8 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Tepung Almond

Penggunaan tepung almond kini sudah semakin populer karena bisa menggantikan berbagai macam jenis tepung dalam membuat masakan tertentu. Tetapi sebelum anda benar-benar menggunakan dan mengkonsumsinya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai resiko dan manfaatnya terhadap kesehatan anda. Terutama yang paling penting: “berbahaya atau tidak” untuk anda.

Tepung almond terdiri dari 100% kacang almond yang telah menjalani proses pemutihan. Proses pemutihan tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan kulitnya dan kemudian kacang tersebut akan digiling untuk dijadikan sebagai bubuk halus.

Kini banyak orang yang sudah lebih memilih tepung almond karena kandungan nutrisi yang dimilikinya, sehingga menjadikannya jenis tepung yang sangat baik untuk kesehatan anda jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. Beberapa orang yang menderita penyakit celiac atau intoleransi terhadap gluten bisa menggunakan tepung almond dengan aman karena kacang ini cenderung tidak mengandung gluten. Jenis tepung ini juga cukup serbaguna jika diaplikasikan ke dalam berbagai macam pembuatan kue. Bahkan anda sudah bisa menemukan resep yang secara khusus menggunakan tepung almond sebagai bahan dasarnya.

Manfaat Tepung Almond

Manfaat Tepung Almond

Meskipun harganya cenderung lebih mahal, tetapi jika anda ingin mendapatkan tepung yang sehat dan memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh anda, maka tepung almond bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Bahkan beberapa studi telah berhasil membuktikan dan mengungkapkan beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tepung jenis almond ini. Anda bisa menemukan lemak sehat dengan konsentrasi yang sangat tinggi, serat makanan, dan protein. Dalam 125 gram tepung almond saja, sudah terdapat sekitar 14% kebutuhan protein harian anda, serta hampir 10% serat makanan yang anda butuhkan setiap harinya.

Tepung almond juga merupakan sumber terbaik dari karbohidrat, vitamin E (dengan kandungan lebih dari 100% kebutuhan harian anda), zat besi, riboflavin, kalsium, kalium, hingga magnesium. Tentu saja, dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, tepung almond siap memberikan anda berbagai macam manfaat kesehatan yang telah kami rangkumkan untuk anda di bawah ini.

Kesehatan Jantung

Anda bisa menemukan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik di dalam tepung almond, dimana lemak tersebut telah dikenal sebagai bentuk yang sangat baik dari kolesterol dan bisa membantu anda mencegah komplikasi kardiovaskular dikarenakan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan bahkan stroke.

Kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa tepung almond memiliki efek anti-kanker, terutama jika berbicara mengenai kanker usus besar. Beberapa bahan aktif dan lemak sehat di dalam tepung ini dapat mencegah pembentukan kanker dan penyebarannya ke bagian tubuh anda yang lainnya.

Pendorong Energi

Sebagai jenis makanan yang kaya dengan karbohidrat sehat, tepung ini juga bisa menjadi pendorong untuk energi anda, berbeda jika dibandingkan dengan gula sederhana yang biasa anda temukan dalam tepung terigu.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dikarenakan kepadatan nutrisi di dalam tepung ini, maka bisa membantu anda merasa lebih kenyang jika dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari food craving atau makan terlalu banyak. Tentu saja, bagian ini merupakan salah satu tahap terpenting dalam menjalani diet menurunkan berat badan.

Mencegah Diabetes

Dengan tanpa adanya gula sederhana yang biasanya terdapat dalam tepung biasa, tepung almond cenderung mampu membantu mengatur pelepasan glukosa dan insulin di dalam tubuh. Sehingga ini merupakan makanan ideal bagi mereka yang tengah menderita diabetes atau yang sudah memiliki resiko tinggi mengembangkan kondisi mengerikan tersebut.

Membantu Pencernaan

Dengan hampir terdapatnya 10% serat makanan yang anda butuhkan setiap hari, satu porsi tepung almond juga dapat meningkatkan pergerakan peristaltik dan meningkatkan kesehatan pencernaan anda, sehingga bisa mengobati anda yang tengah menderita konstipasi dan bahkan diare.

Kesehatan Tulang

Terdapat pula sejumlah zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium yang sangat baik di dalam tepung ini, dimana bisa membantu anda meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah kondisi berbahaya seperti osteoporosis seiring dengan berjalannya usia anda.

Membantu Pertumbuhan

Jenis tepung almond juga sangat tinggi akan kadar protein dimana sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang normal, serta memperbaiki proses pemulihan di dalam tubuh anda.