Nyaman Beristirahat Dengan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Nyaman Beristirahat Dengan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Nyaman Beristirahat Dengan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil - Ketika bunda sedang hamil, kualitas waktu tidur untuk istirahat sangat dibutuhkan. Tidur cukup dapat mencegah bunda kelelahan dan dapat mengganggu kesehatan. Jika saat bunda belum hamil, bunda dapat memilih posisi tidur bermacam-macam sesuai dengan keinginan bunda, namun saat bunda hamil tidal lagi bisa seperti itu. Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil dapat mempengaruhi kenyamanan istirahat tidur bunda, sebab bunda tak lagi sendiri melainkan ada janin yang tidur bersama bunda. Di awal trimester pertama, mungkin Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil muda masih tak jauh berbeda dengan saat bunda belum hamil.

Bunda dapat memilih posisi tidur terlentang, miring ke kiri maupun ke kanan, dan bahkan tengkurap. Namun, posisi tengkurap tidak selamanya dianjurkan sebagai posisi tidur. Posisi ini dapat bunda pilih hingga pada kehamilan dibawah 14 minggu. Selebihnya bunda dapat memilih posisi tidur miring dan terlentang. Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil dengan posisi terlentang juga tidak bertahan lama. Hal ini dikarenakan janin yang semakin besar makan akan semakin berat. Posisi tidur terlentang memposisikan janin berada diposisi tepat dibagian atas tubuh bunda. Jika dalam keadaan lama dikhawatirkan janin menekan organ-organ dalam bunda.
Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Pada kehamilan janin kembar, posisi tidur yang disarankan tidak jauh berbeda dengan kehamilan normal. Bunda dapat memilih posisi tidur terlentang maupun miring untuk Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil kembar. Sama halnya dengan kehamilan normal, tidur terlentang juga tidak baik dipertahankan hingga usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Dikarenakan dapat mengakibatkan gangguan pada pinggang, pencernaan, wasir, dan memicu kemungkinan penurunan/peningkatan tekanan darah. Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil pada kehamilan kembar ini dapat pula dengan posisi bersandar pada bantal yang ditinggikan kemudian pada bagian bawah lutut diberi tumpuan bantal pula.

Posisi tidur miring, baik tidur miring ke kiri maupun kekanan banyak menjadi anjuran untuk posisi tidur, baik pada ibu hamil muda maupun pada kehamilan akhir. Posisi miring ke kiri sangat baik dilakukan untuk ibu hamil, sebab dengan posisi miring ke kiri organ-organ dalam tubuh bunda khususnya hati tidak akan tertekan oleh rahim. Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil yang satu ini dipercaya secara medis mampu melancarkan suplay oksigen akan tetap lancar. Selain itu, mampu menjaga kelancaran aliran darah dapat tubuh sehingga bunda akan terhindar dari masalah bengkak pada kaki dan tangan akibat aliran darah yang tidak lancar.

Ketika kehamilan bunda telah mencapai pada tahap trimester ketiga, terutama pada usia kehamilan 8 bulan. Bunda terkadang menjadi susah tidur sehingga kualitas tidur bunda berkurang dan terganggu. Bunda harus pandai memilih posisi tidur yang baik bagi ibu hamil 8 bulan sehingga bunda tetap nyaman beristirahat. Masih sama posisi tidur menyamping ke kiri masih menjadi pilihan terbaik posisi tidur yang baik bagi ibu hamil. Selain itu, bunda dapat menambahkan bantalan sebagai ganjal dibagian tumit kaki hingga betis. Agar tidur bunda lebih nyaman sehingga istirahat bunda akan maksimal.

Nah bunda, baiknya perhatikan betul posisi tidur bunda, sebab posisi yang nyaman akan menjaga kualitas tidur bunda dan tentunya akan mempengaruhi kesehatan bunda. Terlebih lagi saat kehamilan bunda telah menginjak trimester ketiga, terkadang bunda akan sulit tidur. Pemilihan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil di atas dapat menjadi bahan anjuran bunda.

Nyaman Beristirahat Dengan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil | MAM | 5