-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Cerdas Mensterilkan Botol Susu Bayi

Post a Comment
Cara Cerdas Mensterilkan Botol Susu Bayi – Kita semua menginginkan yang terbaik untuk bayi kita, dan menggunakan botol susu yang bersih dan steril adalah bagian penting dari hal tersebut.
Bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rapuh, sehingga mereka lebih rentan terhadap kuman dan bakteri yang biasanya tidak membahayakan orang dewasa. Hal ini bisa menyebabkan penyakit pada anak. Diare, muntah, serta sariawan merpakan kejadian yang seringkali terjadi. Mensterilkan botol susu dan peralatan makan lain akan mengurangi resiko bayi Anda terpapar kuman ini, sehingga mengurangi resiko timbulnya penyakit.

Botol susu dapat dipilih sesuai dengan usia bayi anda hal ini untuk memudahkan adaptasi yang dilakukan oleh mulut bayi anda. Bagi anda yang memilih botol susu plastik maka perhatikan jenis plastiknya, pastikan jenis plastik tersebut tidak berbahaya untuk bayi anda. Pilihan jenis plastik yang sesuai untuk botol susu bayi adalah Polypropylene atau PP karena dinilai paling aman dari segi bahan kimia yang terkandungnya.

Berikut ini adalah beberapa pilihan alat yang bisa digunakan untuk Mensterilkan Botol Susu Bayi dan peralatan makan lainnya:
Cara Cerdas Mensterilkan Botol Susu Bayi
Cara Cerdas Mensterilkan Botol Susu Bayi
·         Membersihkan botol susu dengan penguap elektrik
Penguap elektrik bisa dibeli di toko peralatan bayi manapun. Alat ini juga merupakan cara paling populer untuk Mensterilkan Botol Susu Bayi. Alat ini memiliki kemampuan bisa mensterilkan sampai 6 botol susu bayi sekaligus, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk mensterilkan peralatan bayi.
·         Membersihkan botol susu dengan penguap microwave
Penguap microwave sangat mirip dengan penguap elektrik. Tapi penguap microwave menggunakan peralatan dapur umumnya untuk memanaskan air dan menciptakan lingkungan yang beruap. Gunakan alat ini dengan cara yang sama seperti penguap elektrik. Letakkan botol susu dalam keadaan terbalik, kemudian pasang dan simpan botol susu dalam keadaan tertutup.
·         Membersihkan botol susu dengan mesin pencuci piring
Kalau Anda memiliki mesin pencuci piring, alat ini bisa digunakan untuk membersihkan sekaligus mensterilkan peralatan bayi. Tapi pastikan peralatan makan yang Anda miliki bisa dicuci dengan mesin pencuci miring. Jika perlu, gunakan rak atas mesin pencuci piring saja. Selain itu, gunakan program pencuci yang paling panas, yaitu lebih dari 80 derajat.
Kebanyakan pasangan yang baru pertama kali memiliki bayi menganggap metode ini lebih merepotkan, karena cenderung lebih cepat merusak botol dan perlengkapan bayi dibandingkan metode lainnya. Selain itu, seringkali terjadi dot jadi terbalik karena tekanan air, sehingga air kotor jadi tertampung di dalam dot dan dot perlu dicuci dan disterilkan kembali.
·         Membersihkan botol susu dengan merebus
Anda juga bisa mensterilkan botol bayi dengan cara direbus menggunakan panci di atas kompor. Metode ini tergolong praktis dan ekonomis karena tidak membutuhkan peralatan khusus, tapi seringkali membuat dot dan tabung pemompa jadi lebih cepat rusak.

Demikianlah tadi beberapa cara dan peralatan yang dapat anda lakukan untuk Mensterilkan Botol Susu Bayi. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan bayi dengan cara menjaga kebersihan botol susu agar senantiasa steril.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter