Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Medis dan Non Medis

Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Medis dan Non Medis

Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Medis dan Non Medis – Bagi sebagian calon ibu muda yang belum pernah mengalami kehamilan pastinya sangat minim sekali pengetahuan akan kehamilan, baik itu gejala yang terjadi secara fisik maupun keadaan pribadi. Padahal pengetahuan akan gejala ketika sedang hamil sangatlah penting agar calon ibu tidak kaget dengan perubahan yang terjadi pada dirinya. Karena ketika hamil banyak sekali terjadi perubahan secara fisik maupun psikis orang hamil. Bahayanya ketika ibu muda belum mengetahui hal-hal seperti ini ditakutkan akan mengakibatkan stres. Ketika stres sudah terjadi bisa berdampak pada kesehatan kandungan. Untuk itu, pada artikel ini kami ingin berbagi kepada ibu muda terkait Ciri-Ciri Orang Hamil. Berikut ciri orang hamil secara medis maupun non medis.
Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Medis dan Non Medis
Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Medis dan Non Medis
Ciri non medis sebagai berikut :

A. Mengidam

Mengidam merupakan Ciri-Ciri Orang Hamil secara non medis yang pastinya terjadi pada setiap ibu hamil. Gejala yang ditimbulkan dari ngidam sendiri seorang ibu hamil akan mengalami keinginan yang berlebih terhadap suatu makanan. Keinginan tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu maupun karena memang keinginan dari ibu hamil itu sendiri. Pada saat mengidam, makanan yang biasanya diinginkan yaitu makan yang mempunyai rasa menyengat. Pada umumnya ibu yang sedang hamil menginginkan makanan dengan rasa kecut atau masam. Ciri ini biasanya terjadi pada awal kandungan. Tetapi tidak jarang juga ibu hamil yang ngidam sampai usia kandungan menginjak 9 bulan.

B. Penciuman sensitif

Seorang wanita yang sedang hamil pasti akan mempunyai penciuman yang sensitif. Ciri-Ciri Orang Hamil inilah yang membuat ibu dilarang berdekatan dengan seorang perokok. Penciuman sensitif pada ibu hamil biasanya pada bau menyengat seperti minyak wangi, asap rokok menjadi bau menyengat yang tidak disukai ibu hamil. Tetapi pada saat-saat tertentu akan sangat menyukai bau-bau tertentu. Untuk itu, bau-bau menyengat harus dijauhkan dari ibu hamil. Penciuman yang sensitif akan membuat ibu hamil menjadi seorang yang pilih-pilih pada sesuatu.

C. Gelisah dan stres

Ciri-Ciri Orang Hamil secara non medis yang terakhir yaitu gelisah dan stres. Penyebab terjadinya gelisah dan stres pada ibu hamil biasanya tidak jelas. Ada yang memang karena masalah maupun tidak ada masalah menjadi stres. Ciri-ciri ini masuk pada gejala psikologis. Ciri psikologi pada ibu hamil akan terjadi secara tiba-tiba. Ibu hamil akan mengalami kegelisahan yang berlebih yang menjadikan stres. Oleh karena itu, orang terdekat ibu hamil harus peka dengan keadaan ini dengan selalu menjaga dan menemani agar gejala psikologis bisa dilewati. Ketika terjadi stres yang berkelanjutan akan berakibat pada kesehatan ibu dan juga kandungan.
Sedangkan Ciri medis sebagai berikut :

A. Tes urine

Tes urine menjadi Ciri-Ciri Orang Hamil secara medis. Dengan tes urine atau yang biasa disebut orang dengan test pack merupakan cara medis yang bisa dilakukan untuk mengetahui seorang wanita hamil atau tidak. Biasanya tes urine dilakukan ketika terjadi gejala non medis. Untuk memastikan dari gejala non medis seperti mual dan muntah, tes urine bisa memastikan wanita tersebut memang sedang hamil atau sakit. Tes urine merupakan tes yang paling mudah dilakukan. Tes ini bisa dilakukan dimanapun tanpa harus pergi ke dokter.

B. Tes USG


Ciri-Ciri Orang Hamil juga bisa dilihat dari tes USG. Tes USG merupakan tes yang dilakukan oleh bidan maupun dokter kandungan secara langsung. Tentunya ibu hamil harus dibawa keruang praktek. Tes USG ini merupakan tes yang paling bisa menjadi patokan seorang wanita sedang hamil atau tidak. Setelah terjadi gejala kehamilan, untuk memastikan kehamilan bisa dilakukan tes USG. Dan juga konsultasi dengan dokter maupun bidan secara langsung.

Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Medis dan Non Medis | MAM | 5