-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Mengenalkan Dunia Pada Bayi

Post a Comment
Mengenalkan Dunia Pada Bayi - Bayi yang dalam keadaan sehat dan nyaman dan merasa kenyang ditandai dengan mata yang berbinar dan terbuka lebar serta penuh perhatian menandakan bayi siap untuk menerima stimulus atau rangsangan dari luar. Ibu atau ayah dapat mengenalkan obyek-obyek tertentu kepada bayi dan bayi siap untuk mengenal dunia.

Bayi yang sudah tidak merasa nyaman diajak berkomunikasi seperti bayi sudah mulai menangis, atau rewel, ataupun sudah mulai cegukan atau bahkan terlihat ngantuk sebaiknya disusui dan biarkan bayi beristirahat dengan baik. Ibu dan ayah tidak boleh memaksakan pelajaran kepada bayi dalam kondisi bayi sudah tidak fokus atau kelhilangan minat dan perhatiannya, seperti bayi sudah mulai melirik ke kanan atau ke kiri atau memalingkan muka saat disodorkan obyek tertentu kepadanya.

Lantas bagaimana cara Mengenalkan Dunia Pada Bayi ? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat ibu atau ayah coba untuk mengenalkan obyek-obyek tertentu kepada bayi, adalah sebagai berikut:
Mengenalkan Dunia Pada Bayi
Mengenalkan Dunia Pada Bayi
Ibu atau ayah mulai mengenalkan kepada bayi benda-benda yang paling sering atau paling banyak digunakan bayi seperti kasur, bantal, selimut, pakaian, dan lainnya. Hal pertama yang sangat baik diajarkan kepada bayi ketika baru datang ke rumah dari rumah bersalin adalah kamarnya atau tempat dimana bayi biasa tidur. Ibu dan ayah seolah-olah memberikan penerangan tentang tempat baru yang sekarang ditempati oleh bayi seolah-olah bayi mengerti ucapan mereka. Hal ini bertujuan untuk membantu bayi bisa lebih nyaman dan tenang berada di lingkungan tersebut.

Obyek yang dikenalkan kepada bayi di dekatkan kepadanya dan biarkan ia menyentuhnya, seperti ketika di katakan kepadanya “ ini topimu”, lalu didekatkan dan tempelkan pada tangan kanan dan tangan kirinya, serta katakana “beginilah baunya” sambil didekatkan pada hidungnya.

Ibu atau ayah mulai mengenalkan kepada bayi benda-benda dan hubungan benda dengan bayi, misalnya bayi sehabis mandi yang badannya sedang diolesi minyak telon, maka ibu dapat mengatakan kepada bayi misalnya “badanmu ibu olesi minyak telon, biar badanmu hangat”, dan lainnya, dimana ibu mengatakan tentang benda yang biasa dipakai dan mengapa ibu melakukan atau memakaikan benda tersebut kepada bayi.

Ibu atau ayah dapat mengenalkan ruangan dalam rumah kepada bayi dengan menggendongnya sambil member tahu bayi sekarang sedang berada di ruangan mana dalam rumahnya.

Ibu atau ayah dapat berbicara kepada bayi tentang apa saja yang ingin mereka katakan mengenai hal-hal yang positif, seolah-olah bayi diajak berdiskusi. Orang tua tidak perlu berfikir bahwa bayinya belum mengerti apa yang mereka bicarakan, namun yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana ibu atau ayah membangun hubungan dan komunikasi antara orang tuan dengan bayi. Bila sudah terbiasa, hubungan ibu dan bayi bisa makin hangat dan bayi akan makin mengenal sosok ibunya atau ayahnya.

Demikianlah tadi beberapa cara yang dapat bunda atau ayah selaku orang tua untuk Mengenalkan Dunia Pada Bayi. Selain dapat merangsang buah hati kita untuk mulai mengenal obyek-obyek tertentu, juga dapat menjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan bayinya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter