Tips Mengatasi Anak Malas Belajar

Bagi orang tua tentu selalu ingin anaknya dapat belajar dengan rajin setiap hari. Namun terkadang hal tersebut sulit untuk di jalankan karena sikap anak yang sedikit malas melakukannya. Ada beberapa orang tua yang cenderung membiarkan anaknya untuk tidak belajar sama sekali dan hanya menerima pelajaran dari sekolah saja. Hal tersebut jika di abaikan akan berdampak buruk untuk anak anda. Nah sebaiknya anda dapat melakukan tips mengatasi anak malas belajar dengan trik yang kami bagikan kali ini. Semoga informasi ini dapat memberikan hal positif untuk anda semua :
Mengatasi Anak Malas Belajar
Tips Mengatasi Anak Malas Belajar
1. Membuat perjanjian bersama antara orang tua dan anak
Perjanjian di buat online casino untuk membuat situasi dan tanggung jawab serta berikan motivasi anak dalam belajar bukanlah memaksakan kehendak orang tua. Perjanjian di buat dari mulai bangun tidur sampai saat akan tidur. Baik dalam kebiasaan belajar, lama waktu belajar, jam belajar saat libur sekolah, jam bermain, hadiah atau sangsi yang perlu di terima serta lain sebagainya. Walaupun ada sangsi yang perlu disetujui, biarkanlah anak yang tentukan sebagai bukti tanggung jawab pada suatu hal yang disetujui bersama.

2. Janganlah memarahi anak
Bila anak Anda malas belajar, janganlah memarahinya terlebih sampai memukulnya. Memarahi anak dapat membuat si anak jadi takut serta gemetar. Rasa takut serta gemetar dapat membuat anak Anda jadi cepat capek dan hal itu malah dapat membuat anak Anda kehilangan konsentrasinya dalam belajar, hingga pada akhirnya anak Anda jadi makin malas untuk belajar. Bicaralah dengan nada yang lembut serta coba untuk berikan motivasi pada anak Anda, katakan pada anak Anda kalau dengan belajar jadi ia dapat menjadi anak yang pandai serta nantinya dapat menjadi orang hebat. Katakan beberapa hal yang bisa menumbuhkan semangat belajar pada anak Anda.

3. Membuat disiplin
Orang tua yang telah punya kebiasaan menampilkan kedisiplinan dalam kehidupan keseharian dapat dengan mudah diikuti oleh anaknya. Orang tua bisa membuat disiplin dalam belajar yang dikerjakan secara berkelanjutan serta berkaitan.

4. Buat situasi belajar yang menyenangkan
Tidak hanya menemani anak selagi belajar, Anda harus juga bisa membuat situasi belajar yang mengasyikkan untuk anak Anda, supaya tidak muncul rasa jemu pada diri anak. Misalnya dengan memberi sebagian pertanyaan mengenai pelajaran anak Anda, apabila anak Anda bisa menjawab dengan benar, jadi Anda bisa menghiburnya dengan memberi permen, coklat atau apa saja yang bisa mengasyikkan hati anak Anda. Sesekali Anda dapat juga menyajikan makanan serta minuman kesukaan anak waktu tengah belajar. Coba selalu untuk membuat situasi belajar yang mengasyikkan untuk anak Anda.

5. Ketegasan sikap
Dikerjakan melalui langkah orang tua tidak akan memberi toleransi pada anak atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan secara sengaja atau tidak jujur secara berulang kali. Di mana anak menolak serta menampik dengan alasan yang dibuat-buat.

artikel lain cara mengatasi anak..

6. Menawarkan satu hadiah pada anak
Salah satu langkah untuk menghidupkan semangat belajar pada anak Anda yaitu dengan menawarkan satu hadiah pada anak Anda. Katakan pada anak Anda, jika ia berhasil peroleh nilai yang bagus maka ia dapat memperoleh satu hadiah. Dengan adanya satu hadiah yang akan didapat, umumnya seseorang anak semakin lebih semangat lagi untuk belajar. Bila memang dapat dibuktikan kalau anak Anda mendapatkan nilai yang baik, maka Anda mesti serius menghadiahkan yang sudah Anda tawarkan pada anak Anda.