mempengaruhi kelahiran prematur sebelum usia kehamilan 36minggu

Post a Comment
Kelahiran prematur sebelum 36 minggu bisa saja terjadi. Faktor yang mempengaruhi kelahiran prematur sebelum usia kehamilan 36 minggu harus ibu ketahui, termasuk penyebab dan efek buruk kelahiran prematur. Ibu harus memahami artikel ini untuk pencegahan dan penanganan tepat waktu bila ada tanda-tanda bayi prematur.

Faktor mempengaruhi kelahiran prematur

Mengapa ibu lahir prematur?


Ada yang sengaja diresepkan oleh dokter atau dikirim sebelum waktunya karena kondisi kesehatan ibu yang serius seperti preeklamsia berat atau efek samping, atau oleh gawat janin.

Mayoritas kelahiran prematur spontan terjadi saat ibu mengalami ruptur membran sebelum usia kehamilan 36 minggu atau serviks melebar tanpa kontraksi.

Ada sejumlah faktor risiko kelahiran prematur seperti infeksi saluran genital, masalah plasenta, atau kegagalan serviks.

Ada juga banyak kelahiran prematur yang tidak diketahui penyebabnya.

Tanda kelahiran prematur yang harus diketahui

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki tanda-tanda ini sebelum 36 minggu:

  • Meningkatnya keputihan.

  • Kehilangan vagina tidak normal, seperti cairan, lendir, atau darah, meski berwarna merah jambu atau berdarah.

  • Perdarahan atau pendarahan vagina.

  • Nyeri perut, seperti periode haid, atau kejang lebih dari 4 kali per jam, meski tidak menyakitkan.

  • Meningkatnya tekanan pada area panggul, merasa seperti bayi sedang jatuh.

  • Nyeri di punggung bagian bawah, terutama jika Anda belum pernah mengalami nyeri punggung sebelumnya.

Gejala kelahiran prematur bisa membingungkan, seperti perasaan tekanan panggul atau sakit punggung bagian bawah yang terjadi selama pertumbuhan normal dan kejang mungkin hanya kontraksi yang tidak berbahaya. . Namun, ada baiknya Anda menghubungi dokter jika ada yang tidak beres atau tanda-tanda kegelisahan.

Jika ada tanda-tanda kelahiran prematur apa yang harus dilakukan

Jika Anda memiliki tanda-tanda kelahiran prematur atau mengalami mual, hubungi dokter Anda dan pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Di sana, dokter Anda akan memantau spondilosis serviks Anda, periksa detak jantung bayi Anda, periksa urin Anda untuk tanda-tanda infeksi, dan periksa apakah selaputnya rusak. Mereka dapat mencicipi serviks dan vagina Anda untuk mengirimi Anda tes infeksi dan tes fibronektin janin (fFN). Tes ini menganalisis cairan ibu dan vagina wanita hamil untuk memeriksa kandungan protein fibronektin, yang membantu kantung amniotik menempel pada lapisan rahim.

Pada minggu ke 23 sampai ke 33 kehamilan, kadar FFN yang tinggi berarti bahwa "gel" ini rusak lebih awal karena kejang atau cedera pada kantung amnion. Hasil negatif berarti Anda tidak mungkin dilahirkan dalam satu atau dua minggu ke depan. Dengan demikian, Anda dapat yakin dan dokter tidak perlu melakukan perawatan yang tidak perlu.

Bayi prematur sebelum 36 minggu perkembangannya tidak abnormal

Sehubungan dengan usia kehamilan, semakin tinggi probabilitas kelangsungan hidup bayi dan kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit. Kelahiran prematur pada rentang 33 sampai 36 minggu biasanya tidak memiliki masalah serius walaupun berisiko tinggi terhadap penyakit dibandingkan dengan bayi yang berusia lanjut.

Untuk bayi prematur sebelum usia 23 minggu, mereka masih dapat hidup dengan kemajuan medis dalam perawatan neonatal. Namun, kasus ini memerlukan banyak intervensi medis dan harus tinggal di unit perawatan intensif untuk waktu yang lama. Bahkan bayi yang bertahan lebih cenderung memiliki masalah serius nantinya.

Cara terbaik untuk mengurangi risiko kelahiran prematur adalah dengan menghindari faktor risiko seperti merokok, minum, dan penyelundupan. Ibu Anda juga memerlukan makanan lengkap, pemeriksaan kehamilan lengkap dan memberi tahu dokter Anda tentang kelainan apa pun.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter