24 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Belimbing Wuluh – Kebanyakan orang tentu kenal dengan si buah mungil yang masam bernama belimbing wuluh, terlebih ibu-ibu. Umumnya buah ini dipakai sebagai penyedap supaya masakan merasa lebih nikmat, atau menghilangkan bau amis pada ikan. Tetapi di balik perannya untuk memberi cita rasa makanan, belimbing wuluh mempunyai segudang manfaat. Bukan sekedar berguna untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan.

Belimbing wuluh tak seperti belimbing buah yang umum kita makan, walau dari genus yang sama. Belimbing wuluh seringkali digunakan sebagai bahan obat tradisional dan bumbu masakan. Tumbuhan ini begitu gampang didapati dan tumbuh subur di Indonesia. Buahnya begitu banyak dan bergerombol, berwarna hijau muda dan bakal jadi kekuningan waktu telah tua atau masak.
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan
Belimbing Wuluh

Kandungan Gizi Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh memberi banyak manfaat karena kandungan gizi dan mineralnya yang melimpah. Tiap-tiap 100 gr belimbing wuluh memiliki kandungan daya (36 kkal), lemak (0, 4 gr), karbohidrat (8, 8 gr), vitamin A (170 SI), vitamin B1 (0, 03 mg), vitamin C (35 mg), kalsium (4 mg), fosfor (12 mg), zat besi (1, 1 mg), dan kalium (39 mg).

Terkecuali kandungan gizi, belimbing wuluh juga memiliki kandungan senyawa non gizi seperti sulur, flavonoid, saponin, tannin, kalsium oksalat, kalium sitrat, peroksida, asam format, dan glukosid. Senyawa itu begitu utama peranannya dalam mensupport kesehatan dan memberi kecantikan sisi badan.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan


Mungkin saja banyak yang penasaran apa sajakah manfaat belimbing wuluh dalam soal kesehatan, lantaran sampai kini buah itu cuma di kenal sebagai bumbu masakan. Di bawah ini manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.

Tingkatkan Sistem Pertahanan Badan 

Sistem pertahanan badan atau system imunitas kerapkali alami penurunan yang dikarenakan oleh beragam aspek. Bila kondisinya sekian jadi badan bakal gampang terkena penyakit. Untuk tingkatkan imunitas badan kita dapat memakai belimbing wuluh. Kandungan vitamin C nya bakal melakukan tindakan sebagai anti-oksidan hingga kesehatan badan bakal tetaplah terbangun.

Mengobati penyakit Gondongan 

Penyakit gondongan bisa diliat gejalanya lewat leher yang membengkak. Rasa-rasanya sedikit sakit dan sudah pasti bakal mengakibatkan kerusakan tampilan. Untuk menyembuhkannya kita dapat memakai belimbing wuluh yang sudah dihaluskan berbarengan bawang putih. Berikan ramuan itu pada leher yang alami gondongan dan kerjakan 2 x satu hari sampai penyakit itu betul-betul pulih.

Mencegah Penyakit Kanker 

Penyakit kanker bisa nampak karena ada kesibukan sel yang abnormal hingga beberapa sel badan jadi terganggu. Hal itu berlangsung lantaran badan terus-terusan terkena polusi, cahaya matahari dan bahan kimia dari makanan. Untuk mencegah dampak jelek dari itu semuanya, kita dapat memakai belimbing wuluh sebagai sumber anti-oksidan yang baik.

Mengobati Sariawan 

Sariawan yaitu penyakit yang ada didalam mulut, dapat di gusi, lidah atau dekat bibir. Cirri khasnya yakni ada bejolan kecil yang merasa sakit apabila tersentuh. Sariawan dapat berlangsung bila kita alami kekurangan vitamin C. jadi sebelumnya penyakit itu nampak, sering-seringlah konsumsi makanan yang memakai belimbing wuluh. Diluar itu buah itu bisa dioles-oleskan segera di bagian mulut yang sariawan.

[ Baca juga: Cara mengobati sariawan ]

Mengobati Diabetes Mellitus 

Penyakit diabetes mellitus begitu beresiko lantaran bisa mengakibatkan kerusakan organ badan lain dan berlangsung komplikasi penyakit. Diluar itu penyakit ini bisa mengakibatkan luka susah untuk pulih. Umumnya diabetes nampak lantaran mengkonsumsi gula berlebihan dan ketakmampuan pancreas membuahkan insulin hingga kandungan gula dalam darah bertambah. Untuk mengatasinya kita memakai belimbing wuluh dengan meminum air rebusannya.

Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 

Tekanan darah yang tinggi bisa jadi penyakit serius apabila tak selekasnya diatasi. Terkecuali melindungi pola makan dan gaya hidup, kita bisa kembalikan tekanan darah jadi normal dengan memakai belimbing wuluh. Langkahnya cukup gampang, ambillah 3 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih. Potong-potong lalu rebus dalam 3 gelas air. Biarlah sampai jadi 1 gelas dan minum tiap-tiap habis sarapan.

Mengobati Sakit Gigi 

Rasa sakit akibat gigi berlubang atau gusi yang membengkak bisa diatasi dengan memakai belimbing wuluh. Langkahnya begitu gampang, cuma kunyah belimbing wuluh berbarengan dengan garam ditempat gigi yang sakit. Makin lama rasa sakit itu bakal berangsur-angsur reda.

[ Baca juga : Cara mengobati sakit gigi ]

Menghilangkan Panu dan Kurap 

Panu dan Kurap adalah penyakit kulit yang cukup mengganggu. Memanglah bukan penyakit yang serius tetapi keberadaannya bisa mengakibatkan kerusakan tampilan hingga rasa yakin diri menyusut. bila anda merasakannya, coba pakai belimbing wuluh yang sudah dihaluskan dan digabung dengan kapur sirih. Berikan ramuan itu pada kulit yang ada panu atau kurap 2 x satu hari hingga sisanya betul-betul hilang.

Mengobati Batuk 

Batuk bisa menyerang siapapun, karenanya melindungi kesehatan dan keadaan badan yang sempurna jadi langkah paling mujarab untuk hindari batuk. Apabila batuk telah terlanjur dirasa, kita dapat coba mengobatinya dengan memakai belimbing wuluh. Ambillah segenggam bunga dan daun belimbing wuluh dan 5 buahnya yang dipotong-potong. Rebus semua dalam 4 gelas air sampai jadi 2 gelas. Sesudah agak dingin, saring ramuan itu dan minum 2 x satu hari.

[ Baca juga: Cara mengobati batuk ]

Mengobati Reumatik 

Reumatik umumnya menyerang orang dewasa terlebih yang telah masuk lanjut usia. Rasa sakit yang diakibatkan pada persendian bikin rasa yg tidak nyaman dan mengganggu kesibukan. Untuk meredakan rasa sakitnya, ada ramuan belimbing wuluh yang dapat anda cobalah.

Langkahnya, siapkan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil, 15 butir cengkeh dan 15 butir ladah hitam. Semuanya bahan itu mesti dihaluskan, berikan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan minyak zaitun. Pakai kombinasi bahan itu sebagai minyak gosok dibagian badan yang sakit.

Mencegah Penyakit Dalam 

Banyak penyakit dalam seperti pada organ jantung, ginjal dan yang lain dapat dibantu penyembuhannya dengan memakai belimbing wuluh. Kandungan nutrisi dan antioksidannya bisa melindungi badan senantiasa dalam kondisi sempurna.

Mengatasi Radang Tenggorokan 

Waktu tenggorokan merasa sakit atau kering, coba meminum juice atau sirup buah belimbing wuluh. Lama kelamaan rasa sakit ditenggorokan bakal reda dan menghilang.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan


Terkecuali berguna dalam soal kesehatan badan, nyatanya belimbing wuluh juga menaruh sejuta khasiat untuk kecantikan. Beberapa wanita yang memerlukan perawatan alami untuk kulit mereka, dan ramuan belimbing wuluh dapat dicoba. Di bawah ini manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan.

Mengatasi Jerawat 

Jerawat bisa terbentuk lantaran beragam aspek, tetapi umumnya berlangsung lantaran muka kotor atau berlangsung pergantian hormone dari pada badan. Apa pun pemicunya, jerawat bakal bikin muka jadi kurang menarik untuk dilihat. Untuk mengatasinya, pakai ramuan alami yang terbuat dari 6 buah belimbing wuluh yang dihaluskan berbarengan dengan 1/2 sendok teh bubuk belerang dan air perasan satu buah jeruk nipis. Berikan kombinasi itu di wajah yang berjerawat sekali satu hari hingga jerawat hilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

Memperkecil Pori-pori Wajah 

Kulit mempunyai pori-pori supaya bisa bernapas dan keluarkan zat sisa berbentuk keringat. Tetapi adakalanya pori-pori jadi membesar hingga bisa mengakibatkan kerusakan tampilan. Untuk menolong mengecilkannya kembali manfaatkanlah belimbing wuluh. Langkahnya haluskan belimbing wuluh seperlunya dan campur dengan air garam. Berikan di wajah dan diamkan sepanjang 10-15 menit. Akhiri dengan mencuci muka memakai air dingin.

[ Baca juga : Cara mengecilkan pori-pori secara alami ]

Pemerah Bibir Alami 

Rutinitas merokok atau menggunakan listik dengan cara terus-terusan bisa bikin bibir jadi kusam dan menghitam. Pasti hal itu bisa mengganggu tampilan. Untuk mencerahkannya kembali, pakai pemerah bibir berbahan alami yakni belimbing wuluh. Langkahnya begitu mudah. Iris buah belimbing wuluh dan berikan sisi dalam buah pada bibir. Sesudah kering kerjakan kembali sampai sekian kali lantas basuh dengan air bersih. Langkah tersebut efisien apabila dikerjakan sehari-hari.

[ Baca juga : Cara memerahkan bibir ]

Sebagai Lulur Belimbing Wuluh 

Menggunakan lulur tak mesti terus-terusan memakai yang memiliki bahan kimia, lantaran dengan bahan alami juga kulit dapat selalu terbangun. Belimbing wuluh bisa jadikan lulur lewat cara melembutkan buahnya 10-20 buah dan digabungkan dengan air hangat. Oleskan ke semua badan sembari digosok-gosok. Kemudian basuh badan dan mandi seperti umum.

Bisa Jadikan Masker 

Terkecuali dipakai sebagai lulur, belimbing wuluh dapat juga jadikan sebagai masker untuk perawatan muka. Bukan sekedar membuat cerah tetapi juga bersihkan dan bikin muka tampak awet muda. Pemakaiannya juga cukup gampang, cuma memoleskan buah belimbing wuluh yang sudah dihaluskan di wajah. Diamkan sebentar lantas basuh dengan air dingin.

Mencegah Penuaan Dini 

Wanita tentu menginginkan senantiasa tampak cantik, tetapi begitu susah menjaga keremajaan sel kulit terlebih di ruang muka. Kandungan anti-oksidan dari buah belimbing wuluh bisa mencegah radikal bebas hingga kulit terlepas dari sinyal tanda penuaan awal.

Bikin muka lebih Cerah 

Pemakaian masker dan lulur dari buah belimbing wuluh bisa jadikan kulit lebih cerah. Hal itu karena kandungan vitamin C nya yang menghilangkan kekusaman pada kulit dan merangsang pembentukan sel baru.

Jadikan Muka Tampak Awet Muda 

Siapa juga tentu menginginkan tampak fresh dan awet muda. Tetapi di jaman yang serba instan ini begitu susah untuk mewujudkannya, karena badan kita kerapkali terkena zat kimia. Tetapi untuk mengatasinya kita memakai belimbing wuluh yang jadikan masker muka.

Melembabkan dan Menyehatkan Kulit 

Kulit yang lembab umumnya mengisyaratkan kulit yang sehat lantaran ternutrisi dan terhidrasi dengan baik. Untuk melindungi kelembapan kulit lulur dari buah belimbing wuluh dapat jadi alternatif. Kandungan nutrisi dan airnya yang banyak bakal menyehatkan kulit.

Mengatasi Rambut Berminyak 

Rambut yang normal dan sehat terlihat hitam bercahaya, lembut dan bersih. Tetapi mungkin rambut jadi begitu berminyak dan lepek waktu keadaan hormon tak stabil atau rambut dalam kondisi kotor. Untuk mengatasi minyak itu, pakai buah belimbing wuluh yang sudah diblender halus pada rambut. Ratakan dari kulit kepala sampai ujung rambut, diamkan sebentar. Lantas basuh rambut sampai bersih.

[ Baca juga: Cara Membuat Rambut Berkilau ]

Menghilangkan Ketombe 

Ketombe yaitu permasalahan rambut yang begitu menjengkelkan. Lantaran bisa bikin rambut tampak kotor dan menyebabkan kerontokan rambut. Untuk mengatasinya, gosokkan sisi dalam buah belimbing wuluh yang sudah dibelah pada kulit kepala. Kerjakan dengan cara teratur hingga ketombe betul-betul hilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe ]

Menghilangkan Kutu Rambut 

Kehadiran kutu rambut sungguh menyebalkan lantaran terkecuali mengisap darah parasit itu bikin kulit kepala jadi gatal. Untuk menolong menghilangkannya, dapat dengan memakai masker rambut dari belimbing wuluh atau menggosokkannya segera ke rambut dan kulit kepala.

Terkecuali manfaat diatas, belimbing wuluh masihlah dapat memberi khasiat yang lain seperti :


  • Mengobati sisa gigitan serangga 
  • Mengobati demam 
  • Mengatasi ambeien dan wasir 
  • Bersihkan usus yang kotor 
  • Mengobati pegal linu 
  • Memberi kekuatan penglihatan 
  • Menghalangi perkembangan bakteri 
  • Meredakan iritasi atau peradangan 
  • Bersihkan gigi palsu 
  • Kurangi flek hitam pada wajah 
  • Bersihkan dan membuat cerah kuku 
  • Mengatasi kulit berminyak 
  • Bisa jadikan sebagai juice kesehatan 
  • Menyehatkan kulit 
  • Mencegah kulit kering


Nyatanya belimbing wuluh memang sungguh-sungguh berjuta khasiat. Sekian artikel manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan, mudah-mudahan bisa memberi wawasan dan berguna untuk kita semuanya.