Mengatur Pola Makan Sehat Ketika Menjalani Ibadah Puasa

Mengatur Pola Makan Sehat Ketika Menjalani Ibadah Puasa

Mengatur Pola Makan Sehat Ketika Menjalani Ibadah Puasa

Meski Anda sedang menjalani puasa, namun soal asupan nutrisi bagi tubuh harus tetap terjaga dengan baik. Asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh, sangat terbatas dan yang membedakan dengan hari-hari biasanya yaitu jadwal makan bagi orang yang berpuasa ialah hanya pada waktu sahur dan juga berbuka puasa. Sementara, untuk pembagian porsi makan yang sehat ketika berpuasa ialah ketika sahur 40%, dan pada saat berbuka puasa 60%.

Perhitungan komposisi 40% makan pada saat sahur itu dibagi kembali menjadi 30% untuk makan besar dan 10% untuk makanan kecil serta asupan air putih sebanyak 3 gelas. Sedangkan untuk komposisi 60% saat berbuka puasa, dibagi juga menjadi makanan pembuka setelah adzan maghrib (makanan kecil sekedar untuk membatalkan puasa), setelah itu makanan berat dan asupan air putih sebanyak 5 gelas.

Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan bagaimana Mengatur Pola Makan Sehat Ketika Menjalani Ibadah Puasa . Berikut penjelasannya agar Anda tidak bingung :
  • Sahur
Pada waktu kita melakukan santap sahur, sebaiknya Anda penuhi kebutuhan karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, ataupun bihun. Tak lupa juga asupan protein hewani yang dapat Anda penuhi dengan ikan, ayam, telur, maupun daging. Sedangkan untuk memenuhi asupan protein nabati dapat dipenuhi dengan tahu ataupun tempe. Untuk mendapat energi yang cukup dalam menjalani rutinitas esok, dapat Anda menambahkan lauk makanan yang mengandung lemak, tapi yang sewajarnya saja. Jangan lupa untuk menyajikan susu dan juga air putih. Sebaiknya Anda jangan minum teh manis atau makanan yang berbau manis pada saat waktu sahur. Hal tersebut dikarenakan asupan makanan atau minuman yang memiliki rasa manis, memiliki resiko esok harinya akan mudah  lapar, terjadinya hipoglikemia serta dapat menurunkan gula darah dengan cepat. Jika makanan yang amis, memiliki resiko pada perut karena terasa mual.
  • Buka puasa
Waktu berbuka puasa Anda dapat mengkonsumsi makanan yang manis, hal tersebut bertujuan untuk mengganti kadar gula darah yang turun akibat berpuasa. Makanan masis yang cocok untuk berbuka semisal, kolak, buah kurma, koktail buah, atau teh manis. Tapi perlu dingat, batasi penggunaan semua jenis gula kecuali gula atau rasa manis yang berasal dari buah-buahan. Karena jika kadar gula berlebihan tidak baik bagi kesehatan, dan jangan lupa konsumsi air putih.
  • Makan lengkap
Sehabis berbuka puasa, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat, zat protein, zat lemak agar kesehatan tubuh dapat terjaga. Jangan lupa makan sayuran serta buah-buahan, agar semua nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.
  • Makanan kecil
Anda bisa juga mengonsumsi makanan kecil atau camilan setelah melaksanakan sholat tarawih, yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan camilan tersebut dengan kebutuhan tubuh, seperti susu, buah ataupun makanan padat. Hindari konsumsi junk food secara berlebih karena dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Paling penting adalah konsusmi asupan yang bergizi dan jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan air putih setiap harinya. Semoga dengan artikel ini dapat menjaga pola makan Anda dan tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa meskipun masih berpuasa.