-->

Ad Unit (Iklan) BIG

17 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Okra Hijau – Nama yang lain yakni Bendi, lady’s fingers, atau gumbo. Okra adalah satu diantara jenis sayuran yang kerap di proses sebagai masakan serta diakui mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya seperti mengatasi sembelit, diabetes, osteoporosis dan jenis penyakit yang lain. Walau begita, ada banyak dari sebagaian orang-orang kita yang belum tahu sugudang manfaat dari jenis sayuran ini. Oleh karena itu, dalam artikel kesempatan ini saya bakal membahas sekurang-kurangnya info mengenai kandungan manfaat sayuran okra ini untuk kesehatan.

Okra adalah satu diantara tumbuhan yang berjenis tumbuhan atau tanaman yang tegolong sayuran. Tanaman ini kerap di budidayakan yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis atau bersuhu panas. Sangat banyak manfaat serta khasiatnya dari jenis sayuran ini. Mengingat kandungan nutrisi atau gizi yang terdapat dalam sayuran ini begitu memenuhi untuk keperluan harian badan.
Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan
Okra
Kandungan gizi yang begitu utama untuk keperluan harian badan seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Selenium, Seng, Fosfor, Tembaga, Zat besi, Magnesium, Sodium, Potassium, Pyridoxin, Riboflavin, Thiamine, Niacin, Asam pantothenat, Protein, Asam Folat, Kalsium, Mangan, Kolestrol, Lemak, Karbohidrat, Serat, serta Daya gula.

Berikut kandungan Gizi yang terdapat pada sayur okra yang telah saya ringkas.


  • Lemak dengan nilai gizi 0, 1 g sekitaran 0, 5% RDA 
  • Protein dengan nilai gizi 2, 0 g sekitaran 4% RDA 
  • Karbohidrat nilai gizi 7, 03 g sekitaran 5, 4% RDA 
  • Daya dengan nilai gizi 1, 5% sekitaran 31 kcal 
  • Fosfor dengan nilai gizi 63 mg sekitaran 9% RDA 
  • Mangan dengan nilai gizi 0, 990 mg sekitaran 43% RDA 
  • Magnesium dengan nilai gizi 57 mg sekitaran 14% RDA 
  • Besi dengan nilai gizi 0, 80 mg sekitaran 10% RDA 
  • Tembaga dengan nilai 0, 094 mg sekitaran 10% RDA 
  • Vitamin A dengan nilai gizi 375 IU sekitaran 12, 5% RDA 
  • Vitamin C dengan nilai gizi 21, 1 mg sekitaran 36% RDA 
  • Vitamin E dengan nilai gizi 0, 35 mg sekitaran 2, 5% RDA 
  • Vitamin K dengan nilai gizi 53 sekitaran 44% RDA


Manfaat Okra untuk Kesehatan


Berguna untuk Pasien Diabetes 

Menurut satu penelitaian sudah memberikan kalau okra yang disebut satu diantara jenis sayuran ini berguna untuk menyetabilkan gula darah untuk pasien diabetes. Kandungan yang kaya serat ini umum di gunakan dengan cara tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Diluar itu, okra berguna juga untuk kurangi penyerapan glukosa hingga bisa kurangi kandungan gula merah.

Mengingat okra ini adalah satu diantara jenis sayuran yang termasuk juga rendah kalori. Dari 100 gr okra ada 30 klori, pastinya sayuran ini tak memiliki kandungan kolestrol atau lemak jemu. Walau sekian, okra ini adalah sayuran yang memiliki kandungan Vitamin, Mineral, dan Serat. Diluar itu, sayuran ini begitu di sarankan untuk anda yang tengah menggerakkan program turunkan berat tubuh.

Berguna untuk Mencegah Sembelit 

Kandungan zat lender dalam sayuran ini berguna untuk menolong dalam sistem mengolah makanan lewat usus hingga sembelit bisa terselesaikan.

Berguna untuk Membuat perlindungan Paru-Paru 

Kandungan Nutrisi yang ada dalam sayuran ini adalah sumber yang begitu di perlukan badan. Mengenai kandungan senyawa flavonoid sebagai Anti-oksidan berperan membuat perlindungan paru-paru. Kandungan Anti-oksidan ini seperti lutein, xanthin, serta beta karoten.

Berguna untuk Kesehatan Mata 

Okra adalah satu diantara jenis sayuran yang di yakin mempunyai kandungan Vitamin A yang baik untuk melindungi kesehatan mata. Anda dapat memakai okra ini lewat cara di sayur atau di sop yang di masak dengan cara spesial.

Berguna untuk Mencegah Kanker Rongga Mulut 

Kandungan Anti-oksidan dalam sayur okra ini adalah satu diantara senyawa yang berguna untuk menolong mencegah kanker rongga mulut.

Berguna untuk Mencegah Kemungkinan Cacat Janin 

Sayuran okra yang nerupakan sumber atau penghasil folat yang begitu baik untuk kesehatan badan yang memiliki kandungan 22% RDA dari 100 gr sayuran okra. Sayuran ini begitu baik untuk ibu hamil untuk hindari kemungkinan cacat janin dalam tabung saraf.

Berguna untuk Melindungi System Kekebalan Badan 

Manfaat okra untuk kesehatan yang lain bisa mejaga serta membuat perlindungan sistem kekebalan badan dari serangan radikal bebas yang begitu beresiko untuk kesehatan badan kita. Mengingat kandungan Vitamin C begitu baik untuk keperluan harian pada badan. Diluar itu, kandungan zat yang terdapat dalam sayuran okra berperan untuk mengontrol molekul hemoglobin. Mengenai beberapa sel darah yang berperan untuk menditribusikan oksigen paru-paru ke permukaan badan serta zat besi yang terdapat dalam okra ini berperan dalam sistem sintensis DNA, serta metabolism energy oleh sebagian enzim.

Berguna untuk Menguatkan Gigi serta Tulang 

Mengenai kandungan Vitamin K sebagai penghasil kalsium tinggi yang ada dalam kandungan okra berguna untuk menguatkan gigi serta tulang.

Berguna untuk Melindungi Keseimbangan Badan 

Kandungan Vitamin B (Niacin), Thiamin, Asam pantotenat, serta Vitamin B-6 seperti pyridoxine. Kandungan Vitamin B ini adalah satu diantara sumber Vitamin yang begitu di perlukan untuk manfaat badan. Hingga bila pada badan kekurangan Vitamin B jadi bakal berlangsung ketidak seimbangan badan seperti sistem syaraf tak sehat, kekurangan energy, kandungan kolestrol tak sehat, dan pencernaan yang jelek. Oleh karena itu, cukupilah Vitamin B dengan konsumsi sayuran ini dalam menggerakkan program diet.

Berguna untuk Menolong Metabolisme Energi 

Kandungan magnesium dan mangan yang berperan sebagai co-faktor yang berbentuk enzim untuk badan. Sedang kandungan magnesium berperan sebagai katalisator untuk reaksi pada badan, serta kandungan mangan sendiri melakukan tindakan dalam sintesis ureum. Dari ke-2 jenis senyawa ini begitu bertindak untuk mengontrol metabolism energy pada badan.

Berguna untuk Turunkan Kolestrol 

Konsumsi sayur okra berguna juga untuk turunkan kandungan kolestrol.

Berguna untuk Membuat lancar Sistem Pencernaan 

Kandungan bakal kaya sumber serat yang terdapat dalam sayur okra ini berguna untuk membuat lancar sistem pencernaan dan bisa tingkatkan kandungan gula darah.

Berguna untuk Kurangi Kemungkinan Penyakit Jantung 

Kandungan Anti-oksidan seperti teratur, quercetin, procyanidin, epicatehin, serta katekin berguna untuk turunkan kemungkinan Penyakit jantung.

Berguna untuk Bersihkan Organ Hati (lever) 

Manfaat konsumsi sayur okra dapat juga mencegah kemungkinan penyakit lever, pastinya bisa menolong menetralisir toksin pada badan.

Berguna untuk Menetralisir Asam Lambung 

Dalam soal ini pastinya satu diantara penyebabnya perut melilit serta perut kembung.

Berguna untuk Mengobati Kejang-Kejang 

Manfaat konsumsi sayur okra setelah itu yakni bisa mengobati penyakit kejang-kejang.

Berguna untuk Tingkatkan Daya Ingat atau Pola Fikir 

Mengkonsumi dengan cara teratur sayuran ini bisa menolong tingkatkan daya ingat hingga tak gampang lupa.

Cara Mengolah Okra untuk Makanan


Ada cara-cara yang dapat anda kerjakan untuk memakai okra ini sebagai makan sehat dalam keperluan harian badan. Anda dapat mengolahnya lewat cara di kukus lalu di mengkonsumsi sebagai lalapan, serta dapat pula di rekani dengan sambel untuk memberi selera makanan. Diluar itu, anda dapat mengolahnya lewat cara seperti di sayur atau sup kangkung seperti yang umum anda masak keseharian.

Tersebut sebagian manfaat okra untuk kesehatan badan kita. Mudah-mudahan berguna serta jadi rujukan buat anda yang membutuhkannya. Terimakasih

Related Posts

Subscribe Our Newsletter