Tips Ampuh Mengobati Sakit Gigi Secara Cepat

Sebelum kita mulai membahas bagaimana cara menghilangkan sakit gigi, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab sakit gigi. Sehingga, dengan mengetahui penyebabnya, kita jadi bisa mengantisipasi agar sakit gigi tak muncul lagi. Berikut adalah pembahasannya.
Mengobati Sakit Gigi Secara Cepat
Mengobati Sakit Gigi Secara Cepat

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
Faktor yang paling utama sebagai penyebab sakit gigi adalah karena terdapat kerusakan pada gigi. Ini biasanya banyak dialami oleh anak-anak, karena anak-anak sangat suka sekali dengan makanan/minuman yang manis-manis. Nah, gigi sangat mudah sekali rusak dan berlubang akibat bakteri yang hidup dan berkembang biak di mulut akan mengolah zat gula dan tepung dari sisa makan/minuman yang menempel tadi.

Namun, bukan berarti tidak akan dialami oleh orang dewasa, semua orang bisa juga mengalaminya. Selain penyebab utama tadi, ada juga beberapa faktor lain, seperti akibat dari abrasi gigi karena menggosok gigi terlalu keras, gigi patah, gusi infeksi dan bengkak, dan juga karena gerakan berulang seperti pada saat mengunyah permen karet terlalu lama dan sering.

Menggunakan cengkeh
Cara yang pertama ini sudah dicoba sendiri oleh kakak saya, katanya ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Karena, sakit giginya segera sembuh setelah diobati menggunakan cengkeh, bahkan sampai saat ini dia tidak pernah sakit gigi lagi. Cara untuk menggunkannya pun sangat mudah sekali, hanya dengan menuangkan beberapa tetes minyak cengkeh pada sedikit kapas, lalu oleskan pada gigi yang sakit tadi.

Menggunakan bawang putih
Bawang putih dipercara dapat menyembuhkan sakit gigi karena didalamnya terdapat senyawa antiseptik yang sangat kuat. Cara menggunakannya dengan menggunakan beberapa bawang putih yang sebelumnya telah dilumatkan terlebih dahulu. Lalu tempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang sekitar 5 menit. Setelah itu, lalu bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

Menggunakan getah jarak
Pernahkan Anda mendengar atau bahkan melihat secara langsung minyak dari buah jarak yang berfungsi sebagai bahan bakar alternatif yang cukup berkualitas. Namun taukah Anda kalau getah jarak tersebut dapat bermanfaat sebagai bahan pengobatan sakit gigi. Cara menggunakannya hampir sama seperti menggunakan cengkeh, yaitu dengan meneteskan getah jarak pada kapas lalu ditempelkan pada gigi yang sakit/berlubang hingga beberapa menit, lalu berkumur dengan menggunakan air hangat.

Nah, itulah beberapa cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan alami. Ada juga cara ampuh lainnya yang dapat dilakukan seperti dengan melakukan pemijatan dengan teknik akupuntur, berikut adalah caranya:
  • Untuk menghilangkan sakit gigi pada bagian geraham bawah, caranya hanya dengan menekan bagian akar geraham bawah atau bagian yang sakit dengan keras beberapa kali. 
  • Selanjutnya dengan menekan daerah antara sendi pertama pada jempol kaki. Jika geraham atas yang sakit, maka pijatlah bagian sebelum sendi pertama. Sebaliknya, kalau geraham bawah yang sakit, maka bagian yang dipijat adalah bagian sebelum sendi pertama.
  • Untuk posisi pemijatan jempol kaki tadi. Lakukan pada posisi jempol yang berlawanan dengan daerah yang mengalami sakit gigi. Jadi, jika sakit giginya pada bagian kiri, maka jempol yang kita pijat adalah jempol kanan, begitu pula sebaliknya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan gambar berikut ini yang telah saya ambil dari carauntuk-terbaru blogspot.com

Perlu kita ketahui juga kapan kita harus pergi mengobati gigi ke dokter. Berikut adalah keadaan dimana kita sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter:
  • Ada tanda-tanda infeksi, seperti terjadi pembengkakan diarea gusi, sakit pada saat menggigit sesuatu, dan gusi memerah atau bahkan bernanah
  • Rasa sakit yang berkelanjutan selama lebih dari satu atau dua hari
  • Kesulitan bernafas atau menelan
  • Sakit gigi yang disertai demam

Itulah informasi mengenai bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi. Namun, jika dirasa sakit gigi yang Anda alami dirasa tidak wajar, sangat dianjurkan sekali untuk memeriksakannya ke dokter agar tidak timbul masalah baru yang lebih buruk. Semoga tips kesehatan ini dapat bermanfaat sebagai pedoman untuk Anda. Terima kasih.