Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Trik Ini

Bagi ibu terkadang mengalami kesulitan untuk memberikan buah hatinya makanan, dikarenakan sang anak sulit untuk makan. Banyak kasus yang sudah di keluhkan oleh para ibu rumah tangga yang merawat anaknya. Terlebih saat anak di berikan makanan yang memang memberinya vitamin, namun sang anak tidak menyukainya. Nah bagi anda yang akhir-akhir ini mengalami kesulitan tersebut di sini ada beberapa tips mengatasi anak susah makan yang mungkin dapat ibu lakukan dirumah demi menjaga kesehatan sang anak :
Tips Mengatasi Anak Susah Makan
Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Trik Ini
1. Buat rasa lapar pada anak.
Sebagian ibu masihlah salah dalam menerapkan pola makan pada anak. Untuk ibu apabila si kecil tidak ingin makan maka mesti di beri susu atau lebih dari satu camilan ringan yang lain. Hal semacam ini dapat membuat perut anak merasa penuh. Dengan membiarkan anak terasa lapar terlebih dulu maka makanan yang kita hidangkan dapat dilahap hingga habis.

2. Ajak Anak Ikut Memasak
Coba mengajak anak anda untuk menolong memasak atau cuma lihat proses memasak. Dengan langkah tersebut dapat membuat anak jadi makin penasaran untuk ingin rasakan hasil masakan serta dapat menghidupkan selera makannya.

3. Lakukan variasi pada makanan anak
Mungkin saja ini hal yang merepotkan, menghidangkan beragam macam makanan yang anak gemari, namun hal semacam ini mesti dikerjakan! Umumnya anak dapat terpancing dengan bentuk makanan yang menarik serta lucu. Jika memang perlu ajak si kecil menolong anda, atau kerjakan di depan si kecil dalam mempersiapkan makanannya ini bisa memengaruhi psikis anak mengenai makanannya.

4. Memulai Saat Makan dengan Tenang
Penting sekali untuk mengawali saat makan dengan tenang. Anak yang emosi atau stress dapat melepas beberapa lonjakan adrenalin. Lonjakan adrenalin ini bisa menekan nafsu makan anak. Jadi, yakinkan semua keluarga dalam kondisi tenang saat waktu makan sudah tiba.

artikel lain mengatasi anak..

Bila anak tengah asik bermain atau melihat tv, janganlah segera menyuruhnya berhenti untuk makan. Berikan anak sedikit waktu untuk bersiap-siap. Contohnya, dengan memberitahu kalau 5 menit lagi waktunya makan. Anda juga bisa mengajaknya menentukan piring kesukaannya atau menuntunnya membersihkan tangan. Ini baik sebagai aktivitas transisi pada saat bermain serta makan. Dengan hal tersebut, mood anak terus terjaga saat memulai makan.

5. Penyajian Jumlah Kecil
Cobalah untuk membuat penyajian menu makanan kelihatan minimalis namun masih tetap menarik serta masih mengandung gizi. Kadang-kadang anak dapat kehilangan nafsu makan bila melihat penyajian makanan yang sembarangan serta sangat banyak.

6. Buat Jadwal Makan Secara Teratur
Atur jadwal makan anak Anda. Berikanlah makanan paling utama atau makanan ringan pada saat yang sama setiap harinya. Anda bisa menghidangkan makanan ringan seperti kue, sayuran rebus, buah, susu, atau juice diantara jam makan utama. Tetapi, jumlah dan frekwensinya mesti diatur. Jangan sampai anak telah kenyang saat jam makan sudah tiba.