5 Cara Mengobati Sariawan dengan Obat Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Sakit akibat gangguan mulut adalah satu penyakit yang sangat menyebalkan. Malah terkadang penyakit yang menyerang bagian mulut terasa sangat menyakitkan. Hal ini tentu saja mengganggu dan teramat menyebalkan mengingat mulut adalah organ tubuh yang penting bagi aktivitas kita. Salah satu penyakit yang sering kali muncul akibat gangguan mulut yakni sariawan. Penyakit sariawwan biasanya menyerang bagian gusi atau bagian dalam mulut. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sariawan. Sebelum mengetahui obat dari sariwan, sebaiknya kita mengetahui gangguan apa saja yang menyebabkan mulut terkena sariawan:

Cara Mengobati Sariawan Alami

Cara Mengobati Sariawan Alami

Kurangnya Kebersihan Mulut

Akibat kurang bersih membersihkan mulut, terkadang banyak sisa kotoran yang masih hinggap di mulut. Akibatnya kuman semakin berkembang biak dengan banyak yang bisa menyebabkan penumpukan dan akhirnya munculah sariawan. Maka dari itu sangatlah penting menjaga kebersihan gigi dan juga mulut. Misalnya saja menggosok gigi secara rutin dan berkumur dengan penyegar mulut.

Kurang Vitamin C

Akibat kurangnya vitamin C, dapat menyebabkan muncul sariawan. Sariaan ini salah satu penyakit apabila kekurangan vitamin C. Normalnya vitamin C ini dapat diperoleh dari berbagai sayur dan buah. Maka untuk menghindari sariawan, ada baiknya mengonsumsi buah yang bervitamin C.

Faktor Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab sariawan. Biasanya garis keturunan yang memiliki riayat sakit sariawan akan dibawa kepada anaknya. Maka untukitu selalu menjaga pola makan dan kebersihan bisa jadi alternatifnya. Wwalaupun kalau sudah keturunan itu cukup sulit menghentikannya.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sariwan tanpa memakai obat kimia atau obat yang memiliki dosis dan juga efek samping? Langsung saja kita simak uraian berikut ini tentang mengobati sariawan tanpa memakai obat kimia:

5 Cara Mengobati Sariawan dengan  Obat Alami


Mengonsumsi Banyak Buah

Buah adalah salah satu sumber vitamin yang paling baik  bagi tubuh. Maka dari itu, buah yang mengandung vitamin C sangatlah baik bagi kesehatan terutama untuk menghindari sariwan. Misalnya buah yang baik adalah jambu merah, tomat, jeruk, dan juga markisa.buah seperti jeruk dan jambu memiliki antioksidan yang dapat membuat mulut kebal terhadap penyakit sariawan.

Berkumur dengan Air Hangat dan Juga Air Garam

Salah satu tips tradisionalini cukup ampuh untuk  menghilangkan rasa sakit sariwan. Misalnya saja air garam dapat digunakan untuk mematikan kuman akibat sariawan. Air hangat dapat mengurangi rasa nyeri akibat luka di dalam mulut. Walaupun kadang rasanya cukup perih saat bersinggungan langsung dengan air hangat tersebut.

Menghindari Pedas

Kalau kita nekad memakan makanan pedas maka sariawan ini akan bereaksi. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang sangat perih. Maka dari ituada baiknya selama sakit kurangi bahkan hindari rasa pedas. Makanlah makanan yang manis dan juga bergizi.  Makanan pedas ini juga memicu mulut panas akibat reaksi terhadap sariawan.  Sebaiknya  pilih makanan yang tak memiliki rasa yang asam berlebihan juga.

Hindari Makanan yang Berlemak

Selain pedas, makanan yang berlemak patut dihindari. Masalahnya makanan berlemak mengandung minyak yang bahkan bisa membuat sariaan akan semakin parah. Selain itu lemak pada makanan akan membuat tenggorokan ikut sakit. Maka dari itu, menghindari makanan berlemak salah satu hal yang harus dilakukan mengingat demi kesembuhan penyakit sariawan.

Baca juga : 15 Cara Mengobati Sariawan Pada Anak dan Dewasa

Itulah beberapa ulasan terkait dengan sariawan, mulai dari penyebab dan juga obat alaminya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Salam sehat.